Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Honda CBR500R Terbaru 2023

Harga Honda CBR500R - Meskipun tahun 2016 masih beberapa bulan lagi, namun pabrikan besar otomotif roda dua sudah pada sibuk meng-upgrade para jagoannya. Ya alasannya untuk apa lagi kalau bukan supaya produknya menjadi lebih fresh dan kian menarik bagi para penggemarnya.

Di awali dari pabrikan berlambang garputala yamaha yang sebelumnya memperkenalkan YZF-R1 2016. Di susul pabrikan kawasaki dengan meluncurkan ZX-10R model 2016. Dan kini giliran pabrikan berlambang sayap mengepak honda yang memperkenalkan produk up-grade nya yakni dengan meluncurkan motor sport CBR500R untuk versi tahun 2016.

Pihak honda sendiri secara resmi memperkenalkan motor sport Honda CBR500RR ini pada tanggal 15 oktober kemarin saat event American International Motorcycle Expo (AIMExpo) di Orlando Florida USA. Dan kehadiran motor baru ini sendiri langsung mengobati rasa penasaran publik yang sebelumnya dibuat begitu penasaran akan sosok dari si kuda besi ini.

Ya mau bagaimana lagi, sebelum resmi diperkenalkan ke publik, prediksi akan kehadiran dan sosok dari kuda besi Honda CBR 500R ini sendiri telah muncul di majalah otomotif kenamaan asal jepang "Young Machine". Kemudian ditambah dengan hadirnya video teasernya yang tersebar di internet, sudah barang tentu membuat orang-orang pada penasaran dan menanti-nantikan hadirnya honda CBR500R 2016.

Tampilan dari new Honda CBR500RR versi 2016 sendiri sangatlah berbeda dengan model lamanya. Mengapa berbeda? pasalnya sekarang sosok dari sang kuda besi ini menjadi kian sporty dan juga agresive dengan sudut-sudut tajam yang banyak menghiasi bodynya. Motor ini lebih fresh dan siap untuk bersaing dengan rivalnya di kelas motor sport 500cc.



Dan tampaknya konsep desain baru yang digunakan yakni bertemakan "Aggresive Speed Spade" benar-benar tergambar pada sosok motor gede honda ini. Oh ya, selain itu pihak honda sendiri juga mengatakan bahwa desain motor baru Honda CBR500RR ini sendiri, terinspirasi dari desain kakak-kakaknya yakni cbr600r serta cbr1000rr.

Warna Pilihan CBR500R

Dan setelah ditunggu cukup lama, akhirnya motor sport terbaru honda ini mengaspal juga di indonesia. Tanggal 26 februari 2016 menjadi hari dimana Honda CBR500R menjadi salah satu koleksi big bike milik honda indonesia. Motor sport ini sendiri hadir di indonesia dengan 2 pilihan warna saja yakni Merah (Millenium Red), serta Hitam (Matte Gunpowder Black).

Harga Honda CBR500R
Honda CBR500R Millenium Red

Harga Honda CBR500R
Honda CBR500R Matte Gunpowder Black

Lanjut, pihak honda sendiri telah melakukan beberapa perbaikan atau istilah kerennya perombakan pada motor sport cbr500r untuk versi 2016 ini. Yang tentu saja ini merupakan revisi dari model sebelumnya (2015). Mau tahu apa saja perombakan itu? mari kita ulas bersama.

Desain 

New Honda CBR500R hadir dengan tampilan desain yang baru juga keren. Tak seperti model lama yag bulat dan kalem. Kini perawaknnya lebih spirty dan agresive. CBR500R generasi teranyar ini kini mengusung lampu ganda baru. Bentuknya sendiri menjadi lebih kecil dibandingkan model terdahulu. Namun jangan salah, dengan bentuknya yang kecil justru membuat lampu tersebut menjadi kian sporty.

Apalagi dengan desainnya lampu nya yang menyimpit membuat motor ini tampak sangat tajam. Dan yang paling penting teman-teman, lampu yang digunakan kini sudah LED bukan lagi Halogen. Sehingga pencahayaan semakin terang dan jelas. Tak cuma depan, bagian belakang juga berubah yakni sekarang sudah menerapkan LED, stop lamp belakang pun kini juga sudah menerapkan lampu yang disinyalir lebih awet, hemat dan terang tersebut kawan.

Harga Honda CBR500R
Tampak Depan Honda CBR500R

Ergonomi model terbaru ini cenderung menunduk namun tetap mengutamakan kenyamanan. Hal ini karena tangki serta jok mendapatkan perubahan dari honda. Untuk tangki milik Honda CBR500R terbaru desain berubah jadi lebih sporty dan nyaman buat pengendara. Kemudian untuk tutup tangki nya juga kini sudah menganut model rata dan telah menyatu dengan tangki ( bukan lagi model copot). Dan untuk kapasitas penampungannya masih sama yakni 15,5 liter.

Harga Honda CBR500R
Tampak Belakang Honda CBR500R

Lalu untuk tempat duduk atau jok, tinggi joknya kurang lebihnya sama yakni 784.8 mm dan bikin mudah bagi rider untuk menaiki motor ini. Namun beda dengan sebelumnya, sekarang jok untuk pengendara maupun pembonceng sendiri sudah mengusung desain yang lebih sporty dan modern dibandingkan dengan model lama. Tak cuma itu supaya sisi balapnya keluar kini Honda CBR500RR terbaru sudah tak lagi memakai pegangan model tanduk seperti versi 2015.

Pokoknya sobat ketika menaiki motor Honda CBR500R terbaru ini beda banget dengan model lawasnya. Oh ya sobat otomotif, tuas rem motor sport baru ini telah mendapatkan revisi yakni bisa disetting (adjust) sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan pengendara. Jadi pengendalian motor jadi lebih terjamin.

Selanjutnya, berbeda dengan model sebelumnya yang menggunakan knalpot berbentuk bulat dan panjang. Kini untuk Honda CBR500RR versi 2016, knalpot yang digunakan lebih pendek dan besar. Atau istilah kerennya adalah Midship (Shorter Exhaust Muffler). Penggunaan knalpot baru ini sendiri bukan tanpa alasan.



Dengan knalpot ini Centralisasi massa bisa diwujudkan lebih baik dan berimbas pada performa motor yang semakin optimal. Selain itu, knalpot tersebut juga telah di rancang sedemikian rupa sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih halus dan lembut.

Rangka dan Suspensi

Rangka yang digunakan oleh New Honda CBR500R terbaru ini masih berbasis Diamond 35 mm Steel-Tube Frame. Yang mana serupa dengan rangka model sebelumnya.Namun untuk suspensi ada yang beda. Sektor suspensi mendapatkan up-grade dari pihak honda.

Meski masih memakai suspensi depan Fork 41 mm, namun kali ini suspensi milik Honda CBR500RR 2016 terbaru tersebut telah di suntik dengan adjustable-pre load atau kemampuan untuk bisa disetel kenyamanan sesuai dengan kebutuhan rider. Jadinya pengendara bisa lebih nyaman dan juga senang ketika berkendara.

Spesifikasi Honda CBR500R
Spesifikasi Honda CBR500R


Selain bagian depan, revisi juga terjadi pada suspensi belakang. Untuk suspensi belakang masih sama yakni memakai tipe Pro-Link Single Shock tapi dengan pengaturan shock terbaru sehingga lebih memudahkan bagi pengendara. Dan disektor kaki, masih memakai velg cast wheel alumunium 12 jari, dimana untuk depan dibungkus dengan ban tubeless ukuran 120/70 -17 dan belakang ukuran 160/60 - 17.

Beralih ke sektor pengereman, new honda cbr500r 2016 masih mengandalkan cakram tunggal 2 kaliber piston berdiameter 320 mm tipe gelombang (wave disc) dari Nissin di area depan dan memakai cakram tunggal 1 kaliber piston berdiameter 240 mm tipe gelombang (wave disc) juga dari pabrikan Nissin untuk area belakang. Selain itu, juga tersedia teknologi ABS untuk memaksimalkan pengereman.

Performa Mesin

Di sektor mesin, honda cbr500r 2016 masih memakai basis mesin sama dengan versi 2015. Yakni berkapasitas 471cc, berteknologikan DOHC (Double Over head Camshaft), 4 Katup per Silinder, 6 transmisi kecepatan dengan sistem pendinginan dengan cairan (Liquid Cooled). Mesin ini mampu mengeluarkan power maksimal sebesar 46.9 Bhp / 8500 rpm dengan torsi maksimal 43 Nm / 7000 rpm.

Review Honda CBR500R
Review Honda CBR500R

Masih menggunakan transmisi 6 kecepatan, namun untuk Honda CBR500RR versi 2016 ini kini transmisinya sudah dilakukan perbaikan sehingga terasa lebih lembut ketika dilakukan pengoperan gigi.

 Motor sport Honda CBR500R top speed nya ini di gadang-gadang mampu mencapai 180 km/jam. Lalu dengan pengaplikasian teknologi injeksi PGM-FI dengan 34 mm throttle bodies menghasilkan tingkat konsumsi bahan bakar sebesar 27 km/liter.

Fitur Unggulan

Fitur Honda CBR500R
Fitur Honda CBR500R
Sumber gambar : ( hondanews.eu )

Honda CBR500R terbaru ini memiliki fitur unggulan yang ditawarkan. Diantaranya ada lampu depan dan belakang pakai LED. Selanjutnya ada Digital Instrumennya yang masih sama dengan versi 2015 baik dari sisi desain serta isinya.

Yakni menampilkan informasi seputar speedometer, tachometer, odometer, trip meter, jam, indikator bahan bakar serta indikator mesin. Kemudian ada pula teknologi canggih Anti-lock Braking System ( ABS ).

Spesifikasi Honda CBR500R :

  1. DIMENSI
  • Jarak sumbu antar kedua roda adalah 1410 mm.
  • Kapasitas tangki bahan bakar dalam kondisi penuh (full) : 15,5 liter.
  • Jarak terendah ke permukaan tanah 140 mm.
  • Tinggi jok / tempat duduk adalah 784.8 mm.
  • Kecepatan maksimal (top speed) mencapai 180 km/jam.
  • Konsumsi bahan bakar yakni 27 km/liter.
  • Berat basah : 192.7 kg.
       2. RANGKA
  • Rangka tipe Diamond 35 mm Steel-Tube Frame.
  • Suspensi depan memakai 41 mm fork ; 4,3 inches travel, sedangkan suspensi belakang menggunakan tipe Pro-Link Single Shock dengan 9 posisi kenyamanan yang bisa diatur sesuai dengan keinginan: 4,7 inches travel.
  • Rem depan memakai cakram tunggal 2 kaliber piston berdiameter 320 mm tipe gelombang (wave disc) dari Nissin. Kemudian untuk rem belakang memakai cakram tunggal 1 kaliber piston berdiameter 240 mm tipe gelombang (wave disc) juga dari pabrikan Nissin.
  • Ban depan berukuran 120/70 -17 & ban belakang berukuran 160/60 - 17.
      3. MESIN
  • Tipe mesin 471cc, DOHC (Double Over head Camshaft), 4 Katup per Silinder, 6 transmisi kecepatan dengan sistem pendinginan dengan cairan (Liquid Cooled).
  • Diameter x Langkahnya : 67 mm x 66,8 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio mesin : 10,7 : 1.
  • Sistem pengapian : Computer - Controlled Digital Transistorized with Electronic Advance.
  • Sistem bahan bakar nya : PGM-FI dengan 34 mm throttle bodies.
  • Power maksimal yang dihasilkan mencapai 46.9 Bhp / 8500 rpm dengan torsi maksimal 43 Nm / 7000 rpm.

Harga Honda CBR500R 2023 :

  • Harga Baru                        Rp. 144.000.000 

Demikian lah artikel singkat seputar spesifikasi dan harga honda cbr500r terbaru yang ada di indonesia. Kalau dilihat harga motor ini ternyata lebih murah dibandingkan harga cbr650f maupun harga honda cbr 600rr. 

Tapi perlu diingat bahwasanya harga tersebut bisa berubah sewaktu waktu ya...Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di motorcomcom ini seperti tentang :