Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tindakan Heroik Pemuda dan BKR Lampung Ditujukan Untuk

Tindakan heroik pemuda dan bkr lampung ditujukan untuk - tindakan heroik berhubungan dengan tindakan kepahlawanan yakni berjuang dengan gigih dan penuh pengorbanan. Tindakan heroik dalam hal ini adalah dalam berjuangan menjaga kedaulatan negara indonesia setelah masa kemerdekaan. Tindakan heroik dilakukan contohnya di lampung.

Tindakan heroik pemuda dan BKR Lampung ditujukan untuk merebut a gudang amunisi di Aceh, menduduki kantor pemerintahan ataukah membentuk pemerintahan Republik indonesia. Apakah semua itu? tentu bukan Tindakan Heroik Pemuda dan bkr Lampung Ditujukan Untuk melucuti persenjataan yang dimiliki oleh tentara jepang.

Tindakan heroik adalah tindakan kepahlawanan yang bertujuan untuk mengusir sisa sisa penjajahan di bumi nusantara. Tindakan heroik yang dilakukan oleh para pemuda dan BKR di lampung yakni berhasil melucuti senjata milik jepang diteluk betung, kalianda dan manggala.

Tindakan heroik memang sangat diperlukan dan penting sekali. Apalagi setelah masa proklamasi kemerdekaan. Meskipun proklamasi kemerdekaan sudah dikumandangkan namun bukan berarti indonesia sudah bebas dari segalanya. Tindakan heroik mendukung Proklamasi kemerdekaan Indonesia terutama berupa upaya untuk menjaga dan menegakkan kedaulatan di daerah masing masing  Agar tidak jatuh lagi ke tangan penjajah.


Masih banyak sisa penjajahan di berbagai belahan bumi pertiwi, bahkan belanda yang pernah menjajah pun punya keinginan buat menguasai kembali indonesia. Belanda ini menjalin kerjasama dengan sekutu buat balik ke tanah air. Belanda ini dengan sekutu sekutunya  membentuk sebuah aliansi yang bernama NICA.

Kedatangan tentara nica ke indonesia bertujuan untuk titik-titik indonesia kembali yakni kedatangan tentara nica ke indonesia bertujuan untuk menegakkan kembali kekuasaan pemerintahan kolonial belanda di bumi pertiwi. Nica singkatan dari (Netherlands Indies Civil Administration) yang mana mempunyai keinginan untuk berkuasa kembali di indonesia dengan bantuan Amerika serikat atau sekutu.

NICA sendiri dibentuk oleh belanda di australia pada tanggal 3 april 1944. Kapan nica datang ke indonesia atau ke tanah air? yakni belanda mulai melakukan pemantauan ke indonesia pada tanggal 8 september 1945. Lalu di tanggal 16 september 1945 rombongan perwakilan sekutu sampai ke indonesia dan dipimpin oleh Laksamana Muda WR.

Pada awalnya sekutu datang ke indonesia itu, wah disambut dengan baik sama orang indonesia. Karena dianggap sebagai penyelamat dan pembawa perdamaian yang mana setelah sebelumnya di jajah sama jepang. Namun lambat laun ternyata diketahui bahwa sekutu ini diboncengi sama NICA alias belanda, jadi setelah itu masyarakat indonesia menjadi tidak suka dengan sekutu.

Nica sendiri bisa keluar dari indonesia itu tak mudah, bahkan indonesia berupaya keras untuk hal itu. Indonesia bahkan mesti melibatkan dunia internasional untuk menyelesaikan permasalaha indonesia sama belanda. Namun meskipun penuh perjuangan keras, akhirnya indonesia bisa bebas dari para penjajah.

Tindakan heroik oleh masyarakat indonesia bukan cuma terjadi di lampung saja, daerah daerah lainnya juga turut berjuang. Contohnya di surabaya, tindakan heroik rakyat Surabaya untuk menegakkan kedaulatan RI 1 Oktober 1945 adalah menyerang lapangan udara morokrembangan dan kamp interniran yang berada di daerah pemukiman darmon, serta mengepung markas Kempetai dan angkatan darat jepang. 

Selanjutnya ada tindakan heroik yang terjadi di sumbawa yakni terjadinya bentrokan antara pemuda indonesia dengan jepang yang terjadi di sape, rama dan gempe. Di kalimantan tindakan heroik contohnya dilakukan dengan mengibarkan bendera merah putih dan mengadakan berbagai rapat rapat. Tindakan heroik di bandung yakni mereka membakar rumah rumah pribadinya sepanjang jalan pengungsian bandung dan aksi ini dikenal sebagai bandung lautan api.

Tindakan heroik di yogyakarta yakni dengan cara para pegawai indonesia di instansi milik jepang melakukan mogok kerja dan meminta supaya semua kantor yang dikuasai jepang dikembalikan ke indonesia. Dan masih banyak lagi tindakan heroik di indonesia. Menyimak berbagai hal ini, kita sebagai penerus bangsa sebaiknya tak lupa untuk menghargai jasa jasa para pahlawan dan senantiasa menjaga kemerdekaan & kedaulatan negara republik indonesia.

Posting Komentar untuk "Tindakan Heroik Pemuda dan BKR Lampung Ditujukan Untuk"