Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melalui Musik Dapat Meningkatkan Solidaritas Internasional Karena Musik

Melalui musik dapat meningkatkan solidaritas internasional karena musik - Kita pastinya sering mendengar kan bunyi bunyian di sekitar. Tapi tahukah kalian bahwa tidak semua bunyi dapat Dikatakan sebagai musik, karena musik merupakan bunyi yang memiliki irama, melodi dan harmoni. Jadi jika ada bunyi namun tidak memiliki unsur irama ( ritme ), melodi, harmoni maka tidak bisa dikatakan sebagai musik.

Pengertian ritme dalam seni musik yaitu suara yang menggambarkan panjang pendeknya suatu rangkaian nada dalam musik. Melodi adalah rangkaian sejumlah nada berdasarkan perbedaan naik turun atau tinggi rendahnya nada. Harmoni adalah keselarasan perpaduan suara atau perpaduan bunyi dalam musik.

Musik sendiri tak bisa muncul begitu saja, namun ada yang menciptakannya. Pencipta sebuah karya musik dikenal sebagai seorang komponis atau komposer. Komponis atau komposer inilah orang yang membuat komposisi musik yang biasa di dengar baik itu instrumental, vokal, solo, duo, trio, kuarter dan lain lainnya.


Musik lebih sebagai ungkapan pribadi yang diungkapkan dalam penerapan dinamika merupakan ciri ciri pada musik zaman modern. Melalui musik dapat meningkatkan solidaritas internasional karena musik berisi nilai yang universal. Musik berisis nilai yang universal dalam artian bisa diterima oleh semua orang tak perduli dari ras mana, suku, agama dan lainnya. 

Musik sendiri ada 2 yakni musik tradisional dan nontradisional. Musik tradisional adalah musik yang asli dari indonesia, menggunakan bahasa dan melodi asli indonesia. Musik yang lahir, tumbuh, dan berkembang di lingkungan masyarakat umum dinamakan musik rakyat atau tradisional.

Contoh musik tradisional adalah seperti musik gongluang dari bali, keroncong dari jakarta, gambang kromong dari betawi, kombi dari papua, karang dododu dari kalimantan timur dan lain lain. Di daerah aceh terdapat musik yang disebut dengan didong dan ini termasuk musik tradisional.

Musik nontradisional adalah musik yang tidak asli indonesia, melainkan campuran dari musik indonesia dan musik luar negeri. Musik ini biasanya banyak terdengar apalagi di kota kota. Contoh musik non tradisional adalah musik dangdut, musik gambus, musik langgam, musik pop, musik campursari, musik pop manca negara. Melalui musik nontradisional dapat menunjukkan identitas sebuah bangsa yang dapat terlihat melalui bahasa yang dipakai dalam lagu tersebut.

Musik nontradisional mempunyai peranan seperti di bawah ini, kecuali sebagai media untuk menunjukkan ciri khas dari suatu bangsa atau negara. Musik tradisional itu musik yang sudah menggunakan alat modern. Musik non tradisional yang biasa kita dengar seperti musik dangdut, pop, rock dan lainnya.

Sebuah lagu dengan jenis dangdut disukai masyarakat kebanyakan karena musik dangdut itu punya ciri khas dengan tempo tersendiri yang mana bisa membuat siapapun yang mendengarnya menjadi merasa ingin bergoyang dan berjoget. Musik dangdut sendiri merupakan salah satu musik yang populer sekali di indonesia.

Musik yang sepenuhnya merupakan musik hiburan yang menekankan kenikmatan bagi pendengarnya dinamakan musik pop. Genre musik pop ini itu biasanya dibuat dengan durasi pendek dan biasanya ada pengulangan kata, melodi, nada dan lainnya. Musik pop sendiri kata pop berasal dari populer. Musik yang biasanya terdengar agak keras, nada tinggi dan harmoni agak rumit.

Demikian artikel sederhana mengenai melalui musik dapat meningkatkan solidaritas internasional karena musik berisi nilai yang universal. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kita semuanya. Terima kasih sudah mau berkunjung di motorcomcom sampai bertemu lagi di artikel menarik berikutnya.

Posting Komentar untuk "Melalui Musik Dapat Meningkatkan Solidaritas Internasional Karena Musik"