Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan besar untuk pramuka penegak disebut?

Kegiatan Besar untuk Pramuka Penegak disebut?

Dalam kepramukaan, selain program-program kegiatan bagi masyarakat, terdapat berbagai macam jenis pertemuan atau kegiatan yang melibatkan anggota Gerakan Pramuka. Dalam kegiatan-kegiatan tersebut para pramuka (anggota Gerakan Pramuka) berkumpul mengikuti kegiatan sesuai dengan Prinsip dasar Kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK). Selain itu, kegiatan maupun pertemuan yang terdapat dalam pramuka terdiri atas berbagai macam kegiatan yang melibatkan semua anggota Gerakan Pramuka dari berbagai golongan dan ada pula yang khusus untuk golongan-golongan tertentu.

Jenis Kegiatan dan Pertemuan Pramuka

Jenis kegiatan maupun pertemuan pramuka ini dapat dibedakan berdasarkan:

  1. Kegiatan dan pertemuan untuk semua golongan pramuka
  2. Kegiatan dan pertemuan untuk Pramuka Siaga
  3. Kegiatan dan pertemuan untuk Pramuka Penggalang
  4. Kegiatan dan pertemuan untuk Pramuka Penegak dan Pandega
  5. Kegiatan dan pertemuan untuk Pramuka Dewasa

Pertemuan dan Kegiatan untuk Semua Golongan dalam Pramuka

Jamboree On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) adalah pertemuan Pramuka melalui udara, bekerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) dan pertemuan Pramuka melalui internet. Kedua kegiatan ini dilaksanakan secara serentak. JOTA (Jamboree On The Air) adalah pertemuan Pramuka melalui udara, artinya pertemuan Pramuka ini berbasis radio dimana dalam kegiatan ini ada kerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI). Setiap anggota Pramuka dari berbagai golongan dapat berkomunikasi, berdiskusi, bahkan berbagi pengalaman yang pernah mereka lalui hanya dengan memanfaatkan teknologi radio amatir. Pertemuan ini merupakan kegiatan yang diadakan secara tahunan serta berlangsung dalam skala Nasional, Regional, bahkan Internasional.

Jambore On The Internet (JOTI) dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan JOTA. Jika JOTA menggunakan radio amatir berbeda halnya dengan JOTI. JOTI menggunakan media chatting seperti media sosial, facebook, skype, dan lain sebagainya. Sama seperti JOTA, JOTI merupakan kegiatan tahunan serta berlangsung dalam skala nasional, regional, dan internasional.

Kegiatan dan Pertemuan untuk Pramuka Siaga

Pesta siaga adalah pertemuan untuk tingkat golongan Pramuka Siaga dalam bentuk perkemahan besar selama satu hari (tanpa menginap). Pada pertemuan tersebut banyak terdapat kegiatan-kegiatan seperti permainan bersama, pameran siaga, pasar siaga, darmawisata, pentas seni budaya, karnaval, dan lain-lain. Pesta siaga itu sendiri bisa dilaksanakan pada tingkat desa, kwartir ranting, kwartir cabang, korwil (beberapa kwartir cabang yang berdekatan), serta kwartir daerah. Pesta Siaga diselenggarakan dalam dan/atau gabungan dari bentuk acara seperti berikut:

  1. Permainan Bersama: Kegiatan keterampilan kepramukaan untuk golongan Pramuka Siaga, seperti menyusun puzzle, mencari jejak, permainan kim dan sejenisnya.
  2. Pameran Siaga: Kegiatan yang memamerkan hasil karya Pramuka Siaga.
  3. Pasar Siaga (Bazar): Simulasi situasi di pasar yang diperankan oleh Pramuka Siaga sebagai pedagang, sedangkan pembelinya masyarakat umum.
  4. Darmawisata: Kegiatan wisata ke tempat tertentu yang pada akhir kegiatan Pramuka Siaga harus menceritakan pengalamannya, dalam bentuk lisan maupun tulisan.
  5. Pentas Seni Budaya: Kegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Siaga.
  6. Karnaval: Kegiatan pawai yang menampilkan hasil kreatifitas Pramuka Siaga.
  7. Perkemahan Satu Hari (Persari): Perkemahan bagi Pramuka Siaga yang dilaksanakan pada siang hari.

Kegiatan dan Pertemuan untuk Pramuka Penggalang

Jambore Pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang di diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka. Kegiatan dalam jambore bersifat rekreatif, riang gembira, dan penuh persaudaraan. Jambore dilaksanakan secara berjenjang berdasar penyelenggara dan lingkup wilayah pesertanya, yaitu:

  1. Jambore Ranting (Jamran)
  2. Jambore Cabang (Jamcab)
  3. Jambore Daerah (Jamda)
  4. Jambore Nasional (Jamnas)
  5. Jambore Regional
  6. Jambore se-Dunia

Lomba Tingkat (LT) Pertemuan regu-regu Pramuka Penggalang dalam bentuk lomba kegiatan kepramukaan dalam bentuk perlombaan beregu atau perorangan atas nama regu yang mempertandingkan sejumlah keterampilan. Lomba tingkat dilaksanakan dalam bentuk perkemahan. Berbeda dengan jambore yang menekankan sifat rekreatif, lomba tingkat lebih berupa perlombaan. Lomba tingkat dilaksanakan secara berjenjang, yaitu:

  1. Lomba tingkat gugusdepan (LT-I)
  2. Lomba tingkat ranting (LT-II)
  3. Lomba tingkat cabang (LT-III)
  4. Lomba tingkat daerah (LT-IV)
  5. Lomba tingkat nasional (LT-V)

Perkemahan Bakti (PB) adalah kegiatan Pramuka Penggalang dalam rangka bhakti pada masyarakat yang biasanya berwujud peran serta dalam kegiatan pembangunan. Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) adalah pertemuan Pramuka Penggalang bagi Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru) Penggalang, yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman di bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinru diselenggarakan oleh gugusdepan, kwartir ranting atau kwartir cabang. Kwartir Daerah dan Kwartir Nasional dapat menyelenggarakan Dianpinru apabila dipandang perlu.




Kegiatan dan Pertemuan untuk Pramuka Penegak dan Pandega

Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional. Gladian Pemimpin Satuan (Dianpinsat) adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega bagi Pemimpin Sangga Utama (Pradana), Pemimpin Sangga (Pinsa), dan Wakil Pemimpin Sangga (Wapinsa), yang bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinsat diselenggarakan oleh gugusdepan, kwartir ranting atau kwartir cabang. Kwartir daerah dan Kwartir Nasional dapat menyelenggarakan Dianpinsat bila dipandang perlu.

Perkemahan Wirakarya (PW) adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat. PW diselenggarakan oleh semua jajaran kwartir secara reguler, khusus untuk PW Nas, diselenggarakan apabila dipandang perlu.

Perkemahan Antar (Peran) Saka adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi anggota Satuan Karya Pramuka (Saka), berbentuk perkemahan besar, yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka. Saat ini Gerakan Pramuka memiliki tujuh Saka. Peran Saka diselenggarakan apabila diikuti minimal oleh dua Satuan Karya Pramuka. Perkemahan Bakti (Perti) adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan dan pengalamannya selama mengadakan pembinaan, baik di gugusdepan maupun di Satuan karya Pramuka (Saka) dalam bentuk bakti masyarakat.

Perkemahan Pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang diselenggarakan secara reguler untuk mengevaluasi hasil latihan di gugusdepan dalam satu periode, seperti Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), Perkemahan Jum’at Sabtu Minggu (Perjusami), perkemahan hari libur, dan sejenisnya. Pengembaraan adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk penjelajahan, dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan, peta, kompas dan survival.

Latihan Pengembangan Kepemimpinan adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan bagi generasi muda agar dapat ikut serta dalam mengelola kwartir dan diharapkan di kemudian hari mampu menduduki posisi pimpinan dalam Gerakan Pramuka.

Latihan Pengelola Dewan Kerja adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai manajemen Dewan Kerja, sehingga para anggota Dewan Kerja dapat mengelola dewan kerjanya secara efektif dan efisien. Kursus Instruktur Muda adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega pengembangan potensi Pramuka, baik sebagai Pribadi, kelompok maupun organisasi untuk mensukseskan pelaksanaan upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengentasan Kemiskinan dan Penanggulangan Bencana.

Penataran, Seminar, dan Lokakarya adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengkaji suatu permasalahan dan merumuskan hasil kajian serta memecahkan masalah secara bersama, sebagai bahan masukan bagi perkembangan Gerakan Pramuka. Sidang Paripurna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun program kerja bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam satu tahun program, dan akan dijadikan bahan dalam Rapat Kerja Kwartir. Musppanitera (Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera) adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun perencanaan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti kwartir/dewan kerja dan akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya. Ulang Janji Upacara pengucapan ulang janji (Trisatya) bagi Pramuka Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa yang dilaksanakan pada malam tanggal 14 Agustus dalam rangka Hari Ulang Tahun Pramuka. Pertemuan lain; Pertemuan lain seperti Sidang Paripurna (Siparcab) Dewan Kerja, Latihan Dasar Kepemimpinan, Pelatihan Pengelola Dewan Kerja (PPDK), Pelantara, dll.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Posting Komentar untuk "Kegiatan besar untuk pramuka penegak disebut?"