Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan sikap kita adalah

 Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan sikap kita adalah

Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada Q.S. an-Nisā/4:59 adalah ….

a. mengikuti meskipun salah

b. memeranginya dengan cara yang keras

c. melakukan demo untuk menentangnya

d. menolaknya dengan cara yang halus

e. membiarkan dan masa bodoh saja


Jawaban yang tepat adalah d. menolaknya dengan cara yang halus


Sikap yang sebaiknya diambil jika ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan adalah menolaknya dengan cara yang halus. Ayat yang Anda sebutkan, QS. An-Nisā/4:59, mengandung petunjuk tentang bagaimana kita seharusnya berperilaku terhadap pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan. Ayat ini menyatakan, "Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah, taatilah Rasul, dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu adalah lebih utama dan lebih baik akibatnya."


Dalam konteks ini, jika pemimpin mengajak kepada kemaksiatan atau melakukan tindakan yang bertentangan dengan ajaran agama, kita sebagai umat Islam yang beriman harus menolak ajakan tersebut. Namun, kita seharusnya melakukannya dengan cara yang halus dan bijaksana. Menyampaikan pendapat, memberikan nasihat, atau mengingatkan pemimpin dengan baik adalah tindakan yang lebih baik daripada menggunakan kekerasan, melakukan demo, atau membiarkan dan masa bodoh saja.


Namun, penting untuk dicatat bahwa respons terhadap pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan juga dapat bergantung pada konteks dan situasi tertentu. Dalam kasus yang melanggar hukum atau melibatkan tindakan yang membahayakan masyarakat, melaporkannya kepada pihak berwenang yang berkompeten atau mengambil tindakan hukum yang sesuai bisa menjadi langkah yang tepat.


Selain menolak dengan cara yang halus, ada beberapa langkah yang bisa diambil dalam menghadapi pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan. Berikut ini beberapa contoh sikap yang bisa diambil:


Mendidik dan Menyampaikan Nasihat: Bila Anda memiliki kesempatan untuk berdialog atau berbicara dengan pemimpin tersebut, sampaikanlah pendapat Anda dengan bijaksana. Ajaklah mereka untuk mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan mereka dan berbagi pengetahuan atau pemahaman Anda yang sesuai dengan ajaran agama.


Membangun Kesadaran dan Pendidikan Masyarakat: Bekerjasama dengan komunitas atau kelompok yang memiliki tujuan yang sama, tingkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai agama dan pentingnya menjauhi kemaksiatan. Melalui pendidikan dan informasi yang tepat, kita dapat membantu masyarakat untuk memahami dampak negatif dari tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai agama.


Mendukung Pemimpin yang Baik: Selain menolak pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, berusahalah mendukung pemimpin yang memiliki integritas, moralitas, dan berkomitmen pada nilai-nilai agama yang benar. Melalui partisipasi politik yang cerdas dan aktif, kita dapat memilih dan mendukung pemimpin yang akan menjalankan tugas kepemimpinannya dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip agama.


Doa: Saling mendoakan agar pemimpin-pemimpin kita mendapatkan hidayah dan kebijaksanaan dari Allah SWT. Berdoalah agar mereka mendapat petunjuk dan kesadaran untuk mengambil langkah yang benar dan menjauhi kemaksiatan.


Penting untuk menjaga sikap yang baik dan berlaku dengan hikmah dalam menghadapi situasi semacam ini. Tidak ada manfaat dalam menggunakan kekerasan atau mengadopsi sikap masa bodoh yang bisa memperburuk keadaan. Sebagai umat Muslim, tugas kita adalah menjalankan ajaran agama dengan penuh kesabaran, kebijaksanaan, dan berupaya membawa perubahan melalui cara-cara yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Demikian artikel kali ini di motorcomcom jangan lupa simak artikel menarik lainnya disini.

Posting Komentar untuk "Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan sikap kita adalah"