Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Honda Vario 125 CBS dan CBS ISS Terbaru

Perbedaan vario 125 cbs dan iss - rasanya tak ada yang tak kenal dengan sepeda motor ini yakni honda vario 125. Bahkan mungkin saja seluruh lapisan masyarakat baik dari kalangan bawah sampai atas tahu akan sepeda motor matic satu ini. Honda vario 125 merupakan slah satu produk yang dijual oleh PT AHM indonesia di tanah air.

Honda Vario 125 menjadi salah satu sepeda motor skuter paling populer di Indonesia karena desainnya yang menarik, performanya yang handal, dan fitur-fitur yang lengkap. Sepeda motor ini juga sangat nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh maupun dalam kota. Motor ini mudah di jumpai di jalanan di indonesia.

PT AHM Indonesia sendiri melepas honda vario 125 dengan beberapa varian di tanah air yakni versi CBS dan CBS ISS. Masyarakat indonesia ditawari dengan varian tersebut mau yang mana yang paling cocok untuk mereka. Namun sebenarnya apa sih perbedaan antara keduanya, perbedaan honda vario 125 cbs dan CBS ISS. Untuk mengetahu perbedaan vario 125 cbs dan iss terlebih dahulu kita ketahui apa itu teknologi cbs dan teknologi iss.

Teknologi CBS

CBS (Combi Brake System) adalah sebuah teknologi pengereman pada sepeda motor yang dikembangkan oleh Honda. Teknologi CBS ini bekerja dengan membagi tenaga pengereman secara merata pada roda depan dan belakang saat pengendara menggunakan tuas rem belakang. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki stabilitas dan kontrol sepeda motor ketika pengereman. 

Dengan menggunakan teknologi CBS, pengendara tidak perlu mengatur pengereman roda depan dan belakang secara terpisah saat melakukan pengereman, sehingga membuat pengereman menjadi lebih mudah dan aman. Ketika tuas rem belakang dioperasikan, teknologi CBS akan menambahkan sedikit tenaga pengereman pada roda depan sehingga sepeda motor lebih stabil saat melakukan pengereman.

Teknologi ISS

ISS (Idling Stop System) adalah teknologi yang biasanya diterapkan pada sepeda motor untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Teknologi ini bekerja dengan mematikan mesin secara otomatis ketika sepeda motor berhenti di lampu merah atau dalam kondisi yang sama sekali berhenti, dan kemudian menghidupkan mesin kembali saat tuas gas diaktifkan oleh pengendara.

 Pada sepeda motor dengan teknologi ISS, saat sepeda motor berhenti, sensor akan mendeteksi posisi tuas gas pada posisi netral dan kemudian mematikan mesin secara otomatis. Saat tuas gas diaktifkan lagi, mesin akan hidup kembali dalam waktu singkat dan sepeda motor siap untuk melaju.

 Teknologi ISS membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang karena mesin tidak berjalan selama sepeda motor berhenti atau dalam keadaan diam. Selain itu, teknologi ISS juga mengurangi kebisingan mesin dan meningkatkan kenyamanan pengendara.

Perbedaan Vario 125 CBS dan CBS ISS

Vario 125 CBS dan ISS adalah dua varian sepeda motor Honda Vario 125 yang memiliki beberapa perbedaan. Berikut adalah beberapa perbedaan antara keduanya: 

Sistem Pengereman

Vario 125 CBS menggunakan sistem pengereman Combi Brake System (CBS), sedangkan Vario 125 BCS ISS menggunakan sistem pengereman ISS (Idling Stop System) dengan CBS. CBS adalah sistem pengereman yang membagi tenaga pengereman secara merata pada roda depan dan belakang saat mengerem, sedangkan ISS adalah sistem yang menghidupkan kembali mesin secara otomatis setelah berhenti untuk menghemat bahan bakar. 

Fitur

Fitur: Vario 125 CBS ISS dilengkapi dengan fitur ISS dan Eco Indicator, sementara Vario 125 CBS tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. Eco Indicator adalah fitur yang membantu pengendara mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dengan memberikan informasi mengenai konsumsi bahan bakar pada layar speedometer. 

Harga

Harga hondaVario 125 CBS ISS memiliki harga yang lebih mahal daripada Vario 125 CBS karena fitur-fitur tambahannya. 

Tampilan

Tampilan Vario 125 CBS ISS sedikit berbeda dari Vario 125 CBS karena adanya tambahan striping dan logo ISS di bodi sepeda motor. Bahkan ada varian Vario 125 CBS ISS Special Color.

Secara keseluruhan, Vario 125 CBS dan Vario 125 CBS ISS sama-sama memiliki mesin 125 cc yang sama, namun memiliki perbedaan pada sistem pengereman, fitur, harga, dan tampilan. Demikian artikel kali ini tentang Perbedaan vario 125 cbs dan iss semoga bisa bermanfaat dan terus ikuti artikel memarik lainnya di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Honda Vario 125 CBS dan CBS ISS Terbaru"