Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Sebagai Umpan Ketel Uap Bertekanan Tinggi adalah

air sebagai umpan ketel uap bertekanan tinggi adalah - ketel uap mungkin kalian pernah dengan ? namun apakah sebenar itu? apa yang dimaksud ketel uap? ketel uap adalah sebuah alat / bejana yang tertutup dimana air yang ada di dalam diubah menjadi uap dengan cara di beri panas ( kalor ). Prinsip kerja dari ketel uap atau boiler ini adalah mengubah air menjadi uap cara dipanaskan sampai menjadi uap ( steam).

Ketel uap sebenarnya bisa kita jumpai dengan mudah dalam kehidupan kita utamanya dalam bidang industri. Penggunaan ketel uap bisa kita jumpai di pabrik pabrik yang memerlukan uap / steam dalam produksinya. Fungsi ketel uap adalah menghasilkan uap panas yang digunakan entah itu untuk turbin, hal lain yang memerlukan energi uap.

Agar bisa dipakai, ketel uap ( bolier ) harus memenuhi persyaratan. Persyaratan ketel uap yang harus dipenuhi atau antara lain.dalam waktu tertentu ketel uap tersebut harus menghasilkan uap dengan berat tertentu, dan tekanannya lebih besar dari 1 atmosfer, uap yang dihasilkan mesti dengan kadar air yang sedikit mungkin, jika dipakai alat pemanas lanjut,maka pada pemakaian uap yang tidak teratur suhu uap tidak boleh berubah banyak dan harus bisa diatur dengan gampang.


Suatu peralatan disebut sebagai ketel uap apabila alat tersebut mengkonversi energi yang mengubah air menjadi uap. Ketel uap terbuat dari apa? ketel uap terbuat dari baja dan ada juga yang terbuat dari besi. Ketel uap adalah pesawat yang dibangun guna menghasilkan uap dan uap tersebut digunakan diluar pesawatnya.

Sistem kerja boiler atau cara kerja ketel uap adalah air yang ada di dalam ketel/ boiler itu dipanaskan oleh panas dari hasil pembakaran bahan bakar yang kemudian panas yang dihasilkan tersebut berpindah ke air dan mengakibatkan air menguap ( berubah menjadi uap ). 

Pesawat Uap dibedakan menjadi dua jenis yaitu boiler dan pesawat uap selain boiler. Kemudian menurut tempat pemakaian atau penggunaanya ketel uap ada 3 yakni ketel uap kapal, ketel uap darat dan ketel uap lokomotif .

Dari sudut padat tekanannya, ketel uap dibedakan menjadi 2 macam yakni ketel uap tekanan rendah ( Wp < 0,5 kg/cm2 ) dan ketel uap tekanan diatas > 0,5 kg/cm2.  ketel uap dengan tekanan ≤ 05 kg/ cm2 boleh terbuat dari besi cor atau baja berkualitas jika ingin lebih bagus.

Namun untuk ketel uap sekarang menurut sudut pandangnya ada 3 yakni Ketel uap tekanan rendah yang mana memiliki tekanan 20 Kg/cm2 melebihi tekanan udara atmosfer, Ketel uap tekanan sedang yang mana memiliki tekanan 20 - 75 Kg/cm2 melebihi tekanan udara atmosfer dan terakhiKetel uap tekanan tinggi yang mana memiliki tekanan >75 Kg/cm melebihi tekanan udara atmosfer. 

Ketel uap tekanan rendah harus memiliki perlengkapan antara lain sekurang kurangnya 2 gelas pedoman air dan 1 alat pengisi. Ketel uap dengan tekanan 2 kg/cm2 dan volumenya 250 dm3 harus dipasang 1 unit safety valve.  Sementara untuk ketel uap tekanan Wp>3 kg harus dilengkapi dengan 2 unit safety valve. Safety valve berfungsi untuk membuang uap secara otomatis jika tekanan uap dalam pesawat uapnya telah melebihi tekanan WP yang diizinkan.

Dalam pengoperasian ketel uap ada yang disebut dengan air umpan. Air umpan adalah air yang disuplai ke dalam ketel uap untuk diubah menjadi uap atau steam. Air yang digunakan bukanlah air yang biasa melainkan air yang sudah dicampur dengan bahan lain. air sebagai umpan ketel uap bertekanan tinggi adalah air yang juga campuran dan diracik sedemikian rupa. Hal ini berguna supaya uap yang dihasilkan baik dan juga supaya boiler tidak cepat rusak.

Air umpan untuk ketel uap sangatlah penting sekali. Kekurangan air pada ketel uap dapat mengakibatkan terjadinya overheating pada material, terjadi perubahan bentuk pada material dan terjadinya pelemahan material. AIr yang digunakan tentunya bukanlah hard water. Hard water adalah air keras atau air yang memiliki PH lebih tinggi.

Oh ya, pesawat uap selain boiler itu dibedakan menjadi 4 yakni Economiser ( pemanas air ), super heater ( pengering uap ), bejana uap dan penguap. Superheater adalah salah satu jenis pesawat yang berfungsi untuk memanaskan uap jenuh menjadi uap kering dengan jalan pemanasan dari hawa pembakaran. 

Economiser ( pemanas air ) adalah salah satu jenis pesawat uap yang berfungsi untuk memanaskan air dengan jalan pemanasan dari hawa pembakaran. Bejana uap adalah suatu bejana yang berfungsi menampung uap, misalnya steam header, steriliser, daerator, digister dan lainnya.

Posting Komentar untuk "Air Sebagai Umpan Ketel Uap Bertekanan Tinggi adalah"