Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan STNK Asli dan Palsu

Perbedaan stnk asli dan palsu - bagi yang punya kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil tentunya memiliki yang namanya STNK. STNK atau singkatan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan yang merupakan surat penting sekali dkarena sebagai bukti legitimasi resmi buat pemilik kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil.

Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK sendiri perlu dilakukan perpanjangan setiap tahun sekali dengan total Perpanjangan STNK 5 tahun. Setelah 5 tahun nanti akan diganti kertasnya menjadi yang baru. Jangan sampai tidak memperpanjang STNK apalagi tidak Perpanjang STNK mati 5 tahun an. Bisa susah nantinya.

STNK beneran penting sekali, bahkan ini dibuktikan misalnya kita naik motor atau mobil dijalan raya, kalau ditanya ternyata tidak bisa menunjukkan alias tidak membawa STNK kita bisa kena tilang dan di denda. Yang tidak bawa saja seperti itu, apalagi jika STNK hilang tentu malah lebih merepotkan lagi jadinya.

Namun meskipun STNK penting sekali, namun terkadang ada sepeda motor atau mobil yang tak punya STNK. Mengapa bisa ya? hal itu mungkin bisa karena hilang atau bisa disebabkan hal lainnya. Perlu diketahui jika saking pentingnya STNK sampai bisa mempengaruhi harga sepeda motor atau mobil atau kendaraan lainnya.

Misalnya di sepeda motor, jika sepeda motor tak punya STNK dijual harganya lebih murah dibandingkan yang punya STNK. Bahkan jika sepeda motor tersebut punya tipe sama, tapi kalau yang satu tak punya STNK nya jadi lebih murah. Salah satu sebab inilah mengapa, terkadang ada orang atau oknum tertentu yang melakukan kecurangan yakni dengan membuat STNK palsu.

Mungkin STNK palsu cenderung jarang dijumpai, namun bukan berarti tidak ada. Karena kasus STNK palsu dan Jasa STNK palsu juga sudah ada di indonesia. Nah, karena hal itu lah setidaknya perlu pengetahuan untuk bisa membedakan antara STNK asli sama STNK palsu. Berikut perbedaan STNK asli dan palsu.


Perbedaan STNK Asli dan Palsu

1. Hologram

Perbedaan STNK asli dan palsu yang pertama adalah di bagian hologramnya. Hologramnya sendiri bisa kalian lihat di bagian kanan atas STNK. Hologramnya berupa lambang polisi lalu lintas polri dan tulisan STNK. Untuk yang asli hologram tersebut warnanya Abu abu dan saat diterawang tidak berubah warna. Berbeda sama STNK yang palsu yang jika diterawang warnanya berubah menjadi kuning.

2. Barcode

Perbedaan STNK asli dan palsu yang kedua ada di bagian barcode. Barcode ini letaknya disebelah hologram atau di bagian data pemilik. Jika yang STNK asli saat di scan barcodenya akan mengeluarkan informasi. Sementara untuk STNK palsu saat di scan tidak memberikan informasi apa apa. Untuk scan barcode nya sendiri bisa dilakukan di kantor SAMSAT terdekat di kota kalian.

3. Lubang Tipis STNK

Perbedaan STNK asli dan palsu yang ketiga adalah untuk STNK yang asli biasanya terdapat lubang tipis yang berjumlah 50 yang mana jika dihubungkan akan membentuk kata STNK. Untuk STNK yang palsu tidak terdapat hal ini.

4. Kertas dan Tinta

Untuk STNK yang asli menggunakan kertas khusus dan tinta yang istimewa yang mana jika terkena air tidak akan mudah luntur. Sementara untuk STNK palsu kertasnya biasa dan mudah luntur jika terkena air.


Selain cara tersebut diatas kalian juga bisa mengecek STNK asli atau palsu dengan cara online. Cara cek STNK asli online yakni mengunjungi situs resmi samsat di e-samsat.id. Atau jika lebih praktis lagi cek STNK online kalian bisa menggunakan aplikasi e-samsat di hp android atau iphone. Caranya download saja aplikasi tersebut dan ikut langkah langkah yang diberikan termasuk data data yang diperlukan untuk pengecekan.

Demikian artikel sederhana mengenai perbedaan STNK asli dan palsu pada kesempatan kali ini. Semoga bisa menjadi referensi dan berguna bagi kalian semuanya. Oh ya untuk Gambar STNK Mobil agak mirip dengan STNK motor, namun tentunya berbeda. Terima kasih dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya yang ada di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Perbedaan STNK Asli dan Palsu"