Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bila Orang Pesan h2o di Restoran Pelayan Harus Memberi

Bila orang pesan h2o di restoran pelayan harus memberi - mungkin hal itu kadang membingungkan, khususnya bagi kalian yang mungkin bekerja sebagai pelayan baik waiter ataupun waitres. Saat ada orang pesan h20 maksudnya apa? mungkin itu dibenak kalian. Bila orang pesan h2o di restoran pelayan harus memberi apa yang baik? untuk mengetahuinya kita ketahui dulu apa h2o itu maksudnya.

H2o kalau tidak salah itu berarti air, jadi yang dipesan berarti adalah minuman. Lantas minuman apa yang baik? sebaiknya bila orang pesan h2o di restoran pelayan harus memberi minuman air putih. Meskipun minuman, pastikan seorang pelayan jangan memberi minuman sekadarnya seperti air putih.  Baiknya diberi minuman seperti es jeruk, es sirup atau minuman yang enak.  Jikapun tidak seusai dengan maksud orang yang pesan, namun itu terkesan lebih sopan dibandingkan pas pesan h20 malah diberi air putih biasa.

Cara melayani pelanggan di restoran  yang  paling  baik dan bagus yakni

a. membukakan pintu dan mengucapkan salam

b. menempatkan tamu atau pengunjung

c. memberikan buku menu

d. mencatat pesanan

e. menempatkan tagihan pembayaran

f. menyajikan makanan dan minuman yang dipesan

g. melakukan pembayaran

Cara melayani pelanggan atau tamu diatas merupakan pelayanan yang biasanya ada di restoran mewah atau berkelas.  Untuk restoran atau rumah makan biasa umumnya, memberikan buku menu / menanyakan yang mau dipesan apa, kemudian memberikan atau mengantarkan pesanan dan pengunjung yang akan membayar sendiri di counter. Kemudian waiter / waitres akan membersihkan. Dialog pelayan restoran dengan pelanggan sebaiknya dengan bahasa yang ramah dan santun. hal ini supaya pelanggan / pengunjung merasa senang, nyaman dan aman.

Contoh pelayanan prima di restoran diantaranya adalah 

a. senantiasa memberikan dan menjaga kualitas makanan ataupun minuman yang disediakan

b. ramah tamah kepada semua pengunjung yang datang baik yang sudah langganan ataupun belum

c. penyajian makanan ataupun minuman yang nyaman dan berkelas.

d. suasana yang nyaman dan membuat betah.


Pelayan restoran disebut waiter / waitress. Pelayan restoran Bahasa Inggris nya waiter / waitress juga. Jadi waiter / waitress adalah bahasa inggris dari pelayan restoran. Waiter untuk pelayan laki laki, sementara untuk waitress untuk pelayan perempuan.

Pelayan restoran adalah orang yang membantu pengunjung atau tamu dalam hal memesan makanan, memperkenal atau menawarkan menu makanan dan menjelaskan kepada tamu atau pengunjung jika ada pertanyaan. 

Seperti pengertiannya tugas waiter / waitress adalah melayani segala kebutuhan tamu / pengunjung dalam hal memesan makanan, menyajikan makanan/ minuman serta membesihkan jika sudah selesai. Namun selain itu pelayan restoran juga bertugas menata meja, membersihkan meja dan lainnya baik saat restoran buka ataupun akan tutup.

Jenis pelayanan restoran sendiri terbagi menjadi :

a. Table Service 

Jenis pelayanan restoran yang mungkin sering kita alami, yakni tamu datang kemudian dipersilahkan duduk di kursi dan meja yang disediakan. Kemudian memesan makanana / minuman kepada pelayan. Lalu pelayan akan mengantarkan yang dipesan ke meja tamu tersebut.

b. Counter Service

Pelayanan restoran yang fokus di bagian counter. maksudnya jika ada pengunjung yang mau beli mereka pergi ke bagian counter, memesan makanan dan mengambilnya disitu juga. Biasanya pelayanan model ini digunakan di restoran cepat saji.

c. Self Service

Jenis pelayanan yang satu ini disebut juga dengan prasmanan  yang mana mungkin biasa kita lihat di acara pernikahan..Restoran pun juga ada yang melakukan pelayanan semacam ini. Pelayan restoran ini yakni semua makanan dan minuman disediakan, kemudian para pengunjung atau tamu akan memilih makanan yang mereka suka. Membayarnya biasanya diawal atau setelah makan.

d. Takeaway Service

Sesuai namanya, pelayan restoran satu ini mengizinkan pelanggan atau pengunjung untuk memesan makanan / minuman dengan cara dibungkus. Bisa dibawa pulang atau dimakan ditempat lain selain restoran tersebut.

e. Room Service

Pelayanan macam ini biasanya ada di penginapan maupun hotel. Sistem pelayanan ini yakni tamu / pengunjung memesan makanan / minuman dari dalam kamar dengan cara menelpon biasanya. Kemudian nanti makanan / minuman yang dipesan akan dikirim ke kamar.

f. Gueridon Service

Pelayanan berikutnya adalah gueridon service. Yakni makanan dimasak didapur setengah matang kemudian dibawa dan langsung dimasak di hadapan pengunjung. Biasanya yang menyajikan gueridon service ini adalah restoran yang terbilang mahal.

Cara melayani Tamu di restoran dengan Bahasa Inggris sebaiknya pelayan baik waiter / waitress bisa fasih dalam hal bahasa inggris agar tidak terjadi miss komunikasi sehingga pelanggan / tamu yang berbahasa inggris bisa nyaman. Bukan cuma pelayan, sebaiknya bagian counter juga bisa bahasa inggris. Ini berlaku untuk bahasa lainnya juga.

Demikianlah artikel sederhana mengenai Bila Orang Pesan h2o di Restoran Pelayan Harus Memberi apa sebaiknya. Artikel ini bisa jadikan referensi namun tak ada salahnya juga mengambil referensi dari sumber yang lainnya agar wawasan kalian semakin bertambah. Terima kasih sudah berkunjungdan tidak lupa motorcomcom ingatkan untuk baca artikel menarik lainnya disini.

Posting Komentar untuk "Bila Orang Pesan h2o di Restoran Pelayan Harus Memberi"