Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Klep Shogun 110 Shogun 125 Honda Vario Yamaha Mio M3

Ukuran klep shogun - Mesin merupakan bagian yang sangat penting sekali pada sepeda motor. Di mesin ada yang namanya klep. Hampir semua mesin sepeda motor memiliki klep. Namun klep di setiap sepeda motor itu memiliki ukuran yang berbeda beda. Klep yang ada di motor yang biasa, berbeda dengan klep yang ada dimotor dengan kelas dan performa yang tinggi.

Lantas klep ini apa fungsinya sih? klep ini merupakan suatu alat / komponen yang berfungsi untuk mengatur aliran udara dan bahan bakar di mesin supaya bisa sesuai dengan diharapkan. Klep ini Bagian krusial yang berdampak pada performa mesin motor. Pemasanganya harus pas, jika tidak misalkan terlalu longgar atau terlalu rampat membuat mesin lebih cepat rusak.

Klep sendiri memiliki beberapa bagian seperti daun klep, batang klep, permukaan gesek, retainer cap, retainer dan pegas. Dan setiap bagian memiliki fungsinya masing masing. Kemudian untuk ukuran bagian klep ini juga berbeda beda pada setiap sepeda motor. Baik itu motor matic, motor cub / bebek, motor sport, dan lain lain. 

Sama seperti mesin dan bagian bagian di sepeda motor, klep juga memerlukan perawatan. Perawatan bisa dilakukan saat mesin diservis dan penyetelan ulang dilakukan agar performa handal mesin selalu terjaga. Klep mesin sepeda motor pun tak bisa dipakai terus menerus alias bisa rusak. Dan ini tentunya memerlukan pergantian.

Klep mesin sepeda motor yang rusak biasanya ditandai dengan suara mesin yang kasar dan lebih berisik. Kemudian juga untuk tarikan gas motor menjadi lebih berat. Dan jika semua itu tak ditangani performa mesin mungkin akan menjadi semakin lebih buruk. Penggantian klep bisa dilakukan dengan cara membongkar dibagian mesin.

Ukuran Klep Shogun


Ukuran Klep Beberapa Sepeda Motor di Indonesia

Ukuran Klep Honda Beat

Honda beat merupakan motor honda 110 cc yang puler banget di indonesia. Untuk Ukuran klep Beat cenderung sama baik itu untuk honda beat karburator maupun yang tipe injeksi. Untuk ukuran Klep Beat Karbu yaitu isap 26mm dan buang 22mm. Kemudian untuk Ukuran klep Beat FI yang digunakan yaitu isap 26mm dan buang 22mm

Ukuran Klep Honda Vario

Untuk ukuran klep honda vario sendiri cenderung berbeda beda. Untuk lebih lengkapnya berikut ini kurang lebih datanya.

  • Ukuran klep Vario 110 Karbu                       = klep in 0.,15 mm dan klep out 0,15 mm
  • Ukuran klep Vario 110 Injeksi                       = klep in 0.,16 mm dan klep out 0,16 mm
  • Ukuran klep Vario 110 Injeksi eSP                = klep in 0.,12 mm dan klep out 0,18 mm
  • Ukuran klep Vario 110 Fi Techno                  = klep in 0.,16 mm dan klep out 0,27 mm
  • Ukuran klep Vario 125 FI Techno                 = klep in 0.,10 mm dan klep out 0,24 mm
  • Ukuran Klep Vario 125 esp                           = klep in 0.,10 mm dan klep out 0,24 mm
  • Ukuran Klep Vario 150 eSP                          = klep in 0.,10 mm dan klep out 0,24 mm

Ukuran Klep Yamaha Mio M3

Ukuran klep Mio M3 yakni klep in 0,10 mm dan klep out 0,10 mm. Ukuran ini sama dengan klep yang adan di Yamaha Mio J dan Yamaha Mio Soul GT

Ukuran Klep Suzuki Shogun 125

Selanjutnya Ukuran klep Shogun 125. Nah untuk yang satu ini ukuran klep Suzuki Shogun 110 dan 125 menggunakan ukuran yang sama sobat. Klep in memiliki ukuran sebesar 25 mm. Sedangkan klep out menggunakan ukuran 22 mm. Kemudian untuk batang klep menggunakan ukuran 5 mm.

Ukuran Klep Suzuki Satria FU

Ukuran klep FU atau satria injeksi yakni untuk Klep In : Diameter Batang : 4.5 mm Panjang Batang : 82.4 mm Diameter Topi : 22 mm.

Demikian artikel mengenai ukuran kle dari beberapa motor, seperti honda vario 110, ukuran klep shogun 125, Yamaha Mio M3 dan lain lain. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Ukuran Klep Shogun 110 Shogun 125 Honda Vario Yamaha Mio M3"