Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Kiprok Rusak di Sepeda Motor dan Solusinya

Ciri ciri kiprok rusak - Motor kalian tiba tiba mati? tidak bisa dijalankan? jangan jangan kiproknya rusak. Benar sobat otomotif semuanya, salah satu penyebab mesin motor itu mati bahkan tiba tiba bisa disebabkan karena kerusakan di bagian kiprok. Lantas kiprok itu apa sih? kiprok atau bahasa kerennya Rectifier Regulator adalah komponen sepeda motor yang punya peran penting buat ngatur arus listrik dan aki di sepeda motor.

Fungsi kiprok adalah untuk menstabilkan arus dan tegangan yang akan diteruskan ke aki motor. Tak cuma itu saja fungsi kiprok juga untuk mengubah arus AC menjadi arus DC. Soalnya arus dan tegangan sebelum masuk ke aki itu AC sementara arus yang harus di aki itu DC. Jadinya kiprok ini lah yang mengubah arus AC jadi DC biar cocok di aki.

Balik lagi keawal tadi, untuk lebih mengetahui apa benar kiprok yang rusak bisa menyebabkan sepeda motor mesin mati, alangkah baiknya jika kalian mengetahui beberapa ciri ciri kiprok rusak yang biasanya terjadi di sepeda motor.


Ciri Ciri Kiprok Rusak 

Ciri ciri kiprok rusak sebenarnya agak mirip dengan ciri-ciri spul motor rusak karena memang keduanya berhubungan dengan kelistrikan sepeda motor. Langsung saja Berikut ini ciri ciri kiprok rusak yang mungkin bisa membantu kalian.:

1. Starter motor mati atau tidak berfungsi

Kiprok adalah bagian dari kelistrikan sepeda motor yang vital, jadi jika ini rusak otomatis kelistrikan terganggu termasuk di bagian starter, yang mengakibatkan starter tidak bisa berfungsi.

2. Mesin Motor mati tiba tiba, bahkan tak bisa dihidupkan

Jika kiprok rusak, maka mesin sepeda motor tak bisa dihidupkan karena kiprok berhubungan sama kelistrikan. Kelistrikan terputus dan komponen yang harusnya memerlukan arus listrik tak mendapatkan suplay listrik ya otomatis sepeda motor tidak akan menyala.

4. Lampu sepeda motor meredup

Kelistrikan termasuk pada lampu yang ada disepeda motor untuk penerangan. Jika kiprok rusak, lampu lampu tak akan mendapatkan listrik secara maksimal maka lampu sepeda motor akan meredup saat kiprok mengalami kerusakan. Jika kiprok rusak total otomatis lampu mati. 

5. Aki cepat habis ( tekor ) atau bahkan overcharge

Kiprok sendiri selain menstabilkan arus dan tegangan yang mana arus tersebut akan diteruskan ke aki. Jika kiprok rusak maka arus dan tegangan tak akan stabil ke aki. Jika arus dan tegangannya kecil, maka aki lama lama bisa tekor, sebaliknya kalau arus dan tegangannya besar, aki akan mengalami overcharger. Kedua masalah tersebut akan mengakibatkan aki rusak.


Penyebab Kiprok Rusak

Kiprok mengalami kerusakan tentu ada penyebabnya. Penyebab kiprok rusak sendiri bisa berbagai hal misalnya saja, karena pemakaian sepeda motor yang berlebihan. Jika pemakaian sepeda motor  berlebihan, dipake terus terusan maka kiprok ini juga jadi istilahnya bekerja terus menerus, alhasil berdampak pada performanya dan pada akhirnya akan rusak.

Penyebab kiprok rusak berikutnya bisa karena umur pemakaian kiprok itu sendiri. Umur kiprok motor sendiri kurang lebihnya 2 tahunan. Jadi jika pemakaian sudah mencapai waktunya sekiranya untuk melakukan pengecekan. Jika dicek kiproknya sudah tidak bagus maka alahkah baiknya untuk segera diganti dengan yang baru.

Cara cek kiprok rusak atau tidak, lebihnya tepatnya tanda tanda atau gejala dari kiprok rusak cenderung mudah saja. Cara cek kiprok rusak adalah dengan menghidupkan sepeda motor kalian. Biarkan saja menyala tak perlu di gas dan lampu depan dinyalakan. Kemudian kalian pegang kiprok dengan tangan kalian. Rasakan, jika kiprok hangat  yakni tidak terlalu panas atau terlalu dingin tandanya kiprok motor kamu masih bagus.

Namun jika pas kalian pegang kiprok nya itu terasa panas sekali atau bahkan dingin sekali, maka ada kemungkinan kiprok kamu rusak dan perlu untuk dilakukan pergantian dengan yang baru. Ya solusi yang bisa kamu ambil saat kiprok sepeda motor kamu rusak adalah menggantinya dengan yang baru, tidak ada cara yang lain.

Untuk harga kiprok motor sendiri biasanya cenderung bervariasi tergantung juga dengan model sepeda motor nya sih. Misalnya Kiprok Vario 110 Karbu harga kiprok motor tersebut tentu beda dengan harga kiprok tiger, harga kiprok yamaha r25 atau yang lain lain. Harga kiprok motor sendiri kurang lebihnya mulai 40 ribuan bahkan ada yang sampai 400 ribuan.


Demikian artikel sederhana mengenai ciri ciri kiprok rusak yang semoga saja bisa menjadi referensi bagi kalian terutama bagi kalian yang kebetulan sedang mengalami kiprok motor yang rusak. Terima kasih dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Kiprok Rusak di Sepeda Motor dan Solusinya"