Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Bukan Elemen Dari Dimensi Bernalar Kritis Adalah

yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah - pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pertanyaan "yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah?"Yang tentunya pertanyaan ini adalah pertanyaan yang mungkin ada disoal ujian atau pun ulangan bagi mereka yang masih berstatus sebagai pelajar ataupun mahasiswa.

Baiklah langsung saja kita bahas jawaban dari pertanyaan yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah?" Berikut ini adalah soal lengkap dari pertanyaan tersebut dengan beberapa pilihan jawabannya 

yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah..............

a. Memperoleh dan memproses informasi gagasan yang didapatkan

b. Memverifikasi penelusuran informasi

c. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

d .Refleksi pemikiran dan proses berpikir

Jawaban yang benar adalah b. memverifikasi penelusuran informasi

Jadi bisa ketahui bahwa yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah memverifikasi penelusuran informasi.

Bagi yang belum mengetahuinya, berpikir kritis adalah ebuah tindakan menanggapi informasi yang kita terima dengan melakukan petimbangan pada berbagai aspek dari informasi yang didapatkan tersebut. Berpikir kritis sebaiknya atau harus dilakukan semua orang ketika mendapatkan sebuah informasi. Hal ini supaya tidak terjadi kesalahan informasi. Dengan berpikir kritis seseorang dituntut untuk melihat informasi secara utuh.


Dalam berpikir kritis yang perlu diperhatikan dalam mendapatkan informasi bukan saja aspek atau hal yang mendukung informasi tersebut saja , namun juga perlu mempertimbangkan berbagai aspek yang justru mungkin tidak memebenarkan informasi tersebut. Orang yang punya pikiran kritis tidak akan mudah termakan isu ataupun hoax.

Contoh diantara berpikir kritis, adalah misalnya seseorang ingin membeli sebuah ponsel..maka ia mencari berbagai macam ponsel, yang bagus yang mana, yang harganya seusia yang mana. Jadi penuh dengan petimbangan. Kemudian misalkan ada berita seseorang artis yang mungkin dikabarkan digosipkan sesuatu yang tida baik, maka ia tidak langsung menerimanya mentah mentah tapi melakukan penyelidikan dahulu informasi itu benar atau salah. Dan lain lainnya.

Selain pertanyaan "Yang Bukan Elemen Dari Dimensi Bernalar Kritis Adalah" ada beberapa pertanyaan lainnya yang mungkin akan berguna

a) berikut adalah elemen dari dimensi kreatif, kecuali

a. Menghasilkan gagasan yang orisinil

b. Mengevaluasi hasil karya dan tindakan yang orisinal

c. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil

d. Memiliki keluwesan berfikir dalam mencari alternative solusi permasalahan


Jawaban pertanyaan tersebut adalah b. Mengevaluasi hasil karya dan tindakan yang orisinal

Sobat semuanya, Elemen dari dimensi kreatif  diantaranya adalah

  • Menghasilkan gagasan yang orisinil
  • Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil
  • Memiliki keluwesan berfikir dalam mencari alternative solusi permasalahan

Tadi merupakan soal dan jawaban Jawaban Post Test Modul 7 Profil Pelajar Pancasila


a). Selanjutnya ada Latihan pemahaman Modul 6 Profil Pelajar Pancasila serta Jawaban refleksi Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis dan j awaban refleksi Modul 6 Profil Pelajar Pancasila. Berikut Post Test Dimensi Kreatif dan Kunci Jawaban Dimensi Kreatif nya.

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Dimensi Bernalar Kritis

Latihan Pemahaman : Berikut adalah cara yang tidak efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada murid yaitu ...

Jawab : Membiasakan murid menghafal teori dan informasi yang didapat


Cerita Reflektif : Apakah Ibu/Bapak pernah memiliki perubahan pandangan terhadap sesuatu? Kenapa perubahan pandangan itu terjadi?

Jawab : Pernah. Perubahan pandangan akan terjadi jika hal itu baik bukan hanya untuk diri sendiri melainkan untuk orang lain yang dalam hal ini adalah murid.

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Elemen dalam Dimensi Bernalar Kritis

Latihan Pemahaman :


1. Salah satu bagian dari elemen memperoleh dan memproses informasi pada diri murid adalah kemampuan murid untuk mengajukan pertanyaan yang tepat.
Jawab : Benar


2. Menurut alur pekermbangannya, membiasakan murid untuk menjelaskan alasan yang relevan dan akurat dalam kesimpulan yang dibuatnya dapat dimulai pada jenjang...
Jawab : SMP


3. Kemampuan merefleksikan pemikiran dan proses berpikirnya akan membantu pelajar Indonesia untuk...
Jawab : Semua benar

Cerita Reflektif : Apakah Ibu/Bapak pernah memiliki perubahan pandangan terhadap sesuatu? Kenapa perubahan pandangan itu terjadi?

Jawab : Pernah. Perubahan pandangan akan terjadi jika hal itu baik bukan hanya untuk diri sendiri melainkan untuk orang lain yang dalam hal ini adalah murid

b). Berikut ini soal yang terdapat pada cerita reflektif Profil Pelajar Pancasila Modul 7 mengenai dimensi kreatif.

bagaimana pemahaman ibu/bapak guru tentang 'kreatif' sebelum dan setelah menyimak video ini?

Jawaban:

Sebelumnya, saya berfikir bahwa kreatif hanya berupa karya atau benda yang diciptakan oleh murid, setelah saya menyimak video ini ternyata kreatif memiliki beragam bentuk seperti menghasilkan ide yang orisinal hingga keluwesan dalam mendapatkan solusi dan jawaban alternatif.


Demikian artikel singkat mengenai jawaban dari pertanyaan Yang Bukan Elemen Dari Dimensi Bernalar Kritis Adalah. Semoga bisa berguna dan bermanfaat buat semuanya, terutama sobat motorcomcom semuanya. Namun perlu diingat ini cuma referensi saja ya. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk terus ikuti informasi dan artikel menarik lainnya hanya disini.

Posting Komentar untuk "Yang Bukan Elemen Dari Dimensi Bernalar Kritis Adalah"