Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen sistem pengisian pada sepeda motor terdiri dari

Komponen sistem pengisian pada sepeda motor terdiri dari - sistem pengisian sepeda motor merupakan hal yang penting sekali dalam sepeda motor. Tanpa sistem ini sepeda motor dipastikan tak akan bisa optimal atau bahkan juga tak bisa dihidupkan.Jadi apa yang dimaksud dengan sistem pengisian sepeda motor itu? 

Bagi kalian yang masih belum tahu, Sistem Pengisian sepeda motor adalah sistem yang bertanggung jawab untuk mengisi baterai dan menjaga agar sistem listrik pada sepeda motor tetap berjalan saat mesin sedang beroperasi. Sistem ini berhubungan sistem kelistrikan sepeda motor.

Seperti yang sudah dikatakan diatas, tadi Sistem pengisian pada sepeda motor memiliki fungsi yang sangat penting salah satunya dalam menjaga kinerja sistem kelistrikan sepeda motor. Beberapa fungsi sistem pengisian pada sepeda motor adalah 

Mengisi daya baterai 

Sistem pengisian pada sepeda motor bertanggung jawab untuk mengisi daya baterai saat mesin sedang beroperasi. Dengan baterai yang terisi penuh, sepeda motor dapat dihidupkan kapan saja tanpa khawatir kehabisan daya. 


Menjaga kinerja sistem kelistrikan

Sistem pengisian pada sepeda motor juga bertugas menjaga agar sistem kelistrikan pada sepeda motor tetap berjalan saat mesin sedang beroperasi. Hal ini penting agar semua komponen kelistrikan pada sepeda motor dapat berfungsi dengan baik, seperti lampu, klakson, dan lainnya. 

Mengurangi beban baterai

Dengan adanya sistem pengisian pada sepeda motor, beban pada baterai dapat dikurangi. Sehingga, baterai dapat bertahan lebih lama dan tidak cepat habis. 

Memastikan kinerja mesin optimal

Sistem pengisian pada sepeda motor juga dapat membantu dalam menjaga kinerja mesin. Mesin dapat berjalan dengan baik dan bertenaga karena daya listrik yang diberikan oleh sistem pengisian pada sepeda motor.

Cara kerja sistem pengisian sepeda motor adalah apabila mesin dalam keadaan berputar, selama mesin hidup maka sistem pengisian yang akan menyuplai arus listrik bagi semua komponen kelistrikan yang ada, namun jika pemakaian arus tidak terlalu banyak dan ada kelebihan arus, maka arus akan dialirkan untuk mengisi muatan di baterai.

Komponen motor dan fungsinya di sistem pengisian

komponen sistem pengisian pada sepeda motor terdiri dari alternator atau spull, aki, kabel, regulator dan rotor.

Alternator

Pada sepeda motor terdapat komponen yang mampu merubah gerak putar menjadi energi listrik yaitu alternator. spul sama dengan alternator. Komponen ini fungsinya adalah untuk menghasilkan arus litrik yang nantinya dipakai untuk sistem pengisian. komponen ini juga sebagai penghantar dalam sistem pengisian sepeda motor.

fungsi yoke pada motor starter adalah sebagai pengikat pole core ( penopang field coil ) yang terbuat dari bahan bermaterial logam dengan bentuk seperti tabung atau silinder. sementara fungsi pole adalah untuk menopang field core yang memperkuat gaya magnet yang berasal dari mesin.

Rotor / Magnet

Rotor atau magnet adalah komponen dalam motor listrik yang berfungsi sebagai bagian yang berputar dan menghasilkan energi mekanik. Rotor biasanya terdiri dari beberapa magnet permanen yang terpasang pada sebuah poros yang dipasang pada bantalan dan terletak di dalam stator.

Kabel

kabel merupakah bagian yang tak bisa terpisahkan dalam hal kelistrikan baik itu di sepeda motor bahkan di mobil. Dalam sistem pengisian sepeda motor juga sangat diperlukan, dan kabel dalam pengisian jumlahnya juga ada beberapa.

Regulator

Regulator atau dikenal juga dengan kiprok. Sama seperti namanya regulator, komponen ini fungsinya adalah sebagai pengatur arus listrik yang dihasilkan oleh alternator. Regulator ini bisa juga disebut sebagai penstabil arus listrik. Regulator ini berfungsi untuk mencegah terjadinya pengisian berlebih ( overcharge ).

Aki

Dalam sistem pengisian aki memiliki fungsi yakni sebagai penyimpan arus listrik. Kenapa sebagai penyimpan, bukannya sumber listrik hal ini karena dalam sistem pengisian sepeda motor arus listrik berasal dari altenator atau spull, jadi bukan dari aki. Namun meski demikian aki tetaplah penting dalam sistem pengisian sepeda motor.

Sekering

Sekring atau fuse merupakan komponen yang berfungsi sebagai pengaman dalam sistem pengisian sepeda motor.

Demikian artikel sederhana mengenai Komponen sistem pengisian pada sepeda motor terdiri dari apa, semoga bisa membantu kalian semuanya. Terima kasih dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Komponen sistem pengisian pada sepeda motor terdiri dari"