Diketahui suatu sudut besar penyikunya 15

Diketahui suatu sudut besar penyikunya 15

Pertanyaan

Diketahui suatu sudut, besar penyikunya 15° lebih besar dari empat kali sudut tersebut. Jika sudut tersebut adalah n°, tentukan besar n dan penyikunya.

a. 10 ° dan 80 °

b. 15 ° dan 75 °

c. 20 ° dan 70 °

d. 25 ° dan 65 °


Jawaban yang tepat adalah b. 15 ° dan 75 °


Dalam masalah ini, kita diberikan informasi bahwa penyiku sudut tersebut adalah 15 derajat lebih besar dari empat kali sudut tersebut.


Besar penyiku sudut = 4n + 15


Kita tahu bahwa sudut siku siku adalah 90 derajat:


n + (4n + 15) = 90


Mari kita selesaikan persamaan tersebut:


n + 4n + 15 = 90

5n + 15 = 90

5n = 90 - 15

5n = 75

n = 75/5

n = 15


Jadi, sudut tersebut memiliki besar 15 derajat.


Untuk menentukan besar penyiku sudut, kita gantikan nilai n ke dalam persamaan:


Besar penyiku sudut = 4n + 15

= 4(15) + 15

= 60 + 15

= 75


Jadi, besar penyiku sudut adalah 75 derajat.



Soal di atas berkaitan dengan topik dalam matematika yang dikenal sebagai "persamaan sudut". Dalam persamaan sudut, kita diberikan informasi tentang hubungan antara satu atau lebih sudut dan diminta untuk menentukan ukuran sudut-sudut tersebut.


Dalam soal tersebut, kita diberikan informasi bahwa ukuran penyiku sudut adalah 15 derajat lebih besar dari empat kali ukuran sudut tersebut. Dengan menggunakan persamaan ini, kita dapat menetapkan hubungan antara ukuran sudut-sudut yang terlibat.


Kemudian, kita juga diberitahu bahwa jumlah ukuran sudut tersebut adalah 90 derajat. Dalam hal ini, kita menggunakan persamaan untuk menyelesaikan persamaan sudut dan menentukan ukuran sudut yang dimaksud.


Menggunakan langkah-langkah aljabar, kita mampu menyelesaikan persamaan dan menemukan bahwa ukuran sudut tersebut adalah 15 derajat.


Jadi, soal tersebut berkaitan dengan persamaan sudut dalam matematika, yang melibatkan penyelesaian persamaan untuk mencari ukuran sudut yang dimaksud.


etelah menemukan ukuran sudut tersebut, kita juga dapat menentukan ukuran penyiku sudut.


Dalam soal tersebut, penyiku sudut didefinisikan sebagai sudut yang lebih besar 15 derajat dari empat kali ukuran sudut tersebut.


Jadi, untuk menentukan ukuran penyiku sudut, kita dapat menggunakan persamaan:


Besar penyiku sudut = 4n + 15


Dengan menggantikan nilai n (yang kita temukan sebelumnya adalah 15 derajat), kita dapat menghitung ukuran penyiku sudut:


Besar penyiku sudut = 4(15) + 15

= 60 + 15

= 75 derajat


Jadi, ukuran penyiku sudut dalam soal tersebut adalah 75 derajat.


Dalam kesimpulan, soal ini terkait dengan topik persamaan sudut dalam matematika, di mana kita menggunakan persamaan untuk menentukan hubungan dan ukuran sudut-sudut yang terkait. Dalam kasus ini, kita menemukan bahwa ukuran sudut tersebut adalah 15 derajat dan ukuran penyiku sudut adalah 75 derajat.



Sudut siku-siku adalah suatu sudut yang memiliki ukuran 90 derajat. Dalam geometri, sudut siku-siku terbentuk ketika dua garis atau dua sisi yang saling berpotongan membentuk sudut yang tepat atau sudut 90 derajat.


Secara visual, sudut siku-siku tampak seperti sudut yang membentuk bentuk "L" atau seperti sudut pada pojok kotak yang saling tegak lurus.


Sudut siku-siku memiliki beberapa properti yang penting dalam matematika dan geometri. Misalnya, jika dua sudut saling berhadapan membentuk sudut siku-siku, maka kedua sudut tersebut disebut sudut-sudut berhadapan siku-siku. Juga, jika segitiga memiliki satu sudut yang berukuran 90 derajat, maka segitiga tersebut disebut segitiga siku-siku.


Sudut siku-siku memiliki banyak aplikasi dalam matematika, fisika, arsitektur, dan ilmu lainnya. Pemahaman tentang sudut siku-siku sangat penting dalam mempelajari hubungan dan sifat-sifat geometri serta dalam menyelesaikan berbagai masalah yang melibatkan pengukuran sudut.

Demikian artikel kali ini di motorcomcom jangan lupa simak artikel menarik lainnya disini.

0 comments