Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Nopol Kendaraan

Cara mengecek nopol kendaraan - apakah kalian ingin mengecek nopol atau nomor polisi kendaraan? mungkin saja iya kan. Mengcek nopol kendaraan itu sendiri bisa karena beberapa alasan. Ada beberapa tujuan mengapa seseorang ingin mengecek plat nomor kendaraan, di antaranya: 

a. Verifikasi keabsahan kendaraan: dengan mengecek plat nomor kendaraan, seseorang dapat memastikan keabsahan kendaraan dan memastikan bahwa kendaraan tersebut tidak dicuri atau melanggar hukum. 

b. Cek pajak kendaraan: plat nomor kendaraan juga dapat digunakan untuk memeriksa status pembayaran pajak kendaraan. Hal ini berguna bagi pembeli kendaraan bekas yang ingin memastikan bahwa kendaraan yang akan dibelinya sudah terdaftar dan memiliki pajak yang terbayar. 

c. Cek tilang atau pelanggaran: jika seseorang menerima surat tilang atau pernah melanggar lalu lintas, nomor plat kendaraannya akan tercatat dalam sistem tilang. Dengan mengecek plat nomor kendaraan, seseorang dapat memastikan apakah kendaraannya pernah melanggar atau menerima tilang. 

d. Keamanan: mengecek plat nomor kendaraan juga dapat digunakan untuk tujuan keamanan, seperti untuk melacak kendaraan yang hilang atau dicuri, atau untuk memastikan keamanan diri ketika mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas. 

e. Mengetahui informasi kendaraan: dengan mengecek plat nomor kendaraan, seseorang juga dapat memperoleh informasi tentang kendaraan seperti tahun produksi, merk dan tipe kendaraan, dan data teknis kendaraan lainnya.


Bagi yang belum tahu, Nomor polisi kendaraan adalah kombinasi huruf dan angka yang digunakan sebagai identitas kendaraan bermotor. Nomor polisi kendaraan ini biasanya terpasang pada bagian depan dan belakang kendaraan.

Serta dapat digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan tersebut dan memastikan keabsahannya. Di Indonesia, nomor polisi kendaraan juga dapat memberikan informasi mengenai wilayah asal kendaraan, nomor urut kendaraan, dan kode unik kendaraan.

Ada beberapa cara mengecek nopol kendaraan atau cara mengecek pemilik kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil. Cara cek kepemilikan kendaraan diantaranya

1. Datang langsung ke SAMSAT

Cara pertama yang bisa kalian tempuh untuk mengecek nopol kendaraan yakni pergi ke SAMSAT terdekat. Samsat adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, yang merupakan suatu sistem administrasi dan pelayanan perpajakan kendaraan bermotor di Indonesia. 

Samsat dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan RI dan bertugas mengumpulkan pajak kendaraan bermotor dan melayani pendaftaran kendaraan baru, perpanjangan pajak kendaraan, mutasi kendaraan, dan penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). 

Samsat memiliki banyak kantor pelayanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan adanya Samsat, masyarakat dapat membayar pajak kendaraan secara mudah dan efisien serta memperoleh pelayanan administrasi kendaraan bermotor yang lebih terpadu. 

Hal ini juga dapat membantu pemerintah dalam mengumpulkan pendapatan pajak yang diperlukan untuk pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik lainnya. cara mengecek nopol kendaraan yang ingin kalian ketahui bisa pergi ke SAMSAT terdekat di kota kalian. 

2. Cek Online Website Resmi

Cara mengecek nopol kendaraan berikutnya yakni kalian bisa cek lewat Website resmi SAMSAT yakni https://e-samsat.id/. 


ketika kalian membuka situsnya akan ada beberapa pilihan yang mesti kalian isi untuk mengecek nopol kendaraan diantara 

- Kode Plat

- Nomor

- Seri

- No rangka

- Provinsi


Isi form yang disediakan sesuai dengan data yang kalian miliki,setelah itu tinggal klik "Cek Sekarang ".

Setelah itu kalian akan mendapatkan informasi mengenai nopol kendaraan kalian. Cara ini bisa dipakai untuk berbagai daerah, misalkan cek plat nomor online Jakarta, cek plat nomor Online Jateng, Cek plat nomor Online Jawa barat dan lainnya, bisa lewat website tersebut. Karena memang menyediakan pilihan provinsi. Samsat cek nopol atau e-samsat cek plat nomor lewat website cenderung mudah dan gampang.

3. Via Aplikasi

cara mengecek nopol kendaraan berikutnya yakni dengan menggunakan aplikasi . Cek plat nomor online yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunkan aplikasi lewat hp. Aplikasinya bisa kalian download dengan mudah di hp android kalian atau iphone. Diantara aplikasi cet plat nomor yang bisa kalian coba antara lain:

Aplikasi cek plat nomor

- Sambara. 

- Sakpole 

- e-Samsat Jateng. 

- e-Smart Samsat Jatim. 

- Peluit Ditlantas Polda Aceh. 

- Cek Ranmor dan Pajak DKI Jakarta. 

- e-Dempo Samsat Online Sumsel. 

- Samsat Delivery NTB. 

- ESamsat KEPRI.


4. Via SMS

Cara berikutnya yakni dengan menggunakan SMS. 

- DKI Jakarta: ketik Info(spasi)RANMOR(spasi)Nomor plat kendaraan lalu kirim ke 8893

- Jawa Tengah: ketik JATENG(spasi)Nomor plat kendaraan lalu kirim ke 9600 

- Jawa Timur: ketik JATIM(spasi)Plat nomor kendaraan lalu kirim ke 7070 

- DI Yogyakarta: ketik DIY(spasi)Nomor plat lalu kirim ke 99600 

- Sumatera Barat: ketik PKB#Huruf depan plat nomor(spasi)Plat nomor(spasi)Huruf belakang plat nomor lalu kirim ke 08116941555 

- Sumatera Utara: ketik PAJAK(spasi)Nomor plat kendaraan(spasi)Warna plat kendaraan lalu kirim ke 3699 atau *363*117# > Polda Sumut > Info Pajak 

- Kepulauan Riau: ketik KEPRI(spasi)Nomor plat kendaraan lalu kirim ke 9969 

- Nusa Tenggara Timur : ketik SAMSAT(spasi)Nomor plat kendaraan(spasi)5 digit terakhir nomor mesin kendaraan lalu kirim ke 3130

Namun, untuk melakukan pengecekan ini Anda akan dikenakan biaya sesuai dengan tarif yang ditetapkan oleh operator telekomunikasi Anda. Pastikan juga bahwa nomor telepon Anda terdaftar dalam daftar nomor yang diizinkan untuk melakukan pengecekan melalui SMS. Beberapa layanan SMS pengecekan plat nomor juga hanya tersedia di beberapa daerah atau wilayah tertentu di Indonesia.

Demikian artikel sederhana mengenai cara mengecek nopol kendaraan di kesempatan kali ini. Semoga bisa membantu dan bermanfaat buat kalian semua. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di motorcomcom, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Nopol Kendaraan"