Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Lolos Tes Buta Warna

Cara lolos tes buta warna - tes buta warna mungkin kalian pernah mengalami. Memang tes buta warna terkadang menjadi salah satu tes yang wajib dilakukan sebagai syarat untuk sesuatu, misalkan syarat membuat SIM dan lain lain. Tes buta warna juga terkadang menjadi salah satu tes saat melamar pekerjaan.

Tes buta warna atau Tes mata warna sebenarnya bisa dibilang penting, bisa juga dibilang tidak penting. Masalahnya tidak semua persyaratan atau pekerjaan memerlukan tes buta warna. Untuk urusan pekerjaan misalnya, terkadang ada perusahaan yang tidak melakukan tes buta warna pada calon karyawannya. Karena lebih mengutamakan tes yang lain. Buta warna masih bisa bekerja di pertambangan, manufaktur dan lain lain.

Namun meski begitu, banyak orang yang ingin bisa lulus kalau kalau ada tes buta warna. Apalagi untuk membuat hal hal penting seperti SIM tadi. Maka jangan heran jika banyak orang yang buta warna ingin mengetahui bagaimana cara lolos tes buta warna. Mereka terkadang mencari solusinya dengan mencari tes buta warna online untuk berlatih. Jika kalian termasuk diantaranya dibawah ini adala ulasannya, namun ada baiknya kalian mengetahu beberapa informasi berikut ini.

Penyebab buta warna 

Buta warna adalah ketidakmampuan mata dalam membedakan warna. Buta warna disebabkan beberapa hal diantaranya adalah

a. Keturunan

Buta warna bisa diturunkan oleh orang tuanya ke anaknya. Dimana yang lebih sering terkena buta warna adalah cenderung anak laki laki dibandingkan dengan anak perempuan.

b. Penyakit tertentu

Buta warna juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu yang diderita,

c. Usia

Usia dalam hal ini penuaan juga bisa menjadi sebab mengalami buta warna

d. Obat obatan

Mengkonsumsi obat obatan yang punya efek samping tertentu bisa menyebabkan buta warna

e. Bahan kimia

Buta warna juga bisa disebankan oleh pengaruh atau terpapar bahan kimia.


Jenis Buta warna

Buta warna sendiri ada jenisnya yakni buta warna parsial dan buta warna total. Buta warna parsial artinya orang tersebut buta di beberapa atau sebagian warna saja. Sementara untuk buta warna total berarti orang tersebut benar benar tidak bisa membedakan atau buta semua warna. Kalau ditanya mana yang paling banyak? maka jawabannya adalah buta warna parsial. Kebanyakan orang terkena buta warna parsial ini dibandingkan dengan buta warna total

Cara Mengetahui Buta Warna atau Tidak

Untuk mengetahui seseorang buta warna atau tidak biasanya dilakukan dengan menggunakan tes buata warna atau tes ishihara atau tes hara. Tes buta warna ini biasanya memakai gambar ishihara. Yang berisi huruf atau angka.

Cara menyembuhkan buta warna

apakah buta warna bisa disembuhkan jawabannya buta warna tak bisa disembukan. Jadi cara menyembuhkan buta warna itu tidak ada. Namun meski demikian buat warna masih bisa di akali yakni dengan beberapa cara. Cara mengatasi buta warna dan bisa dibilang sebagai cara lolos tes buta warna diantaranya adalah:

  1. Menggunakan pencahayaan yang baik agar bisa membedakan warna dengan jelas baik
  2. Memakai kaca mata khusus atau lensa kontak
  3. Berlatih untuk mengingat warna benda atau urutan warna.


Latihan Tes Buta Warna

Tes buta warna dan jawabannya


Keterangan : baik yang normal ataupun buta warna akan melihat angka 12




Keterangan : bagi yang normal akan melihat angka 8, sementara yang buta warna hijau-merah akan membaca angka 3. bagi yang buta warna tidak bisa melihat angka apapun.



Keterangan : bagi yang normal akan melihat angka 29, sementara bagi yang buta warna hijau - merah akan melihat angka 70. bagi yang buta warna tidak bisa melihat angka apapun.



Keterangan : orang normal akan melihat angka 5, sementara bagi yang buta warna hijau-merah akan melihat angka 2 . bagi yang buta warna tidak bisa melihat angka apapun.



Keterangan : orang normal akan melihat angka 3, sementara bagi yang buta warna hijau-merah akan melihat angka 5 . bagi yang buta warna tidak bisa melihat angka apapun.


Keterangan : orang normal akan melihat angka 15, sementara bagi yang buta warna hijau-merah akan melihat angka 17 . bagi yang buta warna tidak bisa melihat angka apapun.

Sumber : mitrakesmas


Cara Lolos Tes Buta Warna

Jika kalian ingin lolos dalam tes buta warna berikut tips yang mungkin bisa kalian lakukan

a. Membeli buku ishihara original dan berlatih menggunakannya dengan orang normal agar bisa dievalusi jika ada kesalahan

b. Hindari begadang atau tidur larut malam

c. Konsumsinya vitami vitamin, khususnya yang berdampak pada kesehatan mata

d. Rajin berolahraga agar tubuh sehat dan bugar

e. Perbanyak minum air putih, biar sehat dan peredaran darah lancar.


Demikian artikel mengenai cara lolos tes buta warna yang mana semoga bisa menjadi referensi bagi kalian, khusunya maaf yang mungkin buta warna. Buta warna mungkin bisa dikatakan sebagai masalah, namun meski demikian orang yang buta warna tak perlu minder atau rendah diri. Karena meskipun buta warna, masih bisa melakukan aktivitas dan juga masih bisa bekerja ditempat yang mengizinkan orang yang buta warna. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Cara Lolos Tes Buta Warna"