Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Suzuki Smash FI 2023

Harga Suzuki Smash FI - Suzuki motor indonesia ternyata benar benar serius untuk bangkit dari keterpurukan yang melanda mereka di waktu waktu yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan gerakannya yang terbilang agresif dalam mendatangkan produk anyar untuk pasar otomotif indonesia. Setelah sukses merilis GSX R series yakni Suzuki GSX R150 dan S150, PT SIS kembali melaunching motor baru untuk pasar tanah air.

Namun yang menarik sobat otomotif, motor yang dilaunching suzuki itu adalah motor bebek. Tak cukup sampai itu saja, yang bikin menarik lagi adalah yang dirilis itu motor yang pernah ada di indonesia, tapi kalau yang sekarang istilahnya sudah di ubah biar sesuai sama situasi dan kondisi zaman sekarang. Langsung saja motor bebek yang motorcomcom maksud adalah New Suzuki Smash FI.

Suzuki Smash FI dilahirkan kembali oleh Suzuki motor indonesia untuk menjadi senjata andalan di segmen moped alias motor bebek. Kita semua tahulah kalau di tahun 2016 yang silam motor bebek suzuki sudah tak ada lagi. Maksudnya yang baru. Semuanya sudah dihentikan produksinya. Kedatangan motor ini seakan menjadi pertanda kalau suzuki ingin memasuki tiap segmen khususnya moped seperti dimasa lalu.

Dimasa lalu, Suzuki Smash sudah sangat dikenal dan punya tempat tersendiri di hati masyarakat indonesia. Terlebih lagi memang Smash dulunya salah satu motor bebek yang handal dan tangguh. Tak cuma itu saja bebek ini juga terkenal dengan larinya yang kencang serta nyaman juga saat dikendarai. Melihat semua hal itu hadirnya Suzuki Smash FI baru kemungkinan bisa diterima dengan baik oleh orang indonesia.

New Suzuki Smash FI terbaru resmi diluncurkan di bulan maret 2017. Sebenarnya isu kedatangan motor reborn ini sudah banyak tersebar. Namun ya kaget juga ternyata pihak suzuki benar benar menghidupkan kembali motor bebek Suzuki Smash ini. Tapi bagaimana pun rasa senang tentu ada, karena sekarang tambah lagi motor yang meramaikan pasar otomotif indonesia.

Suzuki Smash FI sebenarnya cenderung beda dengan Smash yang model lawas. Desainnya juga makin kekinian dan terlihat sporty juga. Kemudian dari sisi teknologi utamanya mesin ada perubahan yakni sudah mengusung teknologi injeksi sedangkan untuk model lawas masih karburator. Makin irit dan ramah lingkungan tentunya.


PT SIS indonesia melepas New Suzuki Smash FI dengan 2 varian yakni R dan SR. Warna pilihan Suzuki Smash terbaru juga makin keren dan terlihat sporty. Kemudian untuk harga suzuki smash fi lumayan terjangkau buat masyarakat indonesia. Bebek ini di indonesia bersaing dengan Yamaha Vega Force dan Honda Revo FI. Baiklah berikut review spesifikasi dan harga suzuki smash fi dari motorcomcom buat kamu.

Desain & Dimensi

New Suzuki Smash FI hadir dengan desain yang sebenarnya tak beda jauh dengan model lama. Simple, ramping dan tetap mengandung unsur sporty dengan sisi tajam. Motor ini memiliki panjang keseluruhan 1910 mm, lebar 690 mm dan tinggi 1085 mm. Jarak sumbu roda depan dan belakang 1220 mm dengan jarak terendah adalah 145 mm.

Harga Suzuki Smash FI
Suzuki Smash FI R
Motor bebek terbaru suzuki ini menerapkan penerangan dengan lampu utama tunggal dengan penerangan lampu halogen. Lampu sein depan terpisah dan berada di bagian bawah. Lampu belakang juga menggunakan lampu halogen. Namun untuk sein tetap menyatu. New Suzuki Smash FI hadir dengan striping baru yang keren dan trendi.

Suzuki Smash FI ditujukan untuk rutinitas sehari hari, khusunya buat para pekerja. Jadinya desainnya memang dibikin simple dan praktis. Namun juga memiliki performa yang mumpuni sehingga bisa diajak untuk mengejar waktu kalau memang dibutuhkan. Tubuhnya yang ramping tentunya memudahkan ridernya buat selap selip ketika kondisi jalannan lagi macet. Namun tetap mesti harus mengutamakan keselamatan.

Layaknya motor bebek pada umumnya, New Suzuki Smash FI enak dalam hal ergonomi. Kalau untuk motor bebek suzuki terbaru ini sepertinya nyaman juga. Terlebih lagi jok nya lumayan cukup tebal juga. Oh untuk motor ini sendiri cukup ringan yakni 93 kg untuk varian R dan 94 kg untuk varian SR.


Rangka & Suspensi

Motor bebek suzuki terbaru Smash FI dibangun dengan rangka seperti model lawas, namun lebih kuat lagi. Bahkan kabarnya kekuatan rangkanya sudah terbukti saat bebek ini diuji melintasi beberapa daerah di indonesia. Bagian depan ada suspensi teleskopik sedangkan bagian belakang menggunakan double shock.

Untuk kaki, tipe R menggunakan pelek jari jari sedangkan tipe SR memakai pelek cast wheel. Untuk ban yang digunakan menggunakan ban ukuran 70/90 - 17 M / C 38 P di depan dan ukuran 80/90 - 17 M / C 44 P dibelakang. Untuk pengereman menggunakan rem cakram di depan dan rem tromol ( drum ) dibelakang.

Mesin Baru 115cc FI & LEaP Technology

Melahirkan kembali bebek Smash, PT SIS indonesia membekali New Suzuki Smash FI dengan mesin baru yang lebih canggih dan modern. Untuk kapasitasnya masih dipertahankan seperti model sebelumnya yakni 113cc 4 Stroke, 1 cylinder, Air cooled. Nah yang beda sobat itu adalah pemakaian teknologi Fuel Injection ( FI ) yang dikendalikan oleh ECM ( Electronic Control Module ).

Harga Suzuki Smash FI
Harga Suzuki Smash FI SR
Sumber gambar : www.suzuki.co.id

Penggunaan teknologi injeksi ( FI ) tentu saja berpengaruh sekali dengan karakter dari motor terbaru ini. Pastinya lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar serta penggunaan bahan bakar juga dioptimalkan sebaik mungkin. Tak cuma itu saja untuk gas buang yang dihasilkan juga jadi bersih dan ramah terhadap lingkungan.

Tak hanya teknologi injeksi saja, Suzuki Motor Indonesia juga melengkapi mesin New Suzuki Smash FI dengan LEaP Technology. Uniknya ternyata nama LEaP disini ada singkatannya yakni Light, Efficient, Powerfull. Setidaknya itu menggambarkan bagaimana mesin baru milik New Suzuki Smash FI yakni ringan, efisien serta makin powerfull dari model lama.

Fitur New Smash FI

Sebagai gen baru New Suzuki Smash FI 2017 dilengkapi dengan beberapa fitur. Pastinya sobat semuanya pada mau tahukan fitur apa saja itu. Baiklah akan motorcomcom kasih tahu. Namun sebelumnya perlu di ingat bahwasanya bebek ini itu ditujukan untuk rutinintas sehari hari jadinya fiturnya tak begitu wah juga.


Suzuki Smash FI menggunakan bagasi berkapasitas 8 liter. Bisa buat menyimpan plus menampung barang bawaan seperti jas hujan, jaket dan lain lain. Selanjutnya ada Kunci berpengaman magnet, untuk anti pencurian tentunya. Adapula rem cakram khusus bagian depan & tromol dibagian belakang. Speedometer analog dengan paduan warna beragam sehingga masih enak dilihat.

Perbedaan Tipe R dan SR

Seperti yang sudah motorcomcom bilang diatas New Suzuki Smash FI dipecah menjadi 2 versi yakni R dan SR. Lantas sebenarnya apa sih perbedaanya? berikut ini jawabannya buat sobat semuanya.
  • Untuk striping kalau sekilas sama, namun bedanya adalah kalau tipe R ada tulisan "R" di bagian sayap. Sedangkan tipe SR ada tulisannya "SR".
  • Untuk tipe R menggunakan pelek spoke atau jari jari, sedangkan tipe SR menggunakan pelek cast wheel
  • Tipe R lebih ringan dengan berat 93 kg, sedangkan tipe R lebih berat yakni 94 kg.

Spesifikasi Suzuki Smash FI:

  • Panjang keseluruhan 1910 mm.
  • Lebar nya 690 mm.
  • Tinggi mencapai 1085 mm.
  • Jarak sumbu roda 1220 mm.
  • Berat kosong 93 kg ( tipe R ) dan 94 kg ( Tipe SR )
  • Bagasi 8 liter
  • Jarak terendah ke tanah 145 mm.
  • Mesin 4 Stroke, 1 cylinder, Air cooled
  • Volume silinder 113cc
  • Bore & stroke 51 mm x 55,4 mm
  • Sistem bahan bakar Fuel Injection
  • Kapasitas tangki bahan bakar 3,7 liter
  • Suspensi depan Teleskopik, pegas ulir, bantalan oli
  • Suspensi belakang Lengan ayun, pegas ulir, bantalan oli
  • Rem depan Cakram
  • Rem belakang Tromol
  • Velg : Spoke ( Tipe R ) & Cast Wheel ( Tipe SR )
  • Ukuran ban depan 70/90 - 17 M / C 38 P
  • Ukuran ban belakang 80/90 - 17 M / C 44 P

Harga Suzuki Smash FI 2023:

  •  Harga Suzuki Smash FI R                  Rp. 16.010.000
  •  Harga Suzuki Smash FI SR                Rp. 16.850.000

Demikian informasi yang bisa motorcomcom berikan buat sobat otomotif semuanya mengenai review spesifikasi dan harga suzuki smash fi terbaru di indonesia. Semoga saja bisa bermanfaat dan berguna bagi teman teman semuanya. Jangan lupa ya untuk terus simak artikel menarik lainnya hanya di blog ini.