Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot

Cara menghilangkan karat pada knalpot - Karat pada knalpot adalah masalah yang sering terjadi pada kendaraan bermotor. Karat dapat terbentuk akibat paparan udara, kelembaban, dan bahan kimia yang terkandung dalam gas buang. 

Karat pada knalpot bukan hanya menyebabkan tampilan kendaraan menjadi kurang menarik, tetapi juga dapat mempengaruhi kinerja mesin kendaraan. Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan karat pada knalpot secara tepat agar kendaraan tetap dalam kondisi prima. 

Leher knalpot karatan adalah hal biasa terjadi hal ini karena memang posisi leher knalpot itu dibagian bawah yang mana cenderung lebih rawan terkena kotoran, air dan lainnya. Biar lebih jelas bagaimana jika kalian ketahui terlebih dahulu mengapa knalpot itu bisa karatan alias penyebab knalpot karatan.

Penyebab knalpot bisa karatan antara lain seperti knalpot jarang dibersihkan, sehingga kotoran debu dan lainnya mengendap dan menyebabkan knalpot korosi. Kemudian knalpot karatan karena terkena air hujan atau udara air laut. Air hujan meskipun terkesan biasa biasa saja, namun nyatanya bisa membuat knalpot karatan.

Penyebab knalpot karatan berikutnya bisa karena dari knalpot itu sendiri yakni adanya embun di dalam knalpot. Embun ini sendiri sebenarnya hal yang lumrah ada diknalpot karena merupakan hasil dari sistem pendinginan knalpot itu sendiri.  Yang bisa terkena karat bukan knalpot biasa saja, namun knalpot stainless juga terkadang bisa karatan.

Lantas menghilangkan karat pakai apa ya yang bagus? mungkin banyak dari kalian bertanya seperti itu. Jawabanya mudah saja karena bahan yang mesti kamu gunakan untuk menghilangkan karat kurang lebihnya banyak tersedia disekitar atau lebih tepatnya bisa kamu beli. 

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan karat pada knalpot stainless dan biasa : 

Gunakan pasta gigi

Menghilangkan karat diknalpot salah satunya dengan pasta gigi. Pasta gigi bisa menghilangkan karat, produk atau bahan yang biasa kita pakai ternyata bisa membersihkan karat.Cara menghilangkan karat knalpot dengan pasta gigi yakni dengan cara oleskan saja ke bagian knalpot yang ada karatnya.

Diamkan dahulu sebentar kurang lebihnya 10 menitan. Setelah itu sikat dengan menggunakan sikat gigi. Sikat terus, kemudian lap knalpot dengan menggunakan lap atau kanebo. Lakukan berulang agar karat benar benar hilang.

Gunakan cairan pembersih karat 

Cairan pembersih karat tersedia di toko-toko otomotif maupun online dapat membantu menghilangkan karat pada knalpot. Caranya, cukup tuangkan cairan pembersih pada permukaan knalpot yang berkarat dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan kain lembut untuk membersihkan permukaan knalpot hingga bersih. rekomendasi cairan pembersih dan penghilang karat diantara noverox, waxco tech sports rim, rust combat, ultimate stainless steel cleaner, rj london rust guard, carplan rust in peace dan lain lain.

Gunakan Autosol

Autosol bisa juga dipakai untuk menghilangkan karat. Cara menghilangkan karat pada knalpot dengan Autosol yakni tinggal oleskan saja autosol ke knalpot yang karatan, usap dengan kain sambil ditekan. Jika dirasa karatnya terlalu tebal, bisa gunakan amplas terlebih dahulu. Amplas bisa mengurangi karatan, jika sudah dirasa karatnya tipis, tinggal di oleskan dengan autosol dan dilap.

Gunakan Oli Gemuk

Oli gemuk bisa juga dipakai untuk menghilangkan karat. oli gemuk atau biasa disebut stempet ini bisa dengan mudah dibeli di toko otomotif baik toko didekat rumah/ pasar atau pun bisa juga dibeli di toko online. Cara menghilangkan karat pada knalpot dengan oli gemuk atau stempet yakni panaskan dahulu sepeda motor kamu, setelah panas knalpotnya siramkan oli gemuk ke atasnya. Setelah itu diamkan saja sampai karat diknalpot rontok dan meleleh bersama dengan oli.

Gunakan Garam, Baking Soda dan Cuka

Garam, baking soda dan cuka merupakan bahan bahan yang bisa membantu untuk menghilangkan karat. Biar makin ampu kalian bisa menambahkan perasan air jeruk saat akan menggunakannya. Tinggal oleskan pada knalpot yang berkarat dan tunggu beberapa saat sampai karat rontok perlahan. bahan lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat antara lain minuman bersoda seperti coca cola dan lain lain.

Cat ulang knalpot 

Jika karat pada knalpot sudah sangat parah dan sulit untuk dihilangkan, Anda dapat mencat ulang knalpot. Caranya, bersihkan permukaan knalpot dengan cara yang telah disebutkan di atas, kemudian oleskan cat tahan panas pada permukaan knalpot hingga merata. Pastikan untuk menggunakan cat yang sesuai dengan jenis knalpot kendaraan Anda. cara ini juga bisa termasuk cara menghitamkan leher knalpot.

Menghilangkan karat pada knalpot memang memerlukan sedikit usaha, tetapi hal ini sangat penting untuk menjaga kendaraan tetap dalam kondisi prima. Selain itu, usaha Anda dalam menghilangkan karat pada knalpot akan membuat kendaraan Anda lebih terlihat menarik dan berkilau.

Cara tersebut bisa termasuk cara menghilangkan karat pada knalpot vixion, cara menghilangkan karat pada knalpot rx king ataupun sepeda motor lainnya. Tak cuma sepeda motor, cara tersebut juga termasuk cara menghilangkan karat di knalpot mobil.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot"