Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melipat Surat Izin Sekolah dan Resmi

cara melipat surat izin - surat mungkin tak sewah atau sepopuler zaman dahulu. Terlebih lagi kita hidup di zaman modern seperti saat ini dimana sudah banyak sekali media media elektronik atau social media internet yang bisa lebih memudahkan kita dalam bertukar pesan atau informasi. Namun tak bisa dipungkiri surat masih saja diperlukan.

Salah satunya adalah surat izin. Surat izin adalah surat yang ditujukan untuk meminta izin tidak bisa hadir dan melakukan suatu kegiatan. Dan dalam surat izin biasanya sudah dibarengi alasan kenapa meminta izin. Surat izin masih dan memang sering kita jumpai misalkan saja surat izin tidak masuk sekolah atau izin tidak masuk kerja.

Surat izin penting sekali, mengapa demikian ? ini karena tahu sendirikan ya bahwa kita semuanya tentu tidak selalu untuk bisa, misalkan saja sekolah. Ada kalanya kita entah kenapa tak bisa mengikuti pelajaran disekolah. Misalkan saja sakit, ada acara keluarga dan lain lainnya. Begitu halnya dalam urusan bekerja atau pekerjaan perlu surat izin.


Kenapa mesti membuat surat izin? memang tidak bisa tidak masuk saja? wah jika kalau jalan pikirannya begitu bahaya sih. Surat izin perlu sekali, karena apa? karena ya surat izin itu setidak tidaknya sebagai bentuk respect atau penghormatan kepada, kalau misalkan di sekolah itu untuk guru guru kita dan sekolah kita. 

Kalau misalkan ditempat kerja, ya buat atasan dan kantor atau perusahaan dimana kita bekerja. Bayangkan jika kita tak membuat surat izin saat tidak bisa masuk atau hadir, tentu kalau disekolah kita bisa dianggap bolos dan berujung pada nilai yang buruk. Kalau di tempat kerja, bisa bisa kita mendapatkan penilaian buruk dan yang paling bahaya bisa dipecat alias mendapatkan PHK. 

Dalam membuat surat izin ternyata tidak hanya pada surat nya saja yang baik, namun juga pada bagaimana cara melipatnya. Surat izin tak bisa dikirimkan dalam kondisi utuh alias tidak dilipat. Karena tentu terkesan tidak sopan dan juga tak bisa masuk amplopkan? soalnya amplop untuk surat izin ukurannya gak tidak terlalu besar biasanya. Nah ini salah satu alasan kenapa surat harus dilipat.

Untuk cara melipat surat izin untuk sekolah dan untuk cara melipat surat resmi yakni pekerjaan atau lainnya itu beda teman teman. Baiklah dari pada kalian penasaran dengan hal tersebut bagaimana kalau kalian semua simak bagaimana cara melipat surat izin sekolah dan resmi yang ada di bawah ini.


Cara Melipat Surat Izin Sekolah

1. Yang pertama tentu buat dulu surat izinnya

2. Untuk surat izin sekolah biasanya menggunakan kertas HVS dari buku tulis, atau dicetak print juga bisa silahkan. Namun yang sering sih kelihatannya dari kertas buku tulis

3. Jika surat sudah selesai dibuat berikutnya adalah lipat bagian ujung kanan kertas ke bagian kiri sehingga yang kiri menjadi lancip atau tajam.

4. Selanjutnya bagian kanan ditekuk kekiri sehingga berbentuk trapesium siku-siku

5. Kemudian bagian kiri yang tajam ditekuk sampai kebawah. Rapikan

6. Bentuknya akan menjadi persegi panjang dan sudah selesai

7. Tinggal masukkan ke dalam amplop. Karena untuk sekolah amplop yang digunakan biasanya yang kotak kecil biasa . Cara memasukkan surat ke amplop biasa saja yakni tinggal dimasukkan saja.

8 Tulisan di Amplop Surat Izin Tidak Masuk sekolah biasanya nama siswa dan alamat dipojok kiri bagian atas. Kemudian di bagian bawah sebelah kanan ada  yang dituju yakni guru kelas, nama sekolah dengan awalan Kepada Yth.


Cara Melipat Surat Izin Resmi

1. Pertama buat surat izinnya terlebih dahulu

2. Kalau untuk kerja atau resmilah itu biasanya tidak ditulis tangan melainkan di cetak ( print ) komputer. Kertasnya bisa A4 , A5 atau yang lain

3. Jika sudah selesai suratnya maka melipatnya yang pertama tekuk bagian bawah hingga setengah badan surat

4. Kemudian suratnya dibalik dan yang bagian atas ditekuk. sehingga jadinya berbentuk persegi panjang.

5. Cara memasukkan surat ke amplop untuk resmi ini pastikan bahwa bagian depan surat tadi atau kepala surat ( yang ada no surat, tanggal pembuatan surat, yang dituju ). Pastikan bahwa kepala surat itu sejajar dengan bagian depan amplop. Intinya jika surat itu dibuka dari bagian depan itu langsung terlihat bagian kepala surat.

6. Jika sudah dimasukkan tinggal tulis bagian depan amplopnya .Tulisan di Amplop Surat Izin resmi biasanya ada nama pengirim dan alamat no telepon. Kemudian ada penerima , kalau dikantor itu bisa kepada HRD, alamat kantor dan no telp. Juga bisa ditambah posisi kamu di perusahaan tersebut.

Demikian artikel mengenai cara melipat surat izin untuk sekolah dan resmi. Semoga bisa membantu dan menjadi referensi buat kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung ke motorcomcom dan jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya disini.

Posting Komentar untuk "Cara Melipat Surat Izin Sekolah dan Resmi"