Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak - seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya sepeda motor itu berbeda beda. Misalkan motor mesin 2 tak dan mesin 4 tak. Nah apakah kalian apa yang dimaksud mesin 2 tak dan 4 tak itu? pengertian mesin 2 tak dan 4 tak. Mesin 2 tak, sesuai namanya mesinnya punya 2 langkah dalam proses pembakaran. Sementara untuk 4 tak, punya 4 langkah proses pembakaran.

Mesin 2 tak dan 4 tak sendiri adalah dua jenis mesin pembakaran internal yang berbeda dalam cara mereka menghasilkan tenaga dari pembakaran bahan bakar. Untuk lebih jelas mengenai mesin 2 tak dan 4 tak, alangkah baiknya jika kalian menyimak beberapa perbedaan utama antara mesin 2 tak dan mesin 4 tak berikut ini yang menjelaskan juga Kelebihan mesin 2 tak dan 4 tak maupun kekurangannya.

Siklus pembakaran

Mesin 2 tak melakukan siklus pembakaran dalam dua langkah, yaitu kompresi dan pembakaran, sedangkan mesin 4 tak melalui empat langkah, yaitu hisap, kompresi, pembakaran, dan buang. 

Pelumasan

Pada mesin 2 tak, minyak pelumas dicampur langsung dengan bahan bakar, sehingga mesin dapat langsung terpelumas. Sedangkan pada mesin 4 tak, minyak pelumas dialirkan ke dalam mesin melalui sistem pelumasan terpisah. 

Konsumsi bahan bakar

Mesin 2 tak cenderung lebih boros dalam penggunaan bahan bakar karena selain dari pembakaran bahan bakar, minyak pelumas yang dicampurkan juga terbakar. Sedangkan mesin 4 tak memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik karena hanya bahan bakar yang terbakar. Bisa dibilang bahwa mesin 2-tak lebih boros dibandingkan 4 tak.

Emisi gas buang

Mesin 2 tak menghasilkan lebih banyak emisi gas buang karena campuran minyak dan bahan bakar yang terbakar tidak sempurna. Sedangkan mesin 4 tak menghasilkan emisi yang lebih sedikit karena proses pembakaran lebih sempurna dan ada proses pengolahan gas buang ( emisi )

Daya atau Power

Mesin 2 tak cenderung memiliki daya yang lebih besar dibandingkan dengan mesin 4 tak dengan ukuran yang sama karena memiliki siklus pembakaran yang lebih sering. Namun, mesin 4 tak cenderung memiliki torsi yang lebih tinggi dan tenaga yang lebih stabil pada kecepatan mesin rendah dan menengah. 

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwasanya mesin 2 tak dan mesin 4 tak memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri sendiri. oh ya agar lebih jelas ada beberapa contoh sepeda motor yang menggunakan mesin 2 tak dan 4 tak.

Beberapa contoh motor dengan mesin 2 tak antara lain: 

1. Yamaha RX-King 

2. Honda NSR 150 SP

3. Suzuki RG Sport 

4. Kawasaki KR-150 

5.Vespa PX Series 

6. Yamaha DT 

7. Suzuki TS 

8. Kawasaki KMX 

9. Yamaha YZ 

10. KTM 250 EXC TPI

Motor dengan mesin 2 tak biasanya memiliki suara mesin yang khas, torsi yang tinggi di kecepatan mesin tinggi, dan konsumsi bahan bakar yang cenderung lebih boros dibandingkan dengan mesin 4 tak. Namun, mesin 2 tak masih banyak digunakan pada sepeda motor trail, sepeda motor balap, dan sepeda motor bebek karena mesinnya yang ringan, mudah dirawat, dan memiliki akselerasi yang cepat.


Berikut ini beberapa contoh motor dengan mesin 4 tak: 

1. Honda CBR Series 

2. Yamaha R-Series 

3. Kawasaki Ninja Series 

4. Suzuki GSX-R Series 

5. BMW S1000RR 

6. Harley-Davidson Softail Series 

7. Ducati Monster Series 

8. Triumph Bonneville Series 

9. KTM 1290 Super Duke R Indian Scout Series 

Mesin 4 tak cenderung lebih banyak digunakan pada sepeda motor dengan tenaga yang besar dan torsi yang halus. Karakteristik mesin 4 tak yang memiliki siklus pembakaran yang lebih banyak membuatnya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit dibandingkan dengan mesin 2 tak. 

Mesin 4 tak juga memiliki karakteristik tenaga yang lebih halus dan konsisten, sehingga cocok digunakan pada sepeda motor touring dan sepeda motor sport touring. Mesin 4 tak memerlukan perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan mesin 2 tak, terutama dalam hal penggantian oli pelumas secara teratur dan pemeriksaan sistem pelumasan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak"