Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Genotip yang termasuk homozigot resesif adalah....

Pertanyaan
Genotipe yang termasuk homozigot resesif adalah 
a.AABB 
b.Aabb 
c.aaBB 
d.aabb

Jawaban yang tepat adalah d.aabb

Genotip yang termasuk homozigot resesif adalah opsi d. aabb.

Untuk memahami mengapa opsi d adalah homozigot resesif, mari kita bahas apa yang terjadi pada setiap opsi:

a. AABB: Genotip ini adalah homozigot dominan karena kedua alel (A) adalah alel dominan. Oleh karena itu, tidak ada alel resesif dalam genotip ini.

b. Aabb: Genotip ini adalah heterozigot karena ada satu alel dominan (A) dan satu alel resesif (a).

c. aaBB: Genotip ini juga merupakan heterozigot karena ada satu alel dominan (B) dan satu alel resesif (a).

d. aabb: Genotip ini adalah homozigot resesif karena kedua alel (a) adalah alel resesif.

Jadi, genotip yang termasuk homozigot resesif adalah d. aabb.


Genotip yang termasuk homozigot resesif adalah ketika individu memiliki dua alel yang sama yang keduanya adalah alel resesif. Alel adalah versi alternatif dari gen yang menentukan sifat tertentu pada organisme. Alel resesif adalah alel yang akan menyebabkan sifatnya muncul hanya jika kedua alel yang dimiliki oleh individu tersebut adalah alel resesif.

Contoh genotip homozigot resesif adalah ketika individu memiliki dua alel resesif untuk suatu sifat tertentu. Misalnya, dalam genetika manusia, sifat warna mata cokelat adalah sifat resesif. Jika seseorang memiliki dua alel resesif untuk warna mata (bb), maka genotipnya adalah homozigot resesif, dan warna matanya akan cokelat. Jika seseorang memiliki satu alel resesif dan satu alel dominan untuk sifat ini (misalnya, Bb), maka warna mata dominan (misalnya, biru) akan muncul.

Aabb bukan termasuk homozigot. Genotip Aabb adalah heterozigot karena terdiri dari dua alel yang berbeda, yaitu alel A (dominan) dan alel a (resesif).

Contoh genotip homozigot adalah ketika individu memiliki dua alel yang sama untuk suatu gen tertentu. Ada dua jenis genotip homozigot: homozigot dominan dan homozigot resesif.

Genotip homozigot dominan adalah ketika kedua alel yang dimiliki oleh individu adalah alel dominan. Contohnya, jika seseorang memiliki genotip AABB untuk suatu sifat, maka itu adalah homozigot dominan.

Genotip homozigot resesif adalah ketika kedua alel yang dimiliki oleh individu adalah alel resesif. Contohnya, jika seseorang memiliki genotip aabb untuk suatu sifat, maka itu adalah homozigot resesif.

Genotip homozigot resesif adalah kondisi di mana individu memiliki dua alel yang sama untuk suatu gen tertentu, dan kedua alel tersebut adalah alel resesif. Alel resesif adalah alel yang hanya akan mengekspresikan sifatnya jika kedua alel yang dimiliki oleh individu tersebut adalah alel resesif. Dalam contoh yang telah diberikan sebelumnya, genotip homozigot resesif adalah aabb, di mana "a" adalah alel resesif. Dalam kasus ini, sifat yang dikode oleh alel resesif akan muncul karena tidak ada alel dominan yang hadir untuk menghambatnya.


Perbedaan utama antara homozigot dominan dan homozigot resesif terletak pada jenis alel yang dimiliki oleh individu dalam genotip mereka:

Homozigot Dominan:

Homozigot dominan adalah kondisi ketika individu memiliki dua alel yang sama untuk suatu gen tertentu, dan kedua alel tersebut adalah alel dominan.
Alel dominan adalah alel yang akan mengungkapkan sifatnya jika hadir dalam genotip individu, bahkan jika hanya satu alel dominan yang hadir.
Contoh: Genotip homozigot dominan bisa berupa AABB, di mana kedua alel (A) adalah alel dominan. Dalam hal ini, sifat yang dikode oleh alel dominan akan muncul.
Homozigot Resesif:

Homozigot resesif adalah kondisi ketika individu memiliki dua alel yang sama untuk suatu gen tertentu, dan kedua alel tersebut adalah alel resesif.
Alel resesif adalah alel yang hanya akan mengungkapkan sifatnya jika kedua alel yang dimiliki oleh individu tersebut adalah alel resesif. Jika ada satu alel dominan, sifat yang dikode oleh alel resesif tidak akan muncul.
Contoh: Genotip homozigot resesif bisa berupa aabb, di mana kedua alel (a) adalah alel resesif. Dalam hal ini, sifat yang dikode oleh alel resesif akan muncul karena tidak ada alel dominan yang hadir untuk menghambatnya.
Jadi, perbedaan utama adalah bahwa homozigot dominan memiliki dua alel dominan, sementara homozigot resesif memiliki dua alel resesif dalam genotipnya. Alel dominan akan mendominasi alel resesif dalam mengekspresikan sifatnya.

Posting Komentar untuk "Genotip yang termasuk homozigot resesif adalah...."