Luka Jatuh Dari Motor di Lutut? Apa Yang Harus di Lakukan?

Luka jatuh dari motor di lutut - sepeda motor suda menjadi bagian dari masyarakat di dunia, termasuk buat yang ada di indonesia. Sepeda motor dipakai oleh berbagai kalangan dari anak muda, dewasa bahkan orang tua. Sepeda motor memang kendaraan yang praktis sekali bisa dipakai buat berbagai hal seperti pergi kepasar, kesekolah, pergi bekerja dan ke tempat lainnya.

Kendaraan memang bukan cuma sepeda motor saja, mobil juga ada. Namun kebanyakan orang indonesia lebih cenderung menggunakan sepeda motor. Dengan harganya yang lebih terjangkau, sepeda motor juga lebih mudah digunakan diberbagai kondisi jalan di indonesia. Selain itu kalau untuk masalah lebih cepat sampai atau efisiensi waktu sepeda motor cenderung lebih baik dari mobil. Apalagi kalau di jalan perkotaan yang macet.

Jika kondisi yang macet, mobil cenderung tak bisa untuk cepat karena sulit nyalip. Beda dengan sepeda motor yang ramping, meski macet masih bisa nerobos atau blusukan istilahnya. Namun meski demikian sepeda motor juga memiliki kekurangan juga, seperti saat panas kepanasan dan hujan kehujanan. Beda dengan mobil yang serba tertutup jadi kalau panas atau hujan masih nyaman.

Sepeda motor sebagai kendaraan tentunya sudah dibuat dengan tingkat keamanan yang memadai buat penggunanya. Yang bertujuan supaya pengendara bisa aman mulai dari saat pemakaian sampai selesai. Sektor keamananpun semakin tinggi seiring dengan harga sepeda motor itu sendiri. Semakin mahal maka keamanan semakin bagus. Namun sepeda motor yang standar atau yang murah aslinya juga sudah ok sih keamanananya,

Meskipun sepeda motor sudah dipersenjatai dengan sektor keamanan atau keselamatan yang baik, tapi tak bisa dipungkiri kalau, orang yang mengendarai sepeda motor itu bisa jatuh dari motornya. Orang jatuh tentunya mengalami luka, dan itu juga yang di alami sama orang yang jatuh dari motor. Lukanya beragam dari yang biasa sampai yang serius.

Luka jatuh dari motor di lutut, tangan dan kaki itulah biasanya yang kerap dialami. Mungkin tak semuanya mesti langsung luka lututnya, tangan dan kakinya berbarengan, bukan. Tapi kadang lututnya saja yang luka, kakinya saja yang luka dan lainnya. Intinya adalah kalau jatuh dari motor kemungkinan akan terluka. 

Pertolongan pertama buat kamu yang jatuh dari motor dan terluka

Luka jatuh dari motor di lutut, kaki dan tangan merupakan luka yang biasanya dialami oleh orang yang jatuh dari sepeda motor. Lantas bagaimana yang mesti dilakukan saat ada orang yang jatuh dari motor atau malah kamu sendiri yang merasakannya? nah berikut ini pertolongan pertama atau cara mengobati luka jatuh dari motor bisa dilutut, kaki atau tangan dalam kondisi yang tidak parah.

1. Cuci Tangan

Yang pertama, saat jatuh dari sepeda motor adalah cuci tangan dulu. Cuci bersih kedua tangan supaya bersih saat akan mengobati luka. Kalau misalkan tangan kamu yang terluka, maka orang lain lah yang mesti mencuci tangan mereka saat hendak mengobati kamu. Kalau bisa pakai sabun biar bersih

2. Cuci Luka dan Bersihkan

Selanjutnya cuci luka lutut, kaki atau tangan kalian dengan menggunakan air. Sebaiknya dengan air mengalir supaya lebih bersih dan higienis. Cuci dengan cara perlahan jangan sampai ditekan apalagi digosok. Jangan gunakan air yang tidak mengalir seperti dibaskom, ember. Pastinya kalau mau membersihkan dicelupkan dan hal itu bisa jadi malah membuat lukanya semakin parah karena direndam air.

Bersihkan kotoran yang mungkin ada diluka dengan menggunakan pinset atau cotton bud yang mana sebelumnya sudah dikasih alkohol atau antiseptik. Lakukan dengan perlahan dan lembut.

3. Gunakan Salep atau Krim

Setelah itu gunakan salep atau krim pada luka. Salel atau krim ini bisa membantu proses penyembuhan dan infeksi pada luka. Obat apa yang bisa menyembuhkan luka dilutu, tangan atau yang lainnya? krim atau salep yang bisa dipakai adalah krim / salep antibiotik seperti ikamicetin, gentamicin dan bacicatrin dan lainnya

4. Gunakan Perban atau Band-Aid

Gunakan perban untuk menutup luka lutut atau tangan, kaki tersebut. Jika lukanya kecil atau sedikit bisa juga menggunakan plester. Jangan lupa untuk ganti perbannya secara rutin. Dan saat mengganti perban, jangan lupa gunakan krim / salep antibiotiknya kembali.

Berapa lama sembuhnya luka dilutut? kaki atau tangan. Untuk hal itu tergantung parah tidaknya luka tersebut. Untuk sembuhnya luka dilutut biasanya sekitar 1 sampai 2 minggu. Jika dirasa lukanya masih belum sembuh dan malah ada tanda tanda infeksi atau yang lain sebaiknya bawa segera ke puskesmas atau rumah sakit terdekat agar ditangani lebih lanjut.

0 comments