Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepanjangan CC Motor adalah

Kepanjangan cc motor - mungkin kita pernah pas mau beli sepeda motor atau misalkan cuma melihat spesifikasinya kita akan disuguhi beberapa informasi termasuk salah satunya adalah mesin. Mesin sepeda motor biasanya dituliskan dengan sebuah angka dan ada tanda "cc". Misalnya saja honda beat. bisa diketahui bahwasanya motor matic honda ini mesinnya juga ada tulisan cc.

Bagi yang belum tahu, cc motor Beat adalah 108,2 sampai 110 cc. Nah ada tulisan cc nya kan? jadi sebenarnya apa maksud tulisan cc itu? cc itu singkatan dari apa?. kepanjangan cc motor itu apa? pasti ada yang bertanya seperti itu juga. Baiklah jika kalian ingin tahu, kepanjangan cc motor adalah cubicle centimeter. ( cm3 ).

Kepanjangan cc motor atau mobil adalah cubicle centimeter dengan kode cc atau cm3. Cubicle Centimeter atau cc ini mengacu pada kapasitas mesin motor dalam ukuran volume silinder mesin motor. atau bisa dibilang juga sebagai volume ruang silinder yang berada di dalam mesin pembakaran. Yang mana semakin besar kapasitas mesin motor, semakin tinggi pula kapasitas CC-nya. 


Cc motor akan mempengaruhi kapasitas ruang bakar yang tersedia disebuah kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil. Semakin kecil cc motor ini berarti udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar terbatas alhasil torsi dan tenaga yang keluar tidak terlalu besar. 

Sebaliknya, Semakin besar cc motor maka akan lebih banyak kapasitas udara yang masuk ke dalam ruang bakar yang mana tentunya akan membuat bahan bakar yang dibakar lebih banyak dan berdampak pada torsi dan tenaga yang dihasilkan lebih besar. 

Cc ini jelas mempengaruhi tenaga dan torsi yang akan dikeluarkan mesin, tapi apakah cc motor mempengaruhi kecepatan sebuah sepeda motor atau mobil? jawabannya bisa dikatakan iya juga, meskipun kecepatan sebuah sepeda motor ditentukan oleh berbagai hal, namun cc motor bisa juga mempengaruhi dalam hal kecepatannya. 

Fungsi cc pada motor

Fungsi CC (Cubic Centimeter) pada motor adalah sebagai indikator kapasitas mesin motor dalam ukuran volume silinder. Semakin besar kapasitas mesin motor, semakin tinggi pula kapasitas CC-nya. Dalam dunia otomotif, CC sering digunakan sebagai ukuran standar untuk menentukan performa dan daya yang dihasilkan oleh mesin motor. 

Semakin besar kapasitas mesin, semakin banyak udara dan bahan bakar yang bisa dihisap dan terbakar di dalam mesin, sehingga akan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Dalam hal ini, kapasitas CC menjadi faktor penting dalam menentukan kekuatan mesin motor dan kemampuan motor untuk menangani beban dan kecepatan tertentu.

Macam macam cc motor

Dalam perkembangan dunia sepeda motor, cc motor itu sudah ada beberapa namun sebenarnya cc motor itu sendiri tergantung dari pembuat atau pabrikannya mau membuat sepeda motor dengan cc berapa. Macam macam cc motor diantaranya 50cc, 70cc, 110 cc, 125cc, 150 cc, 200cc, 250cc, 300cc, 400cc, 500cc, 600cc, 1000cc, bahkan 1800cc juga ada. Namun seperti yang sudah dibilang tadi, bahwasanya cc motor tergantung dari produsen /pabrikannya.

Beberapa contoh sepeda motor dengan ukuran cc nya:

- Suzuki RK67 cc motornya 50cc

- Honda Beat cc motornya 110cc

- Yamaha R15 cc motor nya 150cc

- Kawasaki Ninja 250 cc motornya 250cc

- Kawasaki Ninja 300 cc motor nya 300cc

- Honda CBR400R cc motor nya 400cc

- Honda CB500X   cc motornya 500cc

- Yamaha R6 cc motor nya 600cc

- Ducati Panigale V4 cc motornya 1000cc

- Harley-Davidson CVO Limited cc motornya 1868 cc

dan lain lain. Banyak sekali varian sepeda motor yang ada di dunia ini dengan kapasitas mesin atau cc nya yang berbeda beda. Sekedar informasinya saja cc motor tertinggi di dunia dimiliki oleh Harley-Davidson CVO Limited yang mana memiliki kapasitas cc mesin 1868 cc. 

Demikian artikel kali ini tentang kepanjangan cc motor itu apa. Semoga bisa menjadi referensi buat kalian seputar dunia otomotif. oh ya untuk kepanjangan cc air yakni centimeter cubic agar mirip sama cc mesin motor atau mobil. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya yang bisa kalian temukan di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Kepanjangan CC Motor adalah"