Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peradaban Hindu Dengan Mudah Diterima Oleh Masyarakat Indonesia Karena Apa?

Peradaban hindu dengan mudah diterima oleh masyarakat indonesia karena - Tak bisa dipungkiri bahwasanya ada beberapa agama yang ada di indonesia. Contohnya adalah agama hindu dan agam budha. Meskipun saat ini mungkin agama ini tak terlalu besar namun dahulu agama ini yang mayoritas orang indonesia. Lantas faktor yang menyebabkan agama dan kebudayaan hindu budha bisa diterima di indonesia?

Faktor yang menyebabkan agama dan kebudayaan hindu budha bisa diterima di indonesia diantara yakni saat itu masyarakat indonesia masih belum mengenal agama, ajaran hindu-budha itu cenderung mirip dengan kepercayaan yang sudah ada di indonesia. Bangsa indonesia sendiri memilki sifat yang cenderung ramah termasuk pada pendatang dari luar negeri. Kemudian juga Pengaruh dari penguasa yang ada di aman tersebut.

Peradaban hindu dengan mudah diterima oleh masyarakat indonesia karena terdapatnya persamaan / hampir mirip antara kebudayaan hindu dengan kebudayaan yang ada di indonesia. Dan ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa agama hindu lebih banyak berkembang di indonesia. Yakni mirip sehingga mudah diterima. Terlebih lagi saat itu masyarakat indonesia masih belum punya agama yakni kepercanyaan roh nenek moyang saja.

Salah satu bukti bahwa bangsa indonesia telah mendapat pengaruh budaya hindu-budha adalah dalam bidang pemerintahan yakni dengan lahirnya kerajaan kerajaan yang bercorak hindu budha di indonesia. Itu merupakan bukti nyata bahwa indonesia telah mendapat pengaruh budaya hindu budha.Yang mana awalnya indonesia pemerintahannya bersistem kesukuan dan kerakyatan dan berubah menjadi sistem kerajaan.

Kerajaan bercorak hindu di indonesia yang pertama kali adalah kerajaan kutai, Kemudian disusul oleh kerajaan tarumanegara, kerajaan holing, pemerintahan melayu, kerajaan sriwijaya, mataram kuno, kerajaan kediri, kerajaan wangsa isyana dan kerajaan majapahit, 

Pengaruh budaya hindu budha juga tidak hanya melakukan ubahan di bidang pemerintahan, namun di bidang lainnya termasuk keagamaan. Pengaruh kebudayaan hindu budha pada bidang keagamaan di indonesia yakni mengubah sistem kepercayaan yang ada di masyarakat. Awalnya masyarakat indonesia kepercayaannya yakni memuja arwah / roh nenek moyang. Namun setelah ada hindu budha jadi kepercayaan kedua agama tersebut.

Bukti lain yang menjadi bukti masuknya agama hindu di indonesia adalah ditemukannya 7 buah Yupa dari peninggalan kerajaan kutai yang berada di kalimantan timur. Dan bisa diketahui bahwasanya masuknya agama hindu di indonesia itu di sekitar abad ke 4 masehi.

Masuknya kebudayaan India menjadikan bangsa Indonesia mulai mengenal tulisan dengan huruf pallawa dan bahasa sansekerta. India sendiri memang asal dari agama hindu dan budha. Pengunaan bahasa sansekerta menjadi bukti kuat bahwa hindu budha pernah masuk ke indonesia. 

Masuknya hindu budha ke indonesia menyebabkan akulturasi, yaitu dengan ditemukannya beragam peninggalan seperti candi, dan lain lain. Akulturasi adalah perpaduan dari dua kebudayaan yang berbeda yang bisa saling berdampingan tanpa meninggalkan kebudayaan yang asli dari kedua kebudayaan tersebut. Terjadinya alkulturasi budaya hindu budha di indonesia disebabkan karena percampuran budaya yang terjadi tidak menghilangkan budaya asli indonesia.

Pengaruh Hindu-Buddha terhadap Indonesia dalam bidang kebudayaan dan kesenian adalah seperti adanya berbagai macam seni rupa, seni pahat dan seni ukir yang mirip dari india yang ada di indonesia. Contohnya candi candi yang bercorak hindu budha, arca, relief, pemakaian kalender saka dan lain lainnya. 

berikut merupakan pengaruh agama dan kebudayaan hindu-buddha bagi masyarakat indonesia, kecuali dikenalnya sistem kasta pada masyarakat budha. pengaruh agama dan kebudayaan hindu-buddha bagi masyarakat indonesia seperti adanya sistem kasta di masyarakat hindu, teknologi pembuatan candi serta adanya konsep raja dan kerajaan.

Ada teori masuknya hindu di indonesia yakni teori brahmana, waisya, ksatria dan teori arus balik. Kekuatan hipotesis Brahmana dalam proses masuknya agama Hindu Buddha ke Indonesia terlihat dari banyaknnya temuan prasasti prasasti peninggalan kerajaan kerajaan yang menggunakan bahasa sansekerta dan huruf pallawa. 

Menurut teori Waisya masuknya kebudayaan Hindu ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari indonesia. Kemudian menurut Teori Ksatria masuknya budaya hindu di indonesia dibawah oleh orang orang india dari kasta ksatria. Sementara teori arus balik intinya adalah orang dari india datang ke indonesia menyebarkan agamanya, dalam perkembangannya selanjutnya, orang indonesia sendiri yang ke india untuk belajar hindu budha.

Demikian artikel sederhana mengenai pertanyaan dan soal Peradaban hindu dengan mudah diterima oleh masyarakat indonesia karena apa? semoga bisa menjadi referensi buat kalian semuanya. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Peradaban Hindu Dengan Mudah Diterima Oleh Masyarakat Indonesia Karena Apa?"