Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Kabel Trafo Speaker Aktif

 Jalur kabel trafo speaker aktif - speaker merupakan alat yang sudah umum dimasyarakat. Speaker sendiri merupakan alat pengeras suara, dimana dalam hal ini fungsi dari speaker ialah alat yang digunakan untuk mengubah listrik menjadi gelombang atau audio suara. Dengan speaker suara bisa lebih keras dan bisa didengar.

Speaker sendiri merupakan alat elektronik dan telah banyak digunakan misalkan ketika mau mendengarkan musik, menyampaikan pengumuman ke banyak orang dan lain lain. Komponen speaker terdiri beberapa komponen penting diantaranya kerangka speaker, magnet permanen, voice coil, cone dan suspension.

Bagi yang belum tahu ternyata speaker ternyata ada 2 jenisnya yakni speaker pasif dan speaker aktif. Speaker pasif adalah speaker yang masih belum lengkap atau lebihnya tepatnya masih memerlukan bagian lain ( amplifier ) saat hendak menggunakan ( belum komplit ). Contoh speaker ini ialah Nakamichi N Power, Behringer EUROCOM SL4240 dan lain lain.

Sementara itu untuk speaker aktif adalah speaker yang sudah komplit rancangannya ( sudah ada amplifier ) jadi tinggal menggunakannya saja. Contoh dari speaker aktif ialah speaker portable, speaker hp, speaker laptop dan lain lain. Speaker aktif bisa dikatakan lebih praktis ketimbang speaker pasif mengingat hadir dengan komponen yang sudah komplit.


Nah bicara mengenai speaker, khususnya speaker aktif . Kemampuan mengeluarkan suara, ternyata tak lepas dari campur tangan trafo. Trafo atau transformator adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi yang lainnya. Nah trafo ini perannya penting sekali dalam komponen speaker. Kalau tidak ada komponen satu ini speaker tidak akan bisa mengeluarkan suara.

Trafo bawaan speaker aktif bermacam macam ada trafo speaker aktif 1 Ampere, Trafo speaker aktif 2 Ampere, Trafo speaker aktif 3 Ampere, dan Trafo speaker aktif 5 Ampere.Trafo sendiri bisa mengalami kerusakan dan cara satu satunya adalah dengan menggantinya. 

Trafo sendiri ada 2 jenisnya yakni trafo CT dan trafo Non CT. Trafo CT memiliki jumlah lilitan yang lebih banyak dibandingkan dengan Trafo Non CT. Dan biasanya Trafo CT banyak ditemukan dirangkatan power supply simetris. Sementara Trafo Non CT biasanya ditemukan di rangkaian power supply non simetris.

Kemudian Trafo Non CT untuk outputnya hanya menggunakan 2 kabel saja, yakni kabel positif dan kabel negatif. Trafo Non CT biasanya ditemukan pada Amplifier model lama alias jaman dulu. Dari kelebihan dan bagusnya, baik arus listrik dan lain lain Trafo CT lebih unggul, sementara Trafo Non CT unggul pada harganya yang lebih murah.

Cara memasang trafo CT 1 ampere maupun yang lainnya seperti Cara pasang trafo CT 5A  sebenarnya hampir sama yakni dengan menghubungkannya dengan benar ke raangkaian yang ada. Cara pasang trafo CT ke amplifier agar sedikit susah karena memilki  3 output rangkaian. 

Sementara jalur kabel trafo speaker aktif untuk Cara memasang Trafo non CT pada Speaker Aktif lebih mudah karena hanya punya 2 output yakni positif dan negatif. Cara menyambung kabel listrik ke trafo ialah tinggal tempelkan ke bagian yang ada. 

Rangkaian jalur kabel speaker aktif sendiri bisa dipilih ada 2 yakni rangkaian seri dan rangkaian paralel. Rangkaian jalur seri yang menyusun speaker secara berjajar. Pemasangannya lebih mudah yakni menghubungkan kabel positif dengan kabel negatif.

Sementara rangkaian jalur kabel speaker paralel cenderung lebih rumit dari yang seri dengan beberapa sambungan yang lebih banyak. Namun dari segi suara yang dihasilkan dengan rangkaian paralel suaranya lebih kuat dan nendang jika dibandingkan dengan rangkaian seri.

Demikian informasi mengenai jalur kabel speaker aktif. Semoga bisa membantu dan bermanfaat buat kalian semuanya. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainya disini.

Posting Komentar untuk "Jalur Kabel Trafo Speaker Aktif"