Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa

Cara belajar naik motor agar cepat bisa - sepeda motor memang sudah menjadi kendaraan yang begitu umum di indonesia. Bahkan kendaraan roda dua ini sangat populer sekali dan digunakan untuk berbagai macam aktivitas.  Maka tak heran jika banyak orang ingin bisa naik sepeda motor. Apalagi mereka yang tidak bisa naik motor terkadang ya gimana gitu lah.

Untuk naik motor haruslah belajar dulu itu bagi mereka yang masih pemula atau belum pernah naik motor. Lantas berapa lama belajar motor? lama belajar naik sepeda motor itu sebenarnya tergantung dari orang itu sendiri juga bisa 2 hari bisa, ada yang 4-5 hari atau lebih juga ada. Namun yang terpenting adalah kemauan dan juga semangat pantang menyerah, karena naik motor terkadang agak susah bagi sebagian orang.


Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa

1. Saat latihan jangan sendirian, namun bawa juga orang yang sudah bisa / ahli mengendarai motor

2. Pastikan jika postur tubuh kalian pas / sesuai dengan sepeda motor yang ingin kamu gunakan berlatih. Jika tubuh kalian tidak terlalu tinggi jangan gunakan sepeda motor yang tinggi.

3. Latihan lah di tempat yang luas, bisa di lapangan atau yang lainnya. Intinya luas dan tak ada halangan

4. Kalau bisa pilih lapangan apalagi yang ada rumputnya, hal ini supaya nanti jika jatuh tidak terlalu sakit.

5.Gunakan sepeda motor yang mudah digunakan. Bagi pemula atau orang yang belajar naik motor sebaiknya gunakan sepeda motor matic karena lebih mudah. Kalau bisa jangan gunakan sepeda motor bebek apalagi sepeda motor sport karena lebih sulit.

6. Gunakan Helm saat naik motor

7. Jika pemula jangan berkendara sendiri namun bersama dengan orang lain yang sudah bisa naik motor di bagian belakang yang akan membantu menopang motor agar tidak jatuh serta memberikan saran.

8. Nyalakan mesin, Putar gas secara perlahan saja dan usahakan tetap rileks jangan sampai tegang. 

9. Cara belajar naik motor agar cepat bisa adalah dengan merasakan seakan akan motor itu tubuh kita. Jadi kita putar gas pelan saat seperti kita berjalan, kita putar gas lebih dalam saat ingin berlari ( kencang ). Intinya kita itu yang mengendalikan sepeda motor, bukan sepeda motor yang mengendalikan kita.

10. Selalu fokus saat berkendara dan selalu yakin dan tidak ragu ragu2.

11. Jika sudah agak bisa, bisa untuk berkendara sendiri ( tak perlu boncengin lagi ), lakukan berulang.

12. Jika sudah lancar naik motor di lapangan atau tempat terbuka, bisa coba pindah ke jalan raya, namun tetap di pandu atau ditemani oleh orang yang lebih pengalaman.


Doa agar cepat bisa naik motor

Doa yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW saat akan berkendara, yakni


اَلْحَمْدُ للهِ، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلبُونَ


Alhamdulillah subhanalladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun.

"Segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua (kendaraan) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami lah kami akan kembali."

Namun jika tidak hafal dengan doa rtersebut mengucapkan kalimat basmallah juga sudah baik saat berkendata sepeda motor. Doa agar cepat bisa naik motor sebenarnya tidak ada yang pasti, bagaimananya mengatakannya ya, maksudnya doa itu kan boleh sesuai keinginan kita tidak terpaku harus ini gitu. Jadi kalau ditanya doa agar cepat bisa naik motor itu sebenarnya terserah kita, doanya seperti apa, yang terpenting itu kita berdoa kepada Allah SWT apa yang kita inginkan dengan baik dan tulus.

Cara belajar KESEIMBANGAN naik motor

Sebenarnya cara seimbangkan badan saat naik sepeda motor itu penting tapi bukan sesuatu yang mesti dipusingkan. Hal ini karena sebenarnya sepeda motor itu sudah dirancang supaya seimbang saat dikendarai / berjalan tepatnya. Jadi intinya selagi sepeda motor itu tidak berhenti alias berjalan maka sepeda motor itu sudah seimbang.

Namun jika misalkan kalian naik motor terus jatuh karena kurang seimbang, bisa jadi karena diri kalian sendiri. Misalnya grogi, gemetar. Untuk itu sebaiknya saat naik sepeda motor usahakan tenang dan rileks tidak usah tegang. Dan pastikan pandangan fokus kedepan.

Kemudian tidak seimbang saat naik motor bisa juga dikarenakan tidak pasnya pengendara sama sepeda motornya. Misalnya pengendaranya tidak terlalu tinggi, namun mau naik sepeda motor yang tinggi tentu keseimbangannya jadi labil dan bisa bisa jatuh. Cara belajar keseimbangan naik motor yang baik salah satunya pastikan postur tubuh kalian sesuai dengan sepeda motor yang kalian kendarai.

Cara belajar motor agar tidak takut

Cara belajar motor agar tidak takut? mungkin banyak yang mencari jawaban hal ini. Pertama tama yang diperlu ditanyakan kepada kalian sendiri adalah kenapa kalian takut? kenapa takut belajar motor? itu yang perlu diketahui jawabannya. Apakah takut karena khawatir jatuh, takut menambrak atau takut karena apa?.

Yang namanya usaha, ya pasti akan ada resikonya. Termasuk juga dalam belajar naik motor. Kemungkinan jatuh itu ada, menabrak juga ada. Dan jatuh pun bukan berarti buruk melainkan hal yang wajar saja. Jika kalian ingin belajar motor agar tidak takut maka yang dilakukan diantara yakni membuat diri kita percaya diri dulu.

Caranya beragam salah satu, misalnya lihat ke orang lain sudah sudah bisa naik motor. Katakan pada diri kita bahwa mereka saja bisa, kok kita tidak bisa. Harusnya bisa juga" nah contoh tersebut bisa membuat kita percaya diri dan tak takut belajar naik sepeda motor. Selain itu biar kita tak takut, maka sebaiknya kita tingkatkan iman dan bertawakkal kepada Tuhan. Dan berdoa agar tidak takut lagi belajar sepeda motor.

Cara belajar naik motor tanpa bisa naik sepeda

belajar naik motor tanpa bisa naik sepeda apakah bisa? jawabannya bisa. Lalu gimana caranya? cara belajar naik motor tanpa bisa naik sepeda diantaranya adalah gunakan sepeda motor yang mudah seperti motor matic dan pilih yang joknya rendah sehingga kita bisa kokoh saat naik motor. Dan seperti Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa diatas, sebaiknya saat belajar ada yang mengawasi / membimbing setidaknya dia naik juga dibelakang. Dan ikuti langkah yang ada di atas.

Cara agar cepat bisa mengendarai motor Matic

Cara agar cepat bisa mengendarai motor matic adalah diantaranya pilih motor matic yang ringan dan ukurannya kecil, contohnya honda beat dan suzuki adresss saat latihan. Berkendara motor matic itu intinya main di gas sama rem. Tinggal fokus di hal itu dan jangan lupa tetap rileks dan fokus saat naik motor.

Demikian artikel tentang cara belajar naik motor agar cepat bisa , semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi mereka yang ingin belajar naik sepeda motor. Terima kasih dan jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa"