Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa arabnya bola voli

Bahasa arabnya bola voli - Olahraga adalah bagian penting dalam kehidupan manusia. Setiap negara memiliki olahraga yang populer di masyarakatnya. Saat ini, bahasa Arab telah menjadi bahasa internasional dalam dunia olahraga. Banyak istilah olahraga yang digunakan dalam bahasa Arab, yang mencakup berbagai cabang olahraga.


Dalam bola voli, bahasa Arab menggunakan istilah "كُرَةُ اليَدِ" (kuratu al-yadi) yang secara harfiah berarti "bola tangan". Dalam renang, istilah yang digunakan adalah "السِّبَاحَةُ" (as-sibaha). Sedangkan dalam balap sepeda, istilahnya adalah "سِبَاقُ الدَّرَّّاجَةِ" (sibaqu ad-darrajah).


Dalam cabang olahraga bulu tangkis, istilah yang digunakan adalah "كُرَةُ الرِّيْشَةِ" (kuratu ar-riysah). Pemain cadangan dalam bahasa Arab disebut "اللاَّعِبُ الاِحْطِيَاطِيّ" (al-la'ib al-ihtiyati). Sementara itu, Piala Dunia dalam bahasa Arab disebut "كَأْسُ الْعَالَمِ" (ka'su al-'alam).


Dalam bahasa Arab, istilah "كَأْسُ" (ka'su) digunakan untuk mengacu pada piala dalam olahraga. Untuk cabang olahraga tinju, istilah yang digunakan adalah "المُلاَكَمَةُ" (almulakamah), sedangkan untuk wasit, istilahnya adalah "الفَيْصَلُ" (alfaysal).


Dalam bela diri, bahasa Arab menggunakan istilah "دِفَاعُ النَّفْسِ" (difa'u an-nafs). Untuk gulat, istilah yang digunakan adalah "المُصَارَعَةُ" (almusar'ah). Sayap kanan dalam bahasa Arab disebut "الجَنَاحُ الأَيْمَانُ" (aljanah al-aiman), sedangkan penjaga gawang disebut "حَارِسُ المَرْمَىِ" (haris al-marma).


Dalam cabang olahraga sepak bola, bahasa Arab menggunakan istilah "كُرَةُ القَدَمِ" (kuratu al-qadam). Naik kuda dalam bahasa Arab disebut "رُكُوْبُ الخَيْلِ" (ruqubu al-khayl). Perlombaan dalam bahasa Arab dikenal sebagai "المُسَابَقَةُ" (almusabaqah), sementara pertandingan disebut "المُبَارَاةُ" (almubarat).


Basket dalam bahasa Arab disebut "كُرَةُ السَّلَّةِ" (kuratu as-sallati), sementara gawang dalam bahasa Arab disebut "المَرْمَى" (al-marma). Cabang olahraga tolak peluru disebut "رَمْيُ الرَّصَاصِ" (ramyu ar-rasaash), sedangkan lempar lembing disebut "رَمْيُ الرُّمْحِ" (ramyu ar-rumh).


Dalam tenis, bahasa Arab menggunakan istilah "تِيْنِسْ" (tenis). Gol dalam bahasa Arab disebut "هَدَفٌ" (hadaf), sedangkan pelatih disebut "مُدَرَّبٌ" (mudarrab). Free kick dalam bahasa Arab dikenal sebagai "فَوْلٌ" (fawl), dan supporter disebut "مُشَجَّعُوْنٌ" (musyajja'un). Top skor dalam bahasa Arab disebut "هَدَّافٌ" (haddaf).


Cabang olahraga badminton dalam bahasa Arab disebut "لَمْسُ اليَدِ" (lamssu al-yadi). Peluit dalam bahasa Arab disebut "صَفَّارَةٌ" (saffaratu), dan tim dalam bahasa Arab disebut "فَرِيْقٌ" (fariq). Pelari dalam bahasa Arab disebut "عِدَاءَةٌ" (ida'ah), sementara bola dalam bahasa Arab disebut "كُرَةٌ" (kurah).


Dalam olahraga sepak bola, istilah gawang tetap sama, yaitu "مَرْمَرٌ" (marmar), sedangkan bek dalam bahasa Arab disebut "مُدَافِعٌ" (mudafi'). Kapten dalam bahasa Arab disebut "قَائِدٌ" (qa'id). Paralayang dalam bahasa Arab disebut "مِظَلَّةٌ" (mizhala), sedangkan jogging disebut "رَكْضٌ" (rukhdh). Senam dalam bahasa Arab disebut "جُمْبَازٌ" (jumbaz), sementara sepatu selam dalam bahasa Arab disebut "زَعِنَفٌ" (za'inif).


Dalam cabang olahraga anggar, bahasa Arab menggunakan istilah "مُبَارَزَةٌ" (mubarazah). Pelanggaran dalam bahasa Arab disebut "إِعْتِدَاءٌ" (i'tidha'), sedangkan barber dalam bahasa Arab disebut "دَمْبَلٌ" (dambal). Marathon dalam bahasa Arab disebut "مَارَاثُوْنٌ" (marathon).


Bola tenis dalam bahasa Arab disebut "كُرَةُ المَضْرَبٌ" (kuratu al-madhrabun). Memanah dalam bahasa Arab disebut "رِمَايَةٌ" (rimayyah), sedangkan tenis meja dalam bahasa Arab disebut "كُرَةُ الطَّاوِلَةِ" (kuratu at-tawilah). Latihan dalam bahasa Arab disebut "تَمْرِيْنٌ" (tamrin), sementara pertandingan disebut "مُبَارَاةٌ" (mubarat).


Bola voli dalam bahasa Arab tetap menggunakan istilah "كُرَةُ اليَدِ" (kuratu al-yadi). Sedangkan bisbol dalam bahasa Arab disebut "كُرَةُ القَاعِدَةِ" (kuratu al-qa'idah). Lapangan dalam bahasa Arab disebut "المَيْدَانُ" (al-maydan).


Bagi seorang olahragawan atau olahragawati, atau dalam bahasa Arab disebut "مَيَّالٌ لِلرِّيَاضَةِ" (mayyal lil-riyadah), penting untuk memahami istilah-istilah dalam bahasa Arab yang terkait dengan olahraga. Hal ini akan membantu dalam berkomunikasi dengan pelatih, rekan tim, atau penonton dalam lingkungan olahraga yang menggunakan bahasa Arab.

Demikian artikel kali ini di motorcomcom jangan lupa simak artikel menarik lainnya disini.

Posting Komentar untuk "Bahasa arabnya bola voli"