Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian daging yang dimakan beruang adalah

Bagian daging yang dimakan beruang adalah

Soal!

1. Petugas sirkus sedang mempersiapkan makanan untuk hewan pemakan daging. Petugas memotong daging menjadi 8 bagian sama besar.

5 bagian daging diberikan untuk harimau. Bagian daging yang dimakan harimau, jika ditulis dalam bilangan pecahan adalah ......

3 bagian daging diberikan untuk beruang. Bagian daging yang dimakan beruang, jika ditulis dalam bilangan pecahan adalah ......

Hewan manakah yang memakan bagian daging lebih banyak?...


Jawaban:

Untuk mencari tahu bagian daging yang dimakan oleh harimau dan beruang dalam bentuk pecahan, kita perlu membagi jumlah bagian daging yang mereka makan dengan jumlah total bagian daging yang ada.


Jumlah bagian daging yang diberikan kepada harimau adalah 5, dan jumlah total bagian daging adalah 8. Jadi, pecahan yang mewakili bagian daging yang dimakan oleh harimau adalah 5/8.


Jumlah bagian daging yang diberikan kepada beruang adalah 3, dan jumlah total bagian daging adalah 8. Jadi, pecahan yang mewakili bagian daging yang dimakan oleh beruang adalah 3/8.


Untuk mengetahui hewan mana yang memakan bagian daging lebih banyak, kita perlu membandingkan pecahan 5/8 dan 3/8. Dalam hal ini, harimau memakan lebih banyak bagian daging daripada beruang, karena 5/8 lebih besar daripada 3/8.


Jadi, harimau memakan bagian daging lebih banyak dibandingkan dengan beruang.



2. Seorang petugas sirkus, mempersiapkan makanan untuk hewan-hewan peliharaannya. Petugas tersebut memotong daging menjadi 15 bagian yang sama besar. 7 bagian diberikan untuk beruang. 6 bagian diberikan untuk harimau. Sisanya mereka berikan untuk singa.

Tuliskan bilangan pecahan untuk bagian daging yang dimakan hewan-hewan tersebut.

1. Bagian daging yang dimakan harimau adalah....

2. Bagian daging yang dimakan beruang adalah....

3. Bagian daging yang dimakan singa adalah....


Jawaban:

Untuk mencari tahu bilangan pecahan untuk bagian daging yang dimakan oleh setiap hewan, kita perlu membagi jumlah bagian daging yang mereka makan dengan jumlah total bagian daging yang ada.

Jumlah bagian daging yang diberikan kepada harimau adalah 6, dan jumlah total bagian daging adalah 15. Jadi, pecahan yang mewakili bagian daging yang dimakan oleh harimau adalah 6/15.

Jumlah bagian daging yang diberikan kepada beruang adalah 7, dan jumlah total bagian daging adalah 15. Jadi, pecahan yang mewakili bagian daging yang dimakan oleh beruang adalah 7/15.

Untuk mengetahui bagian daging yang dimakan oleh singa, kita perlu mengurangi jumlah bagian daging yang diberikan kepada harimau dan beruang dari jumlah total bagian daging. Dalam hal ini, jumlah bagian daging yang diberikan kepada singa adalah 15 - 6 - 7 = 2. Jadi, pecahan yang mewakili bagian daging yang dimakan oleh singa adalah 2/15.

Jadi, bilangan pecahan untuk bagian daging yang dimakan oleh hewan-hewan tersebut adalah:

Bagian daging yang dimakan harimau adalah 6/15.
Bagian daging yang dimakan beruang adalah 7/15.
Bagian daging yang dimakan singa adalah 2/15.


Soal di atas termasuk dalam kategori matematika yang melibatkan pemahaman tentang pemecahan dan perbandingan pecahan. Pada soal tersebut, kita diminta untuk menentukan bagian daging yang dimakan oleh masing-masing hewan (harimau, beruang, dan singa) dalam bentuk bilangan pecahan.


Untuk menjawabnya, kita perlu membagi jumlah bagian daging yang diberikan kepada masing-masing hewan dengan jumlah total bagian daging yang tersedia. Hal ini melibatkan pemahaman tentang konsep pecahan, pembagian, dan pengurangan.


Dalam pemecahan soal tersebut, kita menggunakan informasi yang diberikan (jumlah bagian daging yang diberikan kepada masing-masing hewan) untuk menghitung pecahan yang mewakili bagian daging yang dimakan oleh masing-masing hewan.


Sebagai tambahan, soal ini juga melibatkan kemampuan memahami konsep pembagian secara proporsional, perbandingan pecahan, dan pengurangan untuk menentukan bagian daging yang tersisa untuk singa.


Dengan demikian, soal tersebut dapat dikategorikan sebagai soal matematika yang menguji pemahaman tentang pemecahan dan perbandingan pecahan serta keterampilan dalam menghitung dan membandingkan bilangan pecahan. Demikian artikel kali ini di motorcomcom jangan lupa simak artikel menarik lainnya disini.

Posting Komentar untuk "Bagian daging yang dimakan beruang adalah"