Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Kelenturan Sangat Diperlukan Dalam Lompat Tinggi Saat

Faktor kelenturan sangat diperlukan dalam lompat tinggi saat - hal tersebut mungkin ditanyakan saat kalian sedang mengerjakan soal di mata pelajaran olahraga. Bisa saat ulangan kenaikan kelas ataupun saat ujuan akhir sekolah. Buat kalian yang masih bingung apa jawaban pertanyaan tersebut. Berikut kunci jawaban dan juga pembahasannya. Oh ya biar tambah semangat belajarnya, dibawah ini juga ada soal dan kunci jawaban lainnya .silahkan di simak dan semoga membantu.

1). Faktor kelenturan sangat diperlukan dalam lompat tinggi saat........

a. awalan

b. tolakan

c. melewati mistar

d. pendaratan

e. lari

Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah : c. melewati mistar

Pembahasan : 

  • saat awalan yang dibutuhkan lebih ke kekuatan, kecepatan
  • pada saat tolakan yang dibutunkan tentu kekuatan
  • pada saat pendaratan yang paling penting adalah kekuatan tumpuan untuk mendarat
  • pada saat lari yang dibutuhan kekuatan dan kecepatan.
Melihat dari pilihan yang tersedia, maka yang dirasa paling benar yakni yang memerlukan kelenturan adalah saat melewati mistar atau palangan ( halang rintang ).


Bicara mengenai lompat tinggi, lompat tinggi adalah salah satu cabang olah raga yang intinya bisa melompat tinggi melewati palang atau rintangan yang ada. Tinggi palang yang harus dilompati atau dilewati dalam olahraga lompat tinggi itu berbeda beda, namun yang pasti semakin tinggi yang bisa dilewati berarti semakin hebat. Karena tujuan lompat tinggi aslinya memang supaya bisa melompat setinggi tingginya.

Dalam lompat tinggi tidak asal asalan karena memerlukan teknik. Teknik dalam lompat tinggi antara lain teknik awalan, teknik lompatan, teknik melayang dan teknik mendarat. Jika disekolah sekolah dasar, smp ataupun sma atau dalam bangku sekolah biasanya sudah ada pelajaran untuk olahraga lompat tinggi.

Lompat tinggi sendiri bisa dilakukan langsung yakni tanpa tongkat. Tapi untuk mendapatkan melompat yang lebih tinggi atlet biasanya menggunakan tongkat sebagai alat bantu. Nama tongkat dalam olahraga lompat tinggi disebut tongkat pogo. Untuk atlet biasanya tinggi halang rintang / mistar yang harus dilewati minimal 2,5 meter sedangkan untuk panjang mistarnya sendiri minimal 3,15 meter.

2). Kecepatan yang diperlukan pada cabang olahraga lompat jauh disaat.....

a. tolakan

b. Pendaratan

c. lari

d. melayang

e. melewati mistar

Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah c. lari

Pembahasan :

Untuk bisa mendapatkan jarak terjauh dalam lompat jauh itu ada faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah:
  • Kecepatan
  • Kekuatan
  • Daya ledak
  • Keseimbangan
  • Ketrampilan
  • Koordinasi
Dari pertanyaan diatas tadi untuk pilihan a. tolakan itu yang lebih dibutuhkan apa adalah kekuatan & daya ledak, sementara itu b.  pendaratan yang dibutuhkan keseimbangan dan koordinasi. kemudian untuk melayang sendiri itu dibutuhkan keseimbangan dan ketrampilan, e, melewati mistar, dalam lompat jauh tidak melewati mistar melainkan hanya melompat ditolakan dan berjuang untuk bisa melompat sejauh jauhnya. Jadi yang paling tepat, kecepatan dibutuhkan saat c. lari.

3 ). Lompat tinggi guling perut dilakukan di atas kasur/ busa. pendaratan dilakukan dengan posisi.....

a. sisi bahu dan punggung terlebih dahulu

b. kaki lebih dahulu

c. wajah lebih dahulu

d. kepala lebih dahulu


Jawaban untuk pertanyaan tersebut diatas adalah a. sisi bahu dan punggung terlebih dahulu

Pembahasan :

Dalam lompat tinggi gaya guling perut untuk pendaratan di matras, kasur atau busa, sisi bahu dan punggung terlebih dahulu


4). Gaya gaya permainan lompat jauh, kecuali...........

a. gaya melayang diudara

b. gaya jongkok

c. gaya menggantung ( hang style )

d. gaya ngangkang


Jawaban pertanyaan tersebut adalah d. gaya ngangkang

Pembahasan:

Dalam lompat jauh terdapat beberapa gaya yang bisa dilakukan antara lain gaya jongkok, gaya hang style ( menggantung ) dan gaya walking in the air ( melayang diudara ). Jadi jawaban yang paling tepat dari pertanyaan diatas adalah d. gaya ngangkang karena tidak ada model gaya tersebut.


5). Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik pada nomor

a. Lempar

b. Lari

c. Jalan

d. Lompat

Jawaban yang benar dari pertanyaan diatas adalah a. Lempar

Pembahasan :

Tolak peluru merupakan salah satu cabang olahraga atletik di nomor lempar, yakni bersama dengan lempar lembing, lempar cakram dan lontar martil. 



6). Hal-hal berikut yang harus dihindari pada saat mendarat pada lompat jauh, kecuali…

a. bertolak dengan tumit

b. badan miring jatuh ke depan

c. jatuh kebelakang

d. menolak dengan salah satu kaki


Jawaban pertanyaan tersebut diatas adalah b. badan miring jatuh kedepan

Pembahasan : badan miring jatuh ke depan merupakan hal justru diharapkan untuk bisa mendapatkan lompatan yang lebih jauh.


Demikian artikel mengenai kunci jawaban dari soal pertanyaan Faktor kelenturan sangat diperlukan dalam lompat tinggi saat apa ? semoga bisa menjadi referensi dan menambah pengetahuan kalian di mata pelajaran olahraga. Pertanyaan dan jawabannya yang lainnya semoga juga bisa menambah wawasan kalian. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Faktor Kelenturan Sangat Diperlukan Dalam Lompat Tinggi Saat"