Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

if i had had free time

 If I had had free time ____

a. I will watch the move together with my friend

b. I would watch the movietogether with my friend

c. I would have watched the movie together with my friends

d. I would have been watching the movie together with my friends

e. I should match the movie together with my friend

Jawaban :

jawaban yang tepat adalah C. I would have watched the movie together with my friends.

Pembahasan

Pernahkah Anda mendengar istilah Conditional Sentence atau If Clause? Conditional Sentence atau If Clause adalah jenis kalimat dalam bahasa Inggris yang mengekspresikan suatu keadaan yang mungkin terjadi atau tidak terjadi, dan bagaimana akibatnya jika keadaan tersebut terjadi. Dalam Conditional Sentence, ada beberapa jenis yang berbeda-beda, salah satunya adalah Conditional Sentence Type 3.

Conditional Sentence Type 3 ditandai dengan penggunaan kata "had" di dalam kalimat, dan biasanya digunakan untuk mengungkapkan situasi yang terjadi di masa lalu dan hasil yang mungkin terjadi jika situasi itu tidak terjadi. Rumusnya adalah "If + Past Perfect (had + V3) + Past Future Perfect (would have/could have/might have + V3)".

Contohnya adalah kalimat "If I had known you were coming, I would have baked a cake". Artinya, jika saya tahu bahwa kamu akan datang, maka saya akan membuat kue.

Dalam contoh soal yang diberikan, kalimat yang tepat adalah "C. I would have watched the movie together". Ini menunjukkan bahwa jika situasinya berbeda di masa lalu, yaitu jika kita menonton film bersama-sama, maka saya akan menonton film tersebut.

Jadi, jika Anda ingin mempelajari bahasa Inggris dengan lebih mendalam, maka pelajari juga Conditional Sentence Type 3 untuk mengekspresikan situasi yang terjadi di masa lalu dan hasil yang mungkin terjadi jika situasi itu tidak terjadi.

Pada dasarnya, Conditional Sentence atau Kalimat Pengandaian dibagi menjadi beberapa jenis tergantung pada kondisi yang diungkapkan di dalamnya. Salah satu jenis dari kalimat pengandaian tersebut adalah Conditional Sentence Type 3. Jenis kalimat ini digunakan untuk mengungkapkan suatu kondisi yang tidak terjadi di masa lalu dan menghasilkan hasil yang berbeda di masa lalu juga.

Rumus dari Conditional Sentence Type 3 adalah If + Past Perfect (had + V3) + Past Future Perfect (would have/could have/might have + V3). Pada soal di atas, terdapat penggunaan kata "had" dan "would have", sehingga termasuk dalam jenis kalimat pengandaian ini.

Jawaban yang tepat dari soal tersebut adalah C. "I would have watched the movie together." Hal ini mengindikasikan bahwa pada masa lalu, penulis ingin menonton film bersama tetapi karena suatu hal, kondisi tersebut tidak terjadi.

Penting untuk memahami jenis-jenis kalimat pengandaian dan rumusnya agar dapat memahami arti dan makna dari suatu kalimat. Selain itu, latihan soal juga sangat membantu dalam memperkuat pemahaman dan kemampuan dalam mengaplikasikan rumus-rumus tersebut.

Posting Komentar untuk "if i had had free time"