Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Pengapian Vario 110 Karburator

Alur pengapian vario 110 karbu - apakah kalian memiliki sepeda motor vario 110 karbu? mungkin iya apalagi sepeda motor matic ini memang sudah lama sekali ada di indonesia. Tentu yang memakainya lumayan banyak. Terlebih lagi sepeda motor matic ini sejak pertama kali diluncurkan minatnya banyak dan termasuk laris penjualannya di tanah air.

Bicara mengenai honda vario 110 karburator tentunya yang namanya motor apalagi buatan manusia itu pastinya akan mengalami kerusakan. Kalau masih baru sih ok, lancar lancar jaya saja. Tapi setelah beberapa waktu pastinya ada yang rusak. Nah terkadang salah satu yang rusak di vario 110 karburator yakni mogok. Mogok biasanya bisa disebabkan beberapa hal termasuk salah satunya sistem pengapian yang hilang.

Sistem pengapian itu apa? sistem pengapian itu adalah sistem yang ada di mesin sepeda motor yang berfungsi menghasilakn percikan bunga api dalam ruang bakar. Sistem pengapian sendiri ada 2 yakni AC ( alternating Current ) dan DC ( Direct Current ). Sistem pengapian AC mengandalkan percikan api dari spull motor ( alternator ) , sementara untuk sistem pengapian DC itu mengandalkan percikan api yang berasal dari aki. 

Untuk honda vario 110 karburator itu pakainya sistem DC. Jadi jika ada yang bertanya Pengapian Vario 110 AC atau DC ? maka jawabanya adalah pengaian Sistem pengapian Vario 110 menggunakan DC. Pengapian DC ini berarti bahwa sepeda motor honda matic 110 vario karburator itu mengandalkan aki untuk menghasilkan bunga api di ruang bakarnya.

Vario 110 karburator yang mengalami kerusakan di sektor pengapiannya biasanya akan mengalami mogok atau mesin tidak akan menyala meskipun distarter ataupun diengkol. Pengapian Vario 110 hilang. Dan hal ini tentunya butuh penanganan supaya bisa motor matic vario 110 karburator bisa digunakan kembali.

Wiring atau Diagram Kelistrikan Honda Vario 110 Karburator


Gambar diatas berasal dari situs kum3n.com yang mana gambar tersebut adalah jalur kelistrikan dari honda vario 110 karburator. Dan tentunya itu mencakup jalurSekring Vario 110 karbu ataupun Jalur Soket CDI Vario 110 Karburator. Dari gambar itu juga diketahui Warna kabel Vario 110 karbu .

Keterangan

Kuning ( Y ) kabel ini fungsinya sebagai spull penerangan

Putih  ( W ) kabel ini fungsinya sebagai spull pengisian

Biru/ Kuning ( Bu/Y ) merupakan kabel pulser, warna kabel pulser Vario 110 karbu adalah Biru/Kuning

Merah (R ) kabel ini punya arus 12 V berasal dari aki menuju kiprok

Hijau ( G ) kabel massa bodi 

Merah/Hitam ( R/BI ) ini kabel yang bermuatan arus 12 Volt yang berasal dari kontak yang akan menuju CDI, Relay stater dan sekring 10A.

Hitam ( BI ) kabel yang berasal dari sekring 10 A dan akan menuju sistem beban. kabel ini punya arus aki 12V

Merah/Putih ( R/W ) kabel dari relay ke dinamo starter

Kuning/Merah ( Y/R ) kabel dari CDI ke relay starter

Hijau/Orange ( G/O ) kabel dari CDI ke cuk otomatis

Biru/Hijau ( Bu/G ) kabel dari CDI ke ECT ( Engine Coolant Temperature )

Kuning/Hijau ( Y/G ) kabel dari switch starter ke CDI

Hijau/Kuning ( G/Y ) kabel ini dari switch rem ke switch starter

Hitam/Kuning ( BI/ Y) output dari CDI ke coil

Pink/Putih ( P/W ) dari CDI ke ECT sensor ( sensor suhu )

Hijau/Putih ( G/W ) dari CDI ke switch standar samping

Hijau Muda/Merah ( Lg/R ) dari CDI ke indicator coolant lamp.


Jika kalian ingin mendapatkan gambar diagram atau wiring jalur kelistrikan vario 110, Wiring diagram Vario 110 karbu PDF misalnya. Maka kalian bisa cari internet seperti disini :

https://www.scribd.com/doc/163669279/Vario-Wiring-Diagram#


Pengapian Vario 110 Karburator Hilang, Apa Yang di Lakukan?

Jika pengapian vario 110karburator milikmu hilang alias jadi mogok tidak bisa di starter maka yang bisa kamu lakukan diantaranya:

1. Karena pengapian vario 110 DC yakni pakai aki. maka cek akinya apakah masih bagus sudah rusak. Jika rusak sebaiknya diganti yang baru. Harga aki vario 110 karburator dikisaran 200 ribuan keatas.

2. Pengapian berhubungan dengan yang namanya busi. Cek kondisi busi apakah masih bagus atau tidak jika sudah tidak baik sebaiknya diganti dengan yang baru

3. Jika dicek semuanya baik namun ternyata masih pengapian hilang coba cek kabel kabelnya, siapa tahu ada yang putus atau tak mengalirkan arus listrik.

Demikian artikel sederhana mengenai jalur pengapian vario 110 karburator semoga bisa menjadi referensi buat kita semua. Dan apabila ada kesalahan dalam penulisan semoga saja dimaafkan. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel motorcomcom selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Jalur Pengapian Vario 110 Karburator"