Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tatakrama Basa Sunda Sacara Gurat Badagna Diwangun ku

Tatakrama basa sunda sacara gurat badagna diwangun ku - mungkin bagi yang mengerti bahasa sunda akan langsung tahu apa arti kata tersebut. Namun beda sama orang yang tak tahu bahasa sunda pasti berpikir keras apa maksud dari kalimat itu.Tatakrama basa sunda sacara gurat badagna diwangun ku itu sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia yakni "tata krama bahasa sunda secara garis besar terdiri dari".

Nah setelah tahu arti dari kalimat "Tatakrama basa sunda sacara gurat badagna diwangun ku " yakni tata krama bahasa sunda secara garis besar terdiri dari" pasti langsung paham apa yang dimaksud. Kali ini kita akan membahasa atau mengenal lebih dalam tentang tata krama yang ada di bahasa sunda. Bahasa sunda sendiri termasuk salah satu bahasa dari berbagai macam bahasa yang ada di indonesia.

Tatakrama dalam bahasa memiliki manfaat. Manfaat atau gunanya tatakrama bahasa termasuk bahasa sunda ini adalah menjadi lebih menghormati dan juga menghargai orang lain. Jika kalian belum tahu kata tata artinya aturan, sementara krama artinya sopan santun. Jadi tata krama adalah aturan sopan santun, yang jelas saat berinteraksi dengan orang lain.

Mengapa harus memiliki tatakrama dalam kehidupan ini? tatakrama penting karena bisa menjadikan pribadi itu disegani, dihormati. Kemudian tatakram juga bisa memudahkan hubungan interaksi dengan orang lain.dan tatakram juga bisa membuat seseorang mejadi lebih percaya diri atau yakin dalam berbagai situasi.

Tatakrama basa Sunda maksudna pikeun? tatakrama basa sunda maksudna silih ajinan, nyaeta silih ajenan atawa sopan santun dina cacarita. Atau jika di terjemahkan dalam bahasa indonesia " tata krama bahasa sunda maksudnya untuk? tata krama bahasa sunda maksudnya untuk saling menghargai yakni saling menghormati / menghargai atau sopan santun dalam berbicara ( mengobrol ).

Tatakrama basa Sunda baheula mah disebut undak usuk basa sunda ( tatakrama bahasa sunda dulu disebut undak usuk basa sunda ).  Tatakrama basa sunda sacara gurat badagna diwangun ku :

1. Basa Hormat ( bahasa penghormatan )

2. Basa Loma ( bahasa akrab )


1). Ragam basa hormat dibagi lagi menjadi 2 yakni basa hormat ka batur dan basa hormat ka sorangan. 

a.basa hormat ka batur adalah bahasa yang digunakan untuk menceritakan orang lain atau berbicara dengan orang yang usianya lebih tua.

b. basa hormat ka sorangan adalah bahasa yang digunakan untuk menceritakan diri sendiri atau orang lain yang usianya sama atau dibawahnya.


2) Basa Loma adalah bahasa yang biasa digunakan kepada orang sudah akrab atau umurnya dibawah.


Kemudian dalam kosakata yang digunakan dalam bahasa sunda, secara linguistik berdasarkan fomalitas itu ada 7 kosakata:

  1. Lemes pisan
  2. Lemes
  3. Lemes enteng
  4. Sedeng
  5. Lemes Dusun
  6. Panengah
  7. Loma


Contoh soal : 

a). "Kuring kakara balik ti sakola dirobah jadi ragam basa hormat?

 Kuring kakara balik ti sakola          =           abdi nembe wangsul ti saloka


b), Basa bapa kuring datang kuring keur ngadengekeun radio ragam basa hormatna

bapa kuring datang kuring keur ngadengekeun radio  =   Waktos pun bapa sumping, sim kuring nuju ngupingkeun radio

Demikian artikel mengenai Tatakrama basa sunda sacara gurat badagna diwangun ku yang mana semoga saja bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semuanya. Terima kasih sudah berkunjung ke motorcomcom dan jangan lewatkan informasi menarik lainnya yang ada di sini.

Posting Komentar untuk "Tatakrama Basa Sunda Sacara Gurat Badagna Diwangun ku"