Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangbiakan tumbuhan yang tidak melibatkan campur tangan manusia disebut perkembangbiakan

perkembangbiakan tumbuhan yang tidak melibatkan campur tangan manusia disebut perkembangbiakan - jika kalian ingin tahu jawaban pertanyaan "perkembangbiakan tumbuhan yang tidak melibatkan campur tangan manusia disebut perkembangbiakan" maka silahkan simak saja kunci jawabannya berikut ini ditambah dengan soal lainnya yang berkaitan.

1. perkembangbiakan tumbuhan yang tidak melibatkan campur tangan manusia disebut perkembangbiakan

a. generatif 

b. vegetatif alami 

c. seksual 

d. vegetatif buatan

Jawaban yang benar adalah b. vegetatif alami 

Pembahasan : 

Perkembangbiakan vegetatif alami adalah cara reproduksi tumbuhan yang terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia dan melibatkan organ reproduksi vegetatif tumbuhan, seperti akar, rimpang, umbi, stolon, rizoma, geragih, dan tunas. Beberapa contoh tumbuhan yang melakukan perkembangbiakan vegetatif alami melalui rimpang atau akar adalah tumbuhan pisang dan talas.

 Tumbuhan ini dapat membentuk rumpun baru dari rimpang atau akarnya yang tumbuh di bawah tanah. Begitu rumpun baru tersebut terbentuk, tumbuhan dapat memproduksi daun dan tunas baru yang tumbuh di atas permukaan tanah. Tumbuhan lainnya yang melakukan perkembangbiakan vegetatif alami melalui umbi atau stolon adalah tumbuhan singkong dan strawberry. 


Tumbuhan singkong dapat memproduksi batang dan daun baru dari umbi yang tumbuh di bawah tanah. Sedangkan tumbuhan strawberry dapat membentuk tanaman baru dari stolon yang tumbuh ke arah samping. 

Tumbuhan yang berkembang biak dengan rizoma, seperti jahe, juga dapat melakukan perkembangbiakan vegetatif alami dengan menghasilkan tunas baru dari rizoma yang tumbuh di bawah tanah. Begitu tunas baru tersebut tumbuh menjadi tanaman dewasa, ia dapat membentuk rizoma baru dan memperbanyak diri.


2. Perkembangbiakan tumbuhan secara tidak kawin dengan bantuan manusia disebut perkembangbiakan

a. generatif 

b. vegetatif alami 

c. seksual 

d. vegetatif buatan

Jawaban yang benar adalah d. vegetatif buatan

Pembahasan :

Perkembangbiakan tumbuhan secara tidak kawin dengan bantuan manusia disebut perkembangbiakan vegetatif buatan. Contoh vegetatif buatan adalah stek, okulasi dan lain lain


3.Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar adalah

a. singkong

b. kelapa

c pisang

d. mangga

Jawaban yang benar adalah a. singkong

Pembahasan :

Tumbuhan umbi akar adalah tumbuhan yang menghasilkan umbi di akarnya. Umbi akar adalah bagian akar yang mengalami pembengkakan atau pembesaran dan biasanya digunakan sebagai cadangan makanan. 

Beberapa contoh Tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi akar adalah: Ubi jalar (Ipomoea batatas) Ubi kayu (Manihot esculenta) Singkong (Manihot utilissima) Jahe (Zingiber officinale) Lengkuas (Alpinia galanga) Kunyit (Curcuma longa) Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) Bawang merah (Allium cepa var. aggregatum) Bawang putih (Allium sativum) Wortel (Daucus carota)


4. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan hanya bisa terjadi pada tumbuhan yang memiliki

a. akar

b. daun

c. batang

d. bunga

Jawaban yang benar adalah d. bunga

Pembahasan :

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan hanya bisa terjadi pada tumbuhan yang memiliki organ reproduksi jantan dan betina. Organ reproduksi pada tumbuhan diproduksi pada bagian bunga, yang biasanya terdiri dari kelopak, mahkota, putik, dan benang sari. Organ reproduksi jantan pada tumbuhan disebut stamen, yang terdiri dari tangkai dan benang sari yang menghasilkan serbuk sari. 

Organ reproduksi betina pada tumbuhan disebut putik, yang terdiri dari bakal biji dan tangkai stigma yang menerima serbuk sari yang dihasilkan oleh benang sari. Proses pembuahan terjadi ketika serbuk sari yang dibawa oleh binatang atau angin, menempel pada stigma dan tumbuh ke arah bakal biji untuk membentuk biji baru. Hal ini terjadi pada tumbuhan berbunga (angiosperma) dan sebagian tumbuhan tak berbunga seperti paku-pakuan dan lumut.


5. Salah satu proses perkembangbiakan secara aseksual adalah secara stek. Berikut macam bagian tumbuhan yang dapat dikembangbiakan secara stek adalah .... 

a. bunga,akar, dan daun 

b. buah, akar, dan batang 

c. akar, batang, dan bunga 

d. batang, akar, dan daun ​

Jawaban yang benar adalah d. batang, akar dan daun

Pembahasan :

tumbuhan dapat dikembangbiakan secara stek melalui potongan batang, akar atau daun. Setiap jenis stek memiliki teknik dan cara yang berbeda untuk dilakukan. 

Stek batang: Potongan batang yang sehat dan masih muda dipotong pada bagian ujung dan kemudian ditanam pada media tanam. Beberapa contoh tumbuhan yang dapat diperbanyak melalui stek batang antara lain rose, bougainvillea, dan krisan. 

Stek akar: Potongan akar dipotong pada saat tanaman masih dorman atau tidak aktif tumbuh dan kemudian ditanam pada media tanam yang sesuai. Contoh tumbuhan yang dapat diperbanyak melalui stek akar antara lain mawar liar, kembang sepatu dan jambu biji. 

Stek daun: Daun yang sehat dan masih muda dipotong dan ditanam pada media tanam. Contoh tumbuhan yang dapat diperbanyak melalui stek daun antara lain Kalanchoe, Sansevieria dan Begonia.


6. Tumbuhan yang bukan berkembang biak dengan umbi akar adalah

a. kentang

b singkong

c. jahe

d. jeruk

Jawaban yang benar adalah d. jeruk

Pembahasan :

Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar diantaranya kentang, singkok dan jahe. 


7. Berikut merupakan perkembangbiakan vegetatif secara alami yaitu... 

a. stek, umbi batang, umbi akar, tunas daun, umbi lapis, akar tinggal dan geragih 

b. Tunas, umbi batang, umbi tanah, tunas batang, umbi lapis, akar tinggal dan geragih 

c. Tunas, umbi batang, umbi akar, tunas daun, umbi lapis, akar tinggal dan geragih 

d. Tunas, umbi batang, umbi akar, tunas akar, umbi lapis, okulasi, tinggal dan geragih

Jawaban yang benar adalah c. Tunas, umbi batang, umbi akar, tunas daun, umbi lapis, akar tinggal dan geragih 


8. Salah satu pernyataan berikut yang termasuk perkembangbiakan vegetatif alami adalah …. 

a. Biji mangga tumbuh menjadi pohon 

b. Biji kedelai tumbuh menjadi kecambah 

c. Nur menanam tunas bunga mawar 

d. Rudi menanam kunir dengan membenamkan rhizomanya

Jawabannya adalah d. Rudi menanam kunir dengan membenamkan rhizomanya

Posting Komentar untuk "Perkembangbiakan tumbuhan yang tidak melibatkan campur tangan manusia disebut perkembangbiakan"