Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Busi yang Berwarna Hitam dan Kering Menandakan apa?

Busi yang berwarna hitam dan kering menandakan - pernahkan kalian saat mengambil busi sepeda motor atau mobil kalian saat dilihat ternyata berwarna hitam dan kering? mungkin saja ya kan. Kemudian kalian pasti bertanya tanya kenapa businya berwarna seperti ini. Apa penyebab busi hitam seperti itu. 

Masalah tersebut sebenarnya bukan masalah yang baru untuk sepeda motor atau mobil. Masalah busi berubah warna menjadi hitam kering itu sebenarnya hal yang biasa. Mengingat sepeda motor atau mobil akan juga mengalami kerusakan. Busi yang berwarna hitam dan kering menandakan ada yang tidak beres di motor atau mobil kita.

Busi atau spark plug sendiri adalah salah satu komponen penting dalam sistem pembakaran mesin kendaraan bermotor atau mobil. Busi bekerja dengan memercikkan api listrik untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin. Perlu diketahui bahwasanya warna busi itu bisa menjadi sebuah tanda apa yang terjadi sama motor atau mobil kita.


Busi yang berwarna hitam dan kering menandakan apa? apakah kalian ingin tahu jawabannya, kalau begitu silahkan saja simak ulasan berikut ini dimana busi setelah digunakan akan memiliki warna berbeda beda yang dapat memberikan petunjuk penting tentang kondisi mesin kendaraan kita. 

Busi Hitam Kering

Busi yang berwarna hitam dan kering menandakan bahwasanya terjadi ketidakseimbangan antara campuran bahan bakar dan udara. Intinya adalah campuran bakar lebih banyak ketimbang udara di ruang bakar. penyebab busi hitam kering karena bahan bakar yang berlebih tentu akan meninggalkan sisa kotoran yang pada akhirnya akan menempel di busi. 

Mengatasi busi hitam kering yakni dengan cara membersihkannya kemudian cek pada bagian mesin seperti membersihkan filter udara, mensetting ulang skrup karburator ke posisi yang baik dan bisa membersihkan karburator. Dalam hal ini busi tak perlu diganti karena masalahnya bukan di busi nya.

Busi Hitam Basah

Busi yang berwarna hitam dan menandakan bahwa telah terjadi kebocoran ring piston sehingga oli mesin masuk ke ruang pembakaran. Hal ini biasanya menyebabkan tidak sempurnanya pembakaran yang terjadi diruang bakar dan berdampak pada beberapa hal seperti asap knalpot menjadi lebih tebal, konsumsi bahan bakar menjadi boros dan mesin tidak stabil

Solusi untuk mengatasi masalah busi hitam basah yakni dengan mengecek kondisi mesin dan mengganti bagian ring piston yang bocor, kemudian bersihkan busi hitam basah tadi. Busi tak perlu diganti dengan yang baru.

Busi Putih Pucat

Busi yang memiliki warna putih pucat, pada busi ini dapat menunjukkan adanya pembakaran yang terlalu panas atau terlalu kering. Ini dapat terjadi jika mesin terlalu panas atau jika bahan bakar yang digunakan memiliki oktan yang terlalu tinggi. 

Busi Merah Bata / Abu Abu

Busi merah mata / abu abu mengindikasikan bahwasanya pembakaranya dirunag bakar normal. Warna busi yang baik adalah warna merah bata atau abu abu. Busi yang berwarna ini itu menunjukkan bahwasanya pembakaran yang terjadi sudah baik.

Busi Aus

Busi aus adalah kondisi busi yang terjadi ketika busi sudah terlalu lama digunakan atau telah mencapai batas usia pakainya. Busi aus dapat menyebabkan berbagai masalah pada mesin kendaraan bermotor, seperti misfire, kurang tenaga, konsumsi bahan bakar yang meningkat, atau bahkan kerusakan pada bagian-bagian mesin lainnya. 

Busi aus biasanya ditandai dengan elektroda yang sudah terkikis, warna busi yang menjadi hitam atau kecoklatan gelap, atau adanya endapan kerak atau minyak di permukaan busi. Busi aus juga dapat menyebabkan munculnya suara mesin yang tidak normal, seperti bunyi ketukan atau ketukan, yang dapat mengindikasikan kerusakan pada bagian mesin lainnya.

Penting untuk memeriksa warna busi secara berkala untuk memastikan bahwa mesin kendaraan berjalan dengan baik dan mengambil tindakan jika diperlukan untuk mencegah kerusakan yang lebih besar. Namun, jika Anda tidak yakin tentang kondisi busi atau bagaimana memeriksa warna busi, sebaiknya minta bantuan dari mekanik yang terampil dan berpengalaman.

Penyebab busi motor menjadi hitam juga berlaku untuk penyebab busi mobil hitam. Karena bagaimanapun baik mobil atau motor fungsi busi tetaplah sama. Demikian artikel sederhana di kesempatan kali ini di motorcomcom. Semoga bisa bermanfaat buat kalian semuanya. Terima kasih dan sampai ketemu di artikel yang berikut nya.

Posting Komentar untuk "Busi yang Berwarna Hitam dan Kering Menandakan apa?"