Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Kunci Kontak Motor 4 Kabel

Cara pasang kunci kontak motor 4 kabel - setiap kendaraan pastinya memiliki kunci kontak. Salah satunya adalah di sepeda motor. Kunci kontak ini peranannya penting sekali disepeda motor. Tanpa kunci kontak sepeda motor tak bisa dioperasikan. Fungsi dari kunci kontak pada sepeda motor adalah menghubungkan / memutus arus tegangan dari aki ke sistem pengapian. 

Tak cuma itu saja di kunci kontak juga ada rangkaian yang menghubungkan ke bagian lainnya. Bagi yang memiliki sepeda motor tentunya setidaknya tahu Cara kerja kunci kontak Motor.  Cara kerja kunci kontak Motor bisa dilihat misalkan kita pada posisi ON maka sepeda motor bsia dibilang sudah aktif. Mesin bisa dinyalakan, lampu indikator speedometer dan lainnya sudah bisa digunakan.

Kunci kontak di sepeda motor sendiri tak bisa dipakai terus menerus, alias pada waktunya akan rusak juga. Dan cara terbaik supaya sepeda motor bisa digunakan kembali adalah dengan mengganti kunci kontak dengan yang baru. Namun sebelumnya tentunya kalian mesti mengetahui tentang kunci kontak motor kalian. Karena kunci kontak motor tak selalu sama, misalkan ada yang yang kabelnya 2, 4 dan lain lain.

Jumlah Kabel di Kunci Kontak Motor

Perlu diketahui jikalau, kunci kontak itu memiliki kabel yang berbeda beda. Tergantung model dan varian sepeda motor tersebut. Kunci kontak ada yang jumlah kabel 2, nah ini biasanya ditemukan disepeda motor lama. Kemudian ada juga stop kontak dengan jumlah kabel 3, ada yang jumlah kabelnya 4 ada yang jumlah kabelnya 6 juga ada.


Jumlah kabel di kunci kontak sendiri bisa menjadi sebuah indikasi tolak ukur akan kecanggihan dari sebuah sepeda motor. Karena jika sebuah sepeda motor skunci kontak motornya punya banyak kabel berarti lebih banyak fiturnya, lebih canggih serta lebih tingkat keamanan lebih tinggi.

Namun kalau melihat dari motor yang ada sekarang secara umum menggunakan kunci kontak dengan kabel berjumlah 4. Kunci kontak kabel 4 ini lah yang bisa dikatan standar, sementara untuk kunci kontak dengan kabel lebih dari 4 biasanya ada di sepeda motor dengan harga yang cenderung mahal. Semakin banyak kabel berarti semakin mahal sepeda motornya.

Nah jika misalkan sepeda motor kamu mengalami kerusakan dan mesti mengganti kunci kontak pastikan sebelum membeli ketahui dulu model kunci kontak motor kamu kabelnya berapa dan kemudian pilih yang sama dengan yang ada di sepeda motor kamu. 

Cara Kerja Kunci Kontak Berdasarkan Kabelnya

Kunci kontak sepeda motor kalau dilihat dari kabelnya maka cara kerjanya tentu berbeda beda. Cara kerja kunci kontak motor 2 kabel misalnya. Kunci kontak dengan 2 buah kabel biasanya ada di sepeda motor zaman dulu. Cara kerja kunci kontak motor 2 kabel adalah ketika ON maka arus listrik akan mengalir ke CDI dan mesin motor bisa dinyalakan, sementara jika OFF, arus litrik akan terputus dari CDI dan mesin mati. 

Kemudian untuk kunci kontak dengan kabel lebih dari 2 misalkan kabel 4. Sistemnya sebenarnya hampir sama, namun lebih rumit. atau komplit lah istilahnya. Tambahan kabel tentunya dipakai untuk menghubungkan sistem bagian lainnya. Hal ini karena sepeda motor zaman sekarang itu lebih canggih, baik misalkan disisi keamanana, teknologi, fitur fiturnya maka perlu kabel lagi. 

Semakin banyak kabel berarti semakin canggih sepeda motor. Oh ya teman teman, kabel di kunci kontak memiliki warna berbeda. Biasanya sih untuk kunci kontak 2 kabel warnanya merah dan hitam. Kunci kontak kabel 4 warnanya merah, hitam polos, hitam garis dan hijau. Namun warna tersebut tidak baku jadi bisa saja warnanya berbeda. Jalur kontak 4 kabel beda dengan 2 kabel.

Cara Pasang Kunci Kontak Motor 4 Kabel

Mengingat motor sekarang menggunakan kunci kontak 4 kabel maka berikut ini cara pasang kunci kontak motor 4 kabel.

  • Pastikan kunci kontak yang kamu beli sama dan sesuai dengan kunci kontak sepeda motor kamu. Bisa beli di bengkel atau dealer resmi. Bisa juga dibeli secara online.
  • Buka bagian dek depan agar bagian leher motor bisa terlihat. Bisa menggunakan obeng dan alat lain yang diperlukan
  • Setelah itu buka kunci kontak motor kamu yang sudah rusak. Gunakan kunci yang pas untuk membukanya.
  • Putuskan kabel yang ada kunci kontak lama, setelah itu ambil kunci kontak yang rusak
  • Pasang kunci kontak yang baru dan sambungkan kabelnya masing masing
  • Setelah itu coba apakah kunci kontak sudah berfungsi atau tidak
  • Jika sudah berfungsi pasang kembali bagian bagian yang tadi dibuka.
  • Kunci kontak motor pun sudah terpasang.

Rangkaian kunci kontak motor sendiri berbeda beda dengan tipe sepeda motornya. Jika kunci kontak nya memiliki kabel yang banyak tentu lebih rumit. Jalur kunci kontak CB 2 kabel dan Skema Kunci Kontak Grand lebih sederhana karena menggunakan kunci kontak 2 kabel.

Demikian artikel singkat mengenai Cara Pasang Kunci Kontak Motor 4 Kabel semoga bisa menjadi referensi bagi kita semuanya. Terima kasih dan jangan lupa untuk terus ikuti artikel lainnya di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Kunci Kontak Motor 4 Kabel"