Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Pertambangan Malaysia yang Terbesar di Dunia adalah

Hasil pertambangan malaysia yang terbesar di dunia adalah - Malaysia merupakan negara yang lokasinya berdekatan dengan negara indonesia. Bahkan tak jarang jika malaysia kerap disebut juga negeri jiran atau negeri tetangga. Malaysia sendiri termasuk negara di kawasan asia tenggara seperti halnya indonesia yang punya kelebihan sendiri dibanding negara lain.

Misalnya saja, Hasil pertambangan malaysia yang terbesar di dunia adalah timah dan minyak bumi. Malaysia sendiri pernah menjadi negara pengeksport timah terbesar di dunia. Tambang timah malaysia sendiri berada di Lembah Kinta. Sementara untuk minyak bumi berlokasi di semenanjung malaysia dan juga wilayah serawak.

Selain timah dan minyak bumi. Negara jiran Malaysia juga punya hasil tambang yang lainnya  Hasil tambang malaysia yang lain selain timah dan minyak bumi yaitu bauksit, besi, batu bara dan juga gas alam. Selain itu malaysia juga memiliki tambang emas.


Selain pertambangan, malaysia juga memiliki persawahan dan perkebunan. Ada sawah di malaysia dan luas lahan sawah dimalaysia sendiri ada kurang lebihnya 500.000 hektar. Adapun hasil pertanian dan perkebunan di malasyia seperti padi, kelapa, lada kopi teh, kakao, aneka jenis buah buahan dan lain lain. 

Hasil pertanian dan perkebunan malaysia termasuk kelapa sawit. dan tahukah kalian bahwa  Komoditas perkebunan terbesar malaysia di dunia adalah kelapa sawit. Hasil terbesar negara malaysia adalah kelapa sawit. Dan malaysia sendiri merupakan penghasil / produsen kelapa sawit terbesar nomor 2 di dunia setelah indonesia. 

Komoditas perkebunan dari malaysia yang juga hebat adalah karet. Malaysia pun menjadi salah satu produsen karet terbesar di dunia saat ini. Hasil industri Malaysia diantaranya adalah industri elektronik, industri mobil, industri pengolahan makanan, industri baterai, industri karet, industri timah, industri minyak bumi dan industri lainnya.

Selain malaysia, negara negara yang terkenal akan hasil tambangnya juga ada beberapa, misalkan saja :

1. Hasil tambang Thailand yang paling utama adalah timah. Namun selain timah negara gajah putih itu juga menghasilkan hasil tambang yang lainnya seperti emas, biji besi, timbal, gas alam, minyak bumi, wolfram, manga, seng, bauksit, lignit dan tembaga. Hasil perkebunan thailand antara lain tembakau, ketela pohon, kopra dan jagung.

2. Hasil tambang Brunei Darussalam antara lain seperti timah, emas, batubara, minyak bumi dan gas alam. Namun hasil tambang terbesar di negara Brunei Darussalam adalah berupa gas alam dan minyak bumi. Hasil perkebunan brunei darussalam adalah perkebunan karet. Namun meski begitu negara ini juga menghasilkan kelapa, jagung, padi, kayu dan lain lain.

3. Barang tambang yang dimiliki Filipina diantaranya adalah emas, nikel, kromit, tembaga, perak, timbal, mangan, batubara, aspal besi dan lainnya. Dari semua hasil tambang filipina, nikel menjadi hasil tambang utama. Bahkan Filipina adalah negara penghasil nikel terbesar di dunia dengan produknya yang kurang lebihnya mencapai 500.000 ton pertahun.

4. Hasil tambang Singapura bisa dikatakan tidak ada. Hal ini karena singapura merupakan satu satunya negara di kawasan asia tenggara yang tidak memiliki hasil tambang. Untuk memenuhi kebutuhannya, singapura biasanya melakukan impor ke negara ngara penghasil tambang. Hampir semua daerah di singapura dimanfaatkan untuk pariwisata. 

Meski singapura tak punya hasil tambang, namun negara ini juga mendapatkan pendapatan negara yang tinggi salah satunya dari devisa, mengingat singapura punya letak yang startegis yakni berada di jalur perdagangan dunia.

Negara negara selain indonesia memang hebat, namun indonesia juga hebat kok. Daerah di indonesia juga menghasilkan barang tambang. Misalnya saja, pulau bangka belitung. Potensi tambang dari Pulau Bangka Belitung adalah disana banyak tanahnya yang mengandung bijih timah serta bahan galian lainnya seperti granit, batu gunung, pasir dan lain lain.

Posting Komentar untuk "Hasil Pertambangan Malaysia yang Terbesar di Dunia adalah"