Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan struktur pembentuk teks tersebut secara jelas

Jelaskan struktur pembentuk teks tersebut secara jelas  - 

Kiat Menata Rambut Pendek

Gaya rambut bob pendek kini mulai disukai lagi. Meski terlihat sederhana, untuk gaya rambut seperti itu juga diperlukan perawatan yang benar. Ada beberapa langkah dan cara yang harus kamu lakukan untuk merawat rambut pendek dengan baik, yaitu sebagai berikut.

1. Keringkan dengan Handuk

Banyak orang yang mengeringkan rambut pendeknya dengan cara mengacakacaknya dengan handuk agar air cepat meresap. Padahal cara ini bisa membuat rambut mudah patah. Keringkan rambut sambil dipijat perlahan.

2. Gunakan Produk Styling

Gunakan produk styling dan perawatan rambut seperti serum untuk menyehatkan akar rambut. Produk perawatan rambut yang alami akan membuat rambut kamu terlihat bersinar dan indah. Rambut juga tampak halus dan memberikan extra glow. Pastikan menggunakannya di batang rambut.

3. Blow dry dari Akar Rambut Terlebih Dahulu

Saat akan melakukan blow dry pada rambut pendek kamu, pastikan memulainya dari akar rambut. Gunakan sisir sikat bulat dan pengering rambut, lalu arahkan hair dryer ke bagian akar. Gunakan sisir dengan ukuran yang benar karena sikat yang lebih besar akan memberikan sedikit kurva ke gaya rambut bob kamu.

4. Tambahkan kesan bervolume (terisi penuh)

Kembangkan dan blow dry rambut bagian depan untuk mendapatkan kesan bervolume. Dengan begitu, rambut kamu akan terlihat terisi penuh.


Soal!

1. Jelaskanlah struktur pembentuk teks tersebut secara jelas!

2. Simpulkan teks tersebut berdasarkan kelengkapan strukturnya!

3. Tuliskan hasil telaah kelompokmu dalam format penilaian seperti

berikut ini pada lembar terpisah atau buku kerjamu!

Struktur Teks Prosedur Penjelasan

a. Tujuan ………………………………………………

b. Langkah-langkah ………………………………………………

c. Penegasan ulang ………………………………………………

Simpulan


Jawaban:

1. Struktur pembentuk teks tersebut secara jelas terdiri dari tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang. Tujuan dari teks tersebut adalah memberikan panduan tentang cara merawat rambut pendek dengan baik. Langkah-langkah yang dijelaskan dalam teks meliputi:

a. Keringkan dengan Handuk: Menjelaskan bahwa mengacak-acak rambut dengan handuk dapat membuat rambut mudah patah, sehingga disarankan untuk mengeringkan rambut dengan cara dipijat perlahan.

b. Gunakan Produk Styling: Mengemukakan penggunaan produk styling dan perawatan rambut seperti serum untuk menjaga kesehatan akar rambut dan memberikan efek bersinar dan halus pada rambut.

c. Blow dry dari Akar Rambut Terlebih Dahulu: Menjelaskan langkah-langkah blow dry pada rambut pendek, yaitu memulainya dari akar rambut menggunakan sisir sikat bulat dan hair dryer untuk memberikan sedikit kurva pada gaya rambut bob.

d. Tambahkan kesan bervolume (terisi penuh): Mengajukan cara untuk mengembangkan dan blow dry rambut bagian depan guna mendapatkan kesan bervolume dan terisi penuh pada rambut.


2. Berdasarkan kelengkapan strukturnya, teks tersebut memberikan penjelasan yang jelas dan terperinci tentang langkah-langkah merawat rambut pendek dengan baik. Teks ini memberikan petunjuk dari awal hingga akhir, dimulai dari cara mengeringkan rambut dengan handuk, penggunaan produk styling, langkah-langkah blow dry dari akar rambut, hingga memberikan kesan bervolume pada rambut. Setiap langkah dijelaskan secara terperinci dan mudah dipahami.


3. Hasil telaah kelompok mengenai penilaian teks tersebut dapat dituliskan dalam format penilaian sebagai berikut:


Struktur Teks Prosedur Penjelasan

a. Tujuan: Memberikan panduan tentang cara merawat rambut pendek dengan baik.

b. Langkah-langkah:


Keringkan dengan Handuk: Menghindari mengacak-acak rambut dengan handuk.

Gunakan Produk Styling: Menggunakan produk perawatan rambut untuk kesehatan dan keindahan rambut.

Blow dry dari Akar Rambut Terlebih Dahulu: Memulai blow dry dari akar rambut menggunakan sisir sikat bulat dan hair dryer.

Tambahkan kesan bervolume (terisi penuh): Membuat rambut terlihat bervolume dan terisi penuh.

c. Penegasan ulang: Teks memberikan panduan yang jelas dan terperinci tentang langkah-langkah merawat rambut pendek dengan baik, dimulai dari mengeringkan rambut dengan handuk, penggunaan produk styling, blow dry dari akar rambut, hingga menciptakan kesan bervolume pada rambut.

Simpulan: Teks tersebut memberikan panduan yang komprehensif dan terstruktur mengenai cara merawat rambut pendek dengan baik. Penjelasan langkah-langkahnya mudah


Demikian artikel kali ini di motorcomcom jangan lupa simak artikel menarik lainnya disini.

Posting Komentar untuk "Jelaskan struktur pembentuk teks tersebut secara jelas"