Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan study tour jakarta bandung

Laporan Study Tour Jakarta - Bandung

Pendahuluan

Study tour merupakan salah satu kegiatan pendidikan di mana peserta didik diajak untuk belajar secara langsung di lapangan. Pada tanggal 10-15 Mei 2023, kami, siswa dan siswi kelas XII dari SMA Negeri 1 Kota ABC, mengadakan study tour ke Jakarta dan Bandung. Tujuan dari study tour ini adalah untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik tentang sejarah, budaya, dan perkembangan ekonomi di dua kota utama Indonesia.

Hari Pertama: Jakarta

Pada hari pertama, kami tiba di Jakarta dan langsung menuju Monumen Nasional (Monas). Di sana, kami mendapatkan penjelasan sejarah Monas dan pentingnya simbol nasional ini dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan ke Museum Nasional, di mana kami dapat melihat berbagai koleksi seni, arkeologi, dan etnografi yang menceritakan kaya akan budaya Indonesia.

Malam harinya, kami mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di mana kami dapat melihat replika miniatur dari berbagai suku bangsa dan budaya di Indonesia. Pengalaman ini memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang keberagaman budaya di negara ini.

Hari Kedua: Jakarta - Bandung

Pada hari kedua, kami berkunjung ke Gedung Pancasila, tempat di mana proklamasi kemerdekaan Indonesia ditandatangani. Kami mendapatkan penjelasan yang mendalam tentang momen bersejarah ini dan pemikiran para founding fathers Indonesia.

c

Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan menuju Bandung. Di perjalanan, kami singgah di Puncak, tempat dengan pemandangan pegunungan yang indah. Kami juga mampir di Kebun Teh Rancabali untuk memahami proses pembuatan teh dari pemetikan hingga pengolahan.

Hari Ketiga: Bandung

Di Bandung, kami mengunjungi beberapa tempat bersejarah seperti Gedung Sate dan Jalan Braga. Kami juga melibatkan diri dalam kegiatan sosial dengan mengunjungi panti asuhan dan memberikan sumbangan untuk mendukung pendidikan anak-anak di sana.

Malam harinya, kami diajak untuk menikmati seni budaya khas Sunda di Saung Angklung Udjo. Acara ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pemahaman mendalam tentang seni dan budaya Sunda.

Hari Keempat: Bandung - Kembali ke Jakarta

Pada hari keempat, kami kembali ke Jakarta dan mengunjungi Kota Tua Jakarta. Di sana, kami berjalan-jalan di sekitar kawasan yang sarat dengan bangunan bersejarah Belanda dan mengunjungi Museum Fatahillah untuk memahami lebih lanjut tentang sejarah Jakarta.

Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan ke Ancol untuk menikmati waktu bersantai di Pantai Ancol. Kami juga mengunjungi Dunia Fantasi (Dufan) untuk merasakan wahana permainan yang menarik.

Kesimpulan

Study tour Jakarta - Bandung memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi seluruh peserta didik. Selain mendapatkan pemahaman langsung tentang sejarah dan budaya Indonesia, kami juga belajar tentang keberagaman dan kekayaan alam yang dimiliki negara ini. Study tour ini berhasil memperluas wawasan kami dan memberikan pengalaman tak terlupakan yang akan membekas dalam perjalanan pendidikan kami.

Sampai Jumpa Kembali di Perjalanan Pendidikan Selanjutnya!