Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semua Orang Ingin Cerdas Fathanah Bagaimana Caranya Supaya Cerdas Jelaskan

Semua orang ingin cerdas fathanah bagaimana caranya supaya cerdas jelaskan - dimata pelajaran agama islam mungkin kalian akan mennjumpai pertanyaan yang semacam ini. Baik itu saat kalian dalam kondisi mengerjakan soal ulangan ataupun soal ujian agama. Dilihat dari pertanyaannya, soal ini berbentuk soal essay yakni tak ada pilihan jawaban dan disuruh untuk menjabarkan jawabannya.

Soal essay tentu lebih susah dibandingkan dengan soal pilihan ganda. Namun bukan berarti pertanyaan "semua orang ingin cerdas fathanah bagaimana caranya supaya cerdas jelaskan" tidak ada jawabannya. Baiklah langsung saja berikut kunci jawaban untuk pertanyaan tersebut semoga bisa menjadi referensi bagi kalian semuanya.

Semua orang ingin cerdas fathanah bagaimana caranya supaya cerdas jelaskan!

Jawaban : semua orang tentunya jika memungkinan ingin cerdas fathanah. Fathanah sendiri berarti cerdas. Kemudian yang namanya cerdas itu sendiri sesuatu yang bisa diusahakan untuk mencapainya. Contohnya ada sekolah, yakni tempat untuk mendidik dari mereka yang tidak mengetahui ( bodoh ) menjadi mengetahui ( pintar). Jadi kemungkinan menjadi cerdas itu masih ada.

Cara yang mungkin bisa dilakukan supaya bisa menjadi pribadi yang cerdas

a. Rajin berdoa kepada Allah SWT supaya dibuka pikirannya agar mudah mendapatkan pengetahuan dan hal baik lainnya.

b. Senantiasa Bertawakal kepada Allah SWT

c. Rajin dan tekun belajar

d. Jangan Mudah Menyerah

e. Belajar untuk Disiplin

f. Mendengarkan dengan baik dan sesama apa yang diajarkan oleh guru di sekolah , pesantren dan lain lain

g. Biasakan untuk berpikir kritis atas situasi dan kondisi yang ada disekitar

h. Meminta doa kepada orang tua


Fathanah sendiri merupakan salah satu dari 4 sifat wajib bagi rasul. 

Sifat wajib bagi rasul yakni :

a. Siddig yang mana artinya jujur

b. Amanah artinya bisa dipercaya

c. Tabligh artinya menyampaikan

d. Fathanah artinya cerdas

Lawan dari sifat wajib rasul adalah sifat mustahil para rasul

Sifat mustahil rasul yakni :

a. Khidib artinya dusta

b. Khianat artinya tidak bisa dipercaya , curang

c. Kitman artinya tidak menyampaikan

d. Baladah artinya bodoh

Sifat jaiz rasul hanya ada 1 saja yakni "a'radhul basyariyah" artinya sifat yang biasa ada di manusia seperti minum, makan dan lain lain.

Apakah ada Dalil tentang fathanah?

Jawabanya ada, Dikutip dari buku Akidah Islam oleh Syeikh Ibrahim Al-Bajuri, wajib bagi rasul untuk memiliki sifat fathonah (فَطَانَةٌ). Fathonah artinya cerdas. Dalilnya adalah, jika para rasul tidak memiliki sifat cerdas, bagaimana mungkin mereka mampu membangun argumentasi terhadap orang-orang yang menentangnya.

Apa arti tauhid jelaskan!

Jawabannya : tauhid artinya adalah mengesakan. Jika di dalam agama islam, tauhid berarti mengesakan atau menganggap tidak ada tuhan selain Allah SWT. Tidak ada tuhan selain Dia, yang menghidupkan, mematikan dan menciptakan segala sesuatu yang ada di alam semesta.

Tauhid adalah sifat yang wajib dimiliki oleh bagi setiap orang muslim dan beriman. Dengan bertauhid yang benar manfaat yang didapatkan adalah tidak merasa takut dan tenang dalam menjalani kehidupan. Dan menjadi pribadi yang senantiasa berharap kepada Tuhan.

Contoh penerapan tauhid dalam kehidupan diantaranya adalah seseorang jauh dari sifat yang tidak baik seperti menjadi pribadi yang tidak sombong, tidak takabur, iri hati dan lain lain.

Tauhid terbagi dalam 3 jenis yakni tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah dan tauhid asmawa.. 

Terima kasih sudah berkunjung ke motorcomcom, perlu diingat ya bahwa jawaban tersebut diatas bisa dijadikan referensi saja, maksudnya kalian bisa melihat jawaban pertanyaan "semua orang ingin cerdas fathanah bagaimana caranya supaya cerdas jelaskan" dari sumber yang lainnya. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya disini.

Posting Komentar untuk "Semua Orang Ingin Cerdas Fathanah Bagaimana Caranya Supaya Cerdas Jelaskan"