Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Identifikasilah Teks Prosedur di Atas Berdasarkan Format Tabel Berikut

Identifikasilah teks prosedur di atas berdasarkan format tabel berikut - pertanyaan ini mungkin akan kamu jumpai di mata pejaran bahasa indonesia. Bagi sebagian orang mungkin bisa mengerjakan soal latihan ini. Namun yang lainnya bisa juga masih bingung bagaimana cara menjawabnya. Baiklah langsung saja berikut. 

Kiat Berwawancara Kerja

Bagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifikasi calon pegawai secara mendalam melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan  kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengan calon.

Agar mudah dipahami oleh mitra kerja, kita harus berbicara dengan jelas. Usahakan agar tidak bicara terlalu cepat atau lambat. Atur suara juga agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri. sementara suara yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif.  Penggunaan bahasa yang baik juga merupakan keharusan.

Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara agar kita dapat memberikan jawaban yang relevan. Tidak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar.  Namun jangan melakukannya terlalu sering karena ustru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita. 


Bahasa tubuh pun ikut memegang pernanan. Gerakan nonverbal seperti mengganguk atau sikap tubuh yang agak condong kedepan menunjukkan bahwa kita tertarik dengan apa yang disampaikan pewawancara. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara karena kontak mata pnting dalam proses komunikasi , termasuk dalam wawancara kerja.

Singkatnya akan lebih baik jika mampu menampilkan sikap yang antusias secara verbal dan nonverbal. Oleh karena itu hindari gerakan tubuh yang dinilai negatif. seperti menggoyangkan kaki, mengetuk ngetuk jari atau menghindari kontak mata. Cara bicara yangpercaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.

Pada saat berbicara hindari uraian yang panjang dan bertele tele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terfokus. Tetapi tetap menarik, Kita diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemapuan atau pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang profesional.

Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur. daripada mengatakan sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancaa terkesan. Jangan melebih lebihkan kualifikasi kita, apalagi mengelabuhi dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat pewawancara akan menemukan bahwa tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri sendiri kita dengan tepat.

Pewawancara biasanya memberikan kesempatan kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir wawancara. Gunakanlah kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita tentang lingkup dan deskripsi tugas yang dilamar, kesempatan pengembangan diri dan sebagainya. Ini wajar karena bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara. 

Calon yang ingin bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan karena dianggap mampu melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas tugas yang akan dilaksanakan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi. 

Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangkan oleh perusahaan.

( sumber :"Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja" dalam kompas dengan pengubahan )

Identifikasilah teks prosedur di atas berdasarkan format tabel berikut

1. pernyataan umum

2. berdasarkan isinya,apakah fungsi teks prosedur diatas?

3. temukan kata kerja imperatif pada teks prosedur di atas!

4. temukan enam konjungsi pada teks prosedur di atas!

5. temukan pernyataan persuasif pada teks prosedur ndi atas !

6. berikanlah tanggapan dengan bahasamu sendiri pada teks tersebut?

7. tahapan-tahapan!


Jawaban :

Pembahasan

1. Pernyataan umum ialah kalimat pengantar atau pendahuluan mengenai topik yang akan dijelaskan dalam sebuah teks.

Pernyataan umum pada teks prosedur di atas terletak pada paragraf pertama. wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifikasi calon pegawai secara mendalam melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan  kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengan calon.

2. Berdasarkan isinya, fungsi teks prosedur di atas adalah memberikan langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh pencari kerja atau calon pegawai untuk mencapai tujuannya, yaitu di terima di perusahaan atau kantor yang akan dituju, dalam melakukan wawancara dengan pewawancara.

3. Kata kerja imperatif adalah kata kerja yang mengandung perintah.

Kata kerja imperatif pada teks prosedur di atas adalah

Usahakan. (paragraf 2 kalimat 2)

Perhatikan (paragraf 3 kalimat 1)

Pastikan (paragraf 4 kalimat 3)

Hindari (paragraf 5 kalimat 1 dan paragraf 6 kalimat 1, 5)

Cobalah (paragraf 6 kalimat 2)

Ceritakanlah (paragraf 6 kalimat 4) Jadilah (paragraf 7 kalimat 1)

Tunjukkan (paragraf 7 kalimat terakhir)

Gunakanlah (paragraf 8 kalimat 2)

4. Konjungsi adalah kata-kata yang digunakan untuk menyambung dua kalimat baik setara maupun bertingkat.

Konjungsi pada teks prosedur di atas adalah

Selain itu (paragraf 3, konjungsi antar kalimat)

Namun (paragraf 3, konjungsi antar kalimat)

Singkatnya, (paragraf 4, konjungsi antarkalimat)

Oleh karena itu (paragraf 4, konjungsi antar kalimat)

Pada saat berbicara (paragraf 5, konjungsi antar kalimat)

Selama wawancara berlangsung (paragraf 6, konjungsi antar kalimat)

5. Pernyataan persuasif adalah pernyataan ajakan atau yang diberikan untuk membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu.

Pernyataan persuasif atau ajakan pada teks prosedur di atas adalah

"Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri."

6. Tanggapan dengan bahasa saya sendiri pada teks tersebut adalah kiat-kiat yang diberikan dalam teks tersebut sangat mudah dipahami yakni dalam hal tahapan-tahapan dan membantu dalam berwawancara.

7. Tahapan-tahapan teks prosedur di atas adalah

Berbicara harus jelas dan menggunakan bahasa yang baik.

Memperhatikan apa yang disampaikan pewawancara agar dapat memberikan jawaban yang relevan.

Memperhatikan bahasa tubuh.

Menghindari uraian yang panjang lebar dan bertele-tele.

Percaya pada diri sendiri.

sumber : brainly

Posting Komentar untuk "Identifikasilah Teks Prosedur di Atas Berdasarkan Format Tabel Berikut"