Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertalite Adalah ? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini

Pertalite Adalah - Bahan bakar minyak atau BBM tentu sudah kita kenal. Apalagi memang inilah yang bisa membuat mesin sepeda motor kita menyala dan sepeda motor kita pun jadi bisa berjalan. Bukan cuma sepeda motor saja sobat otomotif, mobil pun juga bergeraknya mesti menggunakan BBM ini. Namun ini yang bermesin diesel, kalau yang listrik ya beda lagi.

Nah BBM di indonesia itu banyak sekali jenisnya. Namun yang dirasa lagi hangat dibicarakan saat sekarang ini adalah Pertalite. Pertalite ini merupakan produk baru yang ditawarkan oleh Pertamina untuk masyarakat indonesia. Memang sebenarnya apa sih pertalite ini? lantas apa bedanya sama bahan bakar lainnya seperti premium dan pertamax serta pertamax plus?. Motorcomcom akan bahas untuk sobat semuanya.

Pengertian Pertalite

Bicara mengenai pertalite, dilansir dari wikipedia pertalite adalah bahan bakar minyak terbaru dari pertamina dengan RON 90. Pertalite ini sobat diciptakan dengan menambahkan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak. Untuk membuat Pertalite komposisi bahannya adalah nafta yang memiliki RON 65-70.

Agar RON-nya menjadi RON 90 maka dicampurkan HOMC (High Octane Mogas Component), HOMC bisa juga disebut Pertamax, percampuran HOMC yang memiliki RON 92-95, selain itu juga ditambahkan zat aditif EcoSAVE. Zat aditif EcoSAVE ini bukan untuk meningkatkan RON tetapi agar mesin menjadi bertambah halus, bersih dan irit.

Keterangan :

1. Nafta adalah material yang memiliki titik didih antara gasolin dan kerosin yang digunakan untuk :
  • Pelarut dry cleaning (pencuci)
  • Pelarut karet
  • Bahan awal etilen
  • Bahan bakar jet dikenal sebagai JP-4
2. HOMC yaitu merupakan produk naphtha (komponen minyak bumi) yang memiliki struktur kimia bercabang dan ring (lingkar) berangka oktan  tinggi (daya bakar lebih sempurna dan instant cepat), Oktan di atas 92, bahkan ada yang 95, sampai 98 lebih.

Kebanyakan merupakan hasil olah lanjut Naphtha jadi ber-angka oktane tinggi atau hasil perengkahan minyak berat menjadi HOMC. Terbentuknya oktane number tinggi adalah hasil perengkahan katalitik ataupun sintesis catalityc di reaktor kimia Unit kilang RCC/FCC/RFCC atau Plat Forming atau proses polimerisasi katalitik lainnya.

Pertalite Adalah
Pertalite
Mengapa pertalite bisa hadir? pertamina menghadirkanya sebagai varian baru BBM yang lebih unggul dari premium. Namun harganya lebih murah dari pertamax. Ya ditengah tengahnya. Pertalite ini mulai diluncurkan tanggal 24 juli 2015 dan untuk tahun 2017 sekarang ini, BBM satu ini sudah disitribusikan dan bisa ditemukan dengan mudah di hampir POM bensin yang ada di seluruh indonesia. Orang indonesia kini bisa membelinya dengan harga yang sudah ditetapkan.

Bahkan kalau misalkan kita beli dipengecer di pinggir pinggir jalan, Pertalite ini sudah tersedia dan bisa dibeli. Namun ya harganya beda dengan yang ada di POM bensin, tentu agak lebih mahal.

Perbedaan Pertalite, Premium, Pertamax & Pertamax Plus

Baiklah pengertian pertalite sudah pada tahu. Lants apa bedanya ya pertalite ini sama bahan bakar lainnya seperti premium dan juga pertamax. Salah satunya sudah disinggung diatas tadi bawah pertalite ini itu pertengahan antara premium sama pertamax.  Pertalite adalah bahan bakar pertamina yang lebih baik dari premium namun masih dibawahnya pertamax dan pertamax plus.

Kalau sobat mau tahu nilai oktan dari masing masing bahan bakar minyak ini diantaranya pertalite sendiri punya RON 90, premium punya RON 82 dan pertamax punya RON 92 dan pertamax plus punya RON 95.

Beda selanjutnya yang bisa sobat lihat langsung ketika melihatnya adalah warna cairannya. Untuk premium warnanya kuning, pertalite berwarna hijau terang. Sementara itu kalau pertamax biasanya biru. Dan untuk pertamax plus ini berwarna merah.

Demikian informasi mengenai pertalite buat sobat semuanya. Baik pengertiannya serta bedanya sama bahan bakar minyak yang lainnya. Semoga bisa bermanfaat buat sobat semuanya. Terima kasih banyak sudah berkunjung ke motorcomcom. Semoga saja informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat buat sobat semuanya.