Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oli Mesin yang Digunakan Pada Sepeda Motor adalah

Oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah - pada sepeda motor ada yang namanya oli mesin dan oli gardan. Oli mesin adalah cairan pelumas yang digunakan untuk melumasi dan mendinginkan bagian-bagian mesin pada kendaraan, seperti pada sepeda motor, mobil, truk, dan mesin-mesin lainnya.

Oli mesin terbuat dari campuran bahan dasar minyak mentah dan bahan tambahan lainnya, seperti aditif, detergent, dan dispersant, yang berfungsi untuk memperbaiki performa dan memperpanjang umur pakai oli mesin. 

Oli mesin memiliki beberapa fungsi, di antaranya adalah: 

- Melumasi bagian-bagian mesin, seperti poros engkol, piston, dan katup, sehingga mengurangi gesekan dan keausan antarbagian mesin. 

- Mendinginkan mesin, sehingga mengurangi panas yang dihasilkan oleh gesekan antarbagian mesin. --

- Melindungi bagian-bagian mesin dari korosi dan karat, sehingga memperpanjang umur pakai mesin. 

- Menjaga kebersihan mesin dengan menghilangkan endapan kotoran dan partikel kecil yang dapat merusak mesin.

Penggantian oli mesin sebaiknya dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak 10000 km. jika sudah lebih dari itu pastikan untuk menggantinya agar mesin tidak rusak. oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah SAE ( kekentalan )kisaran SAE 10W -40, SAE 15W-40 , SAE 15W - 50 , SAE20W- 40. Kekentalan minyak pelumas yang digunakan untuk mesin umumnya adalah seperti itu tadi SAE 10W -40, SAE 15W-40 , SAE 15W - 50 , SAE20W- 40.

Bagi yang belum tahu tulisan SAE (Society of Automotive Engineers) adalah standar internasional yang digunakan untuk menentukan viskositas atau kekentalan oli. Kekentalan merupakan kemampuan suatu cairan untuk mengalir dan digunakan untuk mengukur seberapa mudah atau sulit oli mengalir pada suhu tertentu.

SAE menetapkan standar untuk menentukan kekentalan atau viskositas oli pada suhu dingin dan suhu panas. Standar ini digunakan di seluruh dunia untuk mengklasifikasikan oli mesin, oli transmisi, dan oli lainnya. 

Contohnya, pada klasifikasi SAE 10W-40, 

- pertama (10W) menunjukkan viskositas oli pada suhu dingin, di mana "W" berarti "winter" atau musim dingin. Semakin rendah angka pertama, semakin mudah oli mengalir pada suhu dingin.

 - Sedangkan angka kedua (40) menunjukkan viskositas oli pada suhu panas atau operating temperature, di mana semakin tinggi angka kedua, semakin kental oli pada suhu panas.

arti 10w-40 pada oli motor bahwa oli tersebut pada saat mesin dingin kekentalannya 10 derajat dan ketika panas suhunya mencapai 40 derajat.

arti 15w-50 pada oli motor bahwa oli tersebut pada saat mesin dingin kekentalannya 15 derajat dan ketika panas suhunya mencapai 50 derajat.

arti 15w-40 pada oli motor bahwa oli tersebut pada saat mesin dingin kekentalannya 15 derajat dan ketika panas suhunya mencapai 40 derajat.

arti 20w - 40 pada oli motor bahwa oli tersebut pada saat mesin dingin kekentalannya 20 derajat dan ketika panas suhunya mencapai 40 derajat.

Dari informasi diatas diketahui bahwasanya perbedaan 10w-40 dengan 15w-40 ada di suhu saat dingin dimana 10w-40 pas dingin suhunya 10 derajat dan 15w-40 pas dingin suhunya 15 derajat. Setiap spesifikasi oli diperuntukkan untuk mesin yang berbeda misalnya saja oli 10w-40 itu cocoknya untuk mesin motor yang belum berumur 5 tahunan, sementara oli 20w - 40 cocok untuk mesin yang lebih dari 5 tahun. SAE Oli motor Honda biasanya dikisaran itu.

Oli gardan (differential oil atau gear oil) adalah jenis oli pelumas yang digunakan pada sistem gardan kendaraan, seperti pada mobil, truk, bus, dan kendaraan berat lainnya. Sistem gardan merupakan bagian penting pada kendaraan yang berfungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda kendaraan dengan menggunakan gigi atau gear yang terdapat pada sistem gardan. 

Oleh karena itu, oli gardan berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan gigi atau gear pada sistem gardan, sehingga mengurangi gesekan antarbagian dan melindungi bagian-bagian gardan dari keausan dan kerusakan. 

Oli gardan biasanya lebih kental atau lebih pekat daripada oli mesin, karena suhu operasi pada sistem gardan lebih tinggi dan tekanan pada gigi atau gear lebih besar. Oli gardan terdiri dari bahan dasar minyak mentah yang dicampur dengan bahan tambahan lainnya, seperti aditif, antifoam, dan friction modifier, yang berfungsi untuk memperbaiki performa dan memperpanjang umur pakai oli gardan.

oli gardan atau oli transmisi biasanya menggunakan kekentalan SAE90 sampai 140. Kapan harus ganti oli gardan? Oli gardan sebaiknya diganti jika sudah mencapai pemakaian 2 tahun atau 40000 km.

Posting Komentar untuk "Oli Mesin yang Digunakan Pada Sepeda Motor adalah"