Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

x 25 0

 x 25 0 - biar jelas silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Soal!

Nilai x yang memenuhi persamaan x² − 25 = 0 adalah....

Jawaban:

Persamaan x² - 25 = 0 dapat difaktorkan menjadi (x - 5)(x + 5) = 0. Untuk menentukan nilai x yang memenuhi persamaan tersebut, kita perlu mencari nilai x yang membuat salah satu faktor menjadi nol.


Jadi, x - 5 = 0 atau x + 5 = 0.


Jika x - 5 = 0, maka x = 5.

Jika x + 5 = 0, maka x = -5.


Jadi, nilai x yang memenuhi persamaan x² - 25 = 0 adalah x = 5 dan x = -5.



Soal di atas berkaitan dengan konsep dalam matematika yang dikenal sebagai faktorisasi atau mencari akar-akar persamaan kuadrat. Persamaan kuadrat adalah persamaan yang memiliki bentuk umum ax² + bx + c = 0, di mana a, b, dan c adalah konstanta.


Dalam soal tersebut, persamaan x² - 25 = 0 merupakan sebuah persamaan kuadrat di mana a = 1, b = 0, dan c = -25. Untuk mencari nilai x yang memenuhi persamaan tersebut, langkah pertama adalah mengubahnya menjadi bentuk faktor.


Dengan memanfaatkan perbedaan kuadrat, persamaan dapat difaktorkan menjadi (x - 5)(x + 5) = 0. Dalam konteks ini, faktorisasi berarti memecah persamaan menjadi dua faktor yang dikalikan bersama-sama untuk menghasilkan persamaan awal.


Selanjutnya, untuk menemukan nilai x yang memenuhi persamaan, kita menetapkan masing-masing faktor menjadi nol. Dalam hal ini, x - 5 = 0 menghasilkan x = 5, dan x + 5 = 0 menghasilkan x = -5. Dengan demikian, kita menemukan dua nilai x yang memenuhi persamaan kuadrat tersebut, yaitu x = 5 dan x = -5.


Dengan demikian, dalam matematika, kita menggunakan konsep faktorisasi dan mencari akar-akar persamaan kuadrat untuk menyelesaikan persamaan-persamaan seperti yang ada dalam soal di atas.


Setelah menemukan akar-akar persamaan kuadrat x = 5 dan x = -5, kita dapat menggunakan nilai-nilai ini untuk melanjutkan penyelesaian masalah matematika yang berkaitan dengan persamaan tersebut.


Misalnya, kita dapat menggunakan akar-akar ini untuk mencari titik potong persamaan dengan sumbu-x atau sumbu-y, atau untuk menggambarkan grafik fungsi kuadrat yang terkait.


Jika kita ingin mencari titik potong dengan sumbu-x, kita mencari nilai x di mana fungsi mencapai nol. Dalam hal ini, nilai-nilai x = 5 dan x = -5 adalah titik potong dengan sumbu-x, karena ketika kita substitusikan nilai ini ke dalam persamaan x² - 25 = 0, hasilnya adalah 0.


Jika kita ingin menggambarkan grafik fungsi kuadrat x² - 25, kita dapat menggunakan akar-akar ini sebagai titik-titik penting. Dalam kasus ini, kita memiliki dua akar, yaitu x = 5 dan x = -5. Kita dapat menarik garis vertikal melalui titik-titik ini di bidang koordinat dan menggambarkan kurva kuadrat yang melewati kedua titik tersebut.


Dalam matematika, penyelesaian persamaan kuadrat dan analisis terhadap akar-akarnya adalah langkah awal untuk memahami sifat-sifat grafik fungsi kuadrat dan untuk memecahkan berbagai masalah yang melibatkan persamaan kuadrat dalam berbagai konteks.

Demikian artikel di kesempatan pada kali ini ya di motorcomcom jangan lupa simak artikel menarik lainnya disini.

Posting Komentar untuk "x 25 0"