Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Ini Yang Merupakan Alel Homozigot Resesif Adalah

Berikut ini yang merupakan alel homozigot resesif adalah - merupakan pertanyaan yang mungkin bisa muncul di soal ulangan atau ujian mata pelajaran biologi. Dan mungkin saja kalian menjumpainya dan bingung akan jawaban dari pertanyaan tersebut. Pertanyaan "Berikut Ini Yang Merupakan Alel Homozigot Resesif Adalah " sebenarnya jawabannya mudah saja jika kalian belajar bilologi.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya jika kita pelajari tentang alel itu apa? langsung saja alel adalah  Dilansir dari wikipedia , Alel adalah sepasang gen yang memiliki pengaruh yang berlawanan. alel terbentuk dikarenakan adanya variasi urutan pada urutan basa nitrogen akibat peristiwa mutasi.

Alel merupakan varian dari gen. Jadi gen dan alel apakah sama? tentu jawabanya tidak. Gen adalah sekumpulan DNA yang menentukan sifat tertentu, sementara anel adalah varian dari gen itu sendiri. Perbedaan antara gen dan alel, yakni dimana gen itu menentukan sifat sifat yang ada di mahluk hidup sementara untuk alel menentukan karakteristik dari individu. 

Alel sendiri terdiri dari alel ayah, alel ibu, alel dominan dan juga alel resesif. jenis jenis alel sendiri ada alel homozigot, alel heterozigot. Alel Homozigot adalah pewarisan alel identik dari kedua orang tua biologis sementara alel heterozigot adalah pewarisan alel yang berbeda, biasanya alel ini ditandai dengan yang satu bersifat dominan dan satunya resesif.

Alel homozigot ada 2 yakni homozigot dominan dan homozigot resesif. Homozigot dominan kodenya biasanya MM, BB, HH atau huruf besar semua. Untuk homozigot resesif biasanya kodenya huruf kecil mm, bb atau aa.

Alel heterozigot adalah alel yang terdiri dari alel dominan dan resesif. Kodenya biasanya huruf besar dan huruf kecil. Contoh alel heterozigot adalah seperti Mm, Bb atau Aa.

1). Berikut ini yang merupakan alel homozigot resesif adalah

a. Mm

b. MM

c. mm

d. mM


Jawaban yang paling benar adalah c. mm

Homozigot sendiri ada 2 yakni homozigot dominan dan homozigot resesif. Homozigot dominan adalah alel yang terdiri dari sepasang gen dominan, biasanya simbolnya huruf besar MM, BB. Sementara homoigot resesif adalah alel yang terdiri dari sepasang gen resesif, simbolnya biasanya huruf kecil seperti mm, bb, hh. Sementara itu alel heterozigot merupakan perpaduan antara gen yang tidak sama punya dominan dan resesif, misalnya Mm, Bb, Aa.


2). Berikut ini adalah alasan Mendel menggunakan tanaman ercis untuk percobaannya, kecuali

a. daur hidupnya pendek

b. memiliki pasangan sifat mencolok

c. tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri

d. waktu mendapatkan keturunan relatif cepat

jawabannya yang benar adalah c, tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri

Diantara alasan mendel menggunakan ercis dalam percobaannya adalah

  • waktu mendapatkan keturunan relatif cepat dan pendek
  • daur hidupnya pendek
  • mampu melakukan penyerbukan sendiri
  • mudah didapatkan
  • mempunyai pasangan sifat mencolok


3). cacat atau kelainan menurun dibawah ini disebabkan oleh gen resesif, kecuali

a. albino

b. anemia sel sabit

c. fibrosis kistik

d. fenilketunoria

e. thalasemia

Jawaban pertanyaan tersebut adalah e. thalasemia. 

Hal ini karena thalasemia disebabkan oleh gen dominan bukan resesif.


4). Sifat turunan yang bisa diamati dengan mata adalah sifat

a. dominan

b. resesif

c. genotipe

d. fenotipe

Jawaban yang benar adalah d. fenotipe


5). Persilangan dengan satu sifat beda disebut

a. monohibrid

b. dihibrid

c. trihibrid

d. hibridisasi

Jawaban yang benar : a. monohibrid

Persilangan mohibrid sendiri adalah persilangan dengan satu sifat beda.


6). Seekor kucing berbulu putih (PP resesif terhadap kucing berbulu hitam (pp)), Jika kedua kucing tersebut dikawinkan, maka pada F1 semuanya bergonotip

a. PP

b. Pp

c. pp

d. PP dan pp

Jawaban yang benar adalah b. Pp


Demikian artikel mengenai pembahasan seputar pertanyaan  Berikut ini yang merupakan alel homozigot resesif adalah" beserta dengan jawabannya tentunya. Dan juga diatas terdapat pertanyaan lainnya yang mungkin berguna dan jadi referensi buat kalian semuanya. Terima kasih sudah berkunjung dan lupa baca artikel menarik lainnya di motorcomcom.

Posting Komentar untuk "Berikut Ini Yang Merupakan Alel Homozigot Resesif Adalah"