Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ergonomi Dalam Dunia Sepeda Motor

Pengertian Ergonomi - Sepeda motor menjadi kendaraan yang rasanya sudah tak asing lagi buat kita semuanya. Apalagi memang sepeda motor itu paling nyaman dan enak kalau dibawa. Enak dan santai untuk kegiatan sehari hari. Lebih lincah dan juga gesit, apalagi dibandingkan kendaraan lainnya seperti mobil.

Nah untuk mengetahui perkembanagan sepeda motor, biasanya banyak orang yang baca ulasan soal sepeda motor. Dan jika memang melakukannya / membacanya tentu sering menemukan kata ergonomi. Ya kata ini kerap sekali ketemu dan rasanya tak bisa untuk dipisahkan.

Bahkan setiap ulasan review dan ulasan kemungkinan benar ketemu saat kata ini. Ergonomi ini itu sebenarnya apa sih? kenapa sering dikaitkan sama sepeda motor? baiklah kali ini motorcomcom akan membawa kalian untuk memahaminya.

Ergonomi dalam sepeda motor sendiri itu sering dikaitkan dengan posisi saat rider naik sepeda motor ( riding position ). Ergonomi sendiri berhubungan dengan tiga hal yang kerap disebut dengan segitiga ergonomi. Mulai pada posisi stang, tempat duduk dan juga posisi kaki. Ketiga hal ini kemudian merujuk pada bagaimana rider naik pada sepeda motornya.

Sepeda motor yang ergonomis sering ditandai dengan betah / lamanya rider menaiki sepeda motor tersebut. Semakin lama dan nyaman sekali, berarti ergonominya bagus. Sebaliknya jika saat mengendarainya cepat capek dan pegal maka berarti sepeda motor tersebut kurang ergonomis. Mudah saja kan?.


Baiklah tentu setiap orang menginginkan sepeda motor dengan ergonomi yang nyaman dan enak. Dan hal tersebut wajar saja. Apalagi kalau dipakai untuk sehari hari. Namun apa memang sepeda motor yang ada itu ergonomis semuanya?. Kenyataannya ada juga sepeda motor yang ergonomi itu kurang nyaman dan itupun juga diminati.

Ergonomi pada sepeda motor memang menjadi hal utama yang dipikirkan oleh pabrikan ketika menciptakan sepeda motor. Dan aslinya ergonominya itu dibuat atau di paskan sesuai dengan tujuan dari motor tersebut diciptakan. Misalnya untuk pemakaian harian tentu ergonominya dibuat senyaman mungkin supaya enak dan betah lama lama. Contohnya motor matic, moped dan sport tanpa fairing.

Pengertian Ergonomi
Pengertian Ergonomi
Kemudian bagaimana dengan ergonomi yang kurang nyaman? ya kalau ini biasanya berlaku pada motor sport full fairing, apalagi motor superbike. Ergonomi motor motor ini memang tak nyaman, namun semuanya memang disesuaikan dengan tujuannya yakni untuk mengail kecepatan yang tinggi bahkan untuk balapan. Menunduk dan cepat pegal biasanya.

Lantas bagaimana kita mengetahui motor itu ergonominya nyaman atau tidak nyaman? salah satu cara mudahnya adalah dengan melihat tampilannya sobat. Biasanya kalau motor yang nyaman itu cenderung penampilannya biasa biasa saja, sedangkan untuk yang kurang nyaman entah kenapa tampilannya biasanya itu keren keren dan sporty sekali.

Demikian informasi dari motorcomcom mengenai pengertian ergonomi dan beberapa hal tentangnya. Baiklah terima kasih dan semoga saja informasi sederhana tersebut berguna dan punya manfaat buat motorcomcom semuanya. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel yang selanjutnya.