Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beginilah Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Cara Mengendarai Motor Kopling - Selain motor matic, ada jenis motor yang disebut sebagai motor kopling. Motor kopling bagi yang belum pada tahu itu ialah motor yang mengerakannya perlu menggerakkan tuas kopling yang berada di kaki. Namun yang dimaksud disini itu motor kopling yang menggunakan handle ( manual ), bukannya kopling biasa yang kerap ditemui di motor bebek contonya honda supra x 125, honda revo dan lain lain.

Ya meskipun sejatinya ada juga motor bebek yang menggunakan kopling manual seperti Yamaha Jupiter MX. Serta ada pula motor ayago yang menggunakannya seperti motor Honda Sonic 150 atau Suzuki Satria F150. Namun kebanyakan motor kopling itu ialah motor tipe sport. Kalau di indonesia contohnya seperti Yamaha Vixion, Honda CBR150R dan lain lain.

Motor kopling sendiri sudah lama ada di indonesia, namun meski begitu ternyata masih banyak diantara sobat otomotif yang ternyata masih belum terlalu tahu bagaimana untuk mengedarai motor kopling. Ya kalau hal ini sih rasanya wajar saja, karena memang dari semua tipe motor, motor tipe kopling manual yang paling susah dalam mengendarainya.

Tak seperti motor matic yang untuk menjalankannya cukup menarik gas saja. Dan langsung berlari sesuai dengan keinginan. Ataupun motor bebek yang tinggal menginjak motor kopling saja. Motor kopling manual yang kerap ada di motor sport sendiri itu perlu perpaduan antara tangan dan kaki. Serta terkadang feel itu sangat diperlukan biar bisa lancar berkendaranya.

Lantas kenapa ya sampai susah susah dibuat motor kopling manual? bukannya kalau motor matic ataupun motor bebek malah lebih mudah. Jawabannya adalah disisi kecepatan. Ya motor kopling manual cenderung memiliki kecepatan yang lebih hebat dan powerfull. Hal ini karena perpindahan tenaga bisa lebih lancar.

Nah inilah mengapa biasanya sistem kopling manual itu kerap digunakan untuk motor balap. Tenaga di mesin bisa didistribusikan dengan sangat baik sehingga motor bisa melesat dengan cepat dan mampu meraih kecepatan tertinggi. Lalu sobat motorcomcom semuanya, Pola transmisi untuk tipe motor kopling itu cenderung berbeda yakni 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 atau kalau transmisi nya 6 ya 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6.

Beda sekali dengan motor kopling biasa seperti motor bebek yang polanya itu N - 1 - 2 - 3 - 4. Melihat dari trasnmisi motor kopling manual, tentunya itu jauh memberikan kemudahan untuk mengembalikan posisi gear ke N. Baiklah sobat otomotif jika ada yang ingin tahu bagaimana cara mengendarai motor kopling berikut info nya dari motorcomcom buat kamu.

Cara Mengendarai Motor Kopling
Cara Mengendarai Motor Kopling

Cara Mengendarai Motor Kopling

  1. Hal pertama tentunya adalah naik diatas motor
  2. Selanjutnya posisikan kunci kontak pada posisi ON
  3. Lihat di speedometer & pastikan posisi gear itu Netral ( N ). Biasanya warna nyalanya itu hijau
  4. Kalau sudah tekan tombol starter. Menekannya tak perlu lama lama sobat otomotif cukup 3 detik saja. Karena kalau lama lama bisa bisa akinya malah tekor.
  5. Tarik handle yang berada di stang bagian kiri. Lalu injak tuas kopling kearah depan ( berlaku juga buat transmisi model cungkil ala motor sport fairing ) sampai bunyi "klek".
  6. Tetap pegang handle namun kaki tak perlu menginjak transmisinya lagi. Kemudian kamu lepaskan handle secara perlahan bebarengan memuntir gas perlahan juga. Jangan langsung lepas handel karena motor bisa meloncat kedepan dan mesin. Biasanya hal ini butuh sedikit feel.
  7. Ketika motor sudah berjalan jalan juga jangan langsung dilepas handle nya. Tetap dipegang ( ditekem ) namun tak sampai penuh.
  8. Jika motornya sudah berjalan sekitar 10 km/jam. Pindah posisi gearnya ke gear 2 yakni dengan cara menarik handle secara penuh, kemudian injak transmisi ke belakang ( untuk model cungkil adalah dengan mencungkilnya ke atas ). Melepasnya pun juga perlahan lahan seperti waktu transmisi 1.
  9. Untuk menaikkan transmisi ke atas caranya sama seperti itu.
  10. Jika ingin berhenti, tarik penuh handle kopling lalu injak pedal rem secara perlahan hingga berhenti.
  11. Saat sudah berhenti tetap pegang penuh handle kopling, lalu kalau sudah begini tinggal balikkan transmisi ke posisi N. Caranya tinggal tekan tuas kopling ke bagian depan dulu ( kalau model cungkil di tekan kedepan ) maka akan langsung ke posisi 1.
  12. Dan untuk posisi N tinggal tekan tuas ke belakang namun cukup 1/2 saja jangan sampai tekan penuh ( untuk model yang model kopling cungkil, tinggal cungkil keatas 1/2 saja jangan sampai penuh ). Transmisi pun akan ke posisi N ( Netral ).

Demikian itulah sobat otomotif semuanya cara mengendarai motor kopling buat pemula dari motorcomcom. Cara tersebut bisa digunakan untuk motor dengan kopling manual seperti yamaha vixion, yamaha jupiter mx, honda cbr150r, yamaha r15 dan lain lain. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi sobat yang memang belum pernah dan ingin mengendarai motor kopling artikle tentang cara mengendarai motor kopling yang baik.

Oh ya sedikit tips buat sobat otomotif saat mungkin melewati tanjakan ataupun turunan. Cara mengendarai motor kopling di tanjakan misalnya, saat mau naik kurangi dulu giginya. Caranya sama diatas yakni pegang penuh handle kopling lalu oper gigi sampai gigi 1. Setelah itu saat perlahan naik tinggal tetap pegang handle namun tak sampai penuh.

Kemudian saat kecepatan perlahan tinggi ikuti juga dengan pengoperan gigi ke yang selanjutnya 2 lalu 3. Biasanya sih untuk naik tanjakan yang dipakai gear 2 sampai 3, kalau gear 4 dan seterusnya bisa bisa terlalu membenani mesin. Selanjutnya untuk menuruni turunan, ketika sudah berjalan tekem handle kopling namun jangan terlalu penuh bisa bisa malah terlalu cepat turunnya.

Pegang handle kopling setengah saja sudah cukup sambil menginjak rem perlahan. Untuk turunan biasanya sih posisi gear itu juga pakai gear 2 atau gear 3. Oh ya sobat kadang ada juga yang bingung saat berhenti di lampu merah. Kalau yang ini mudah saja, saat kalian melaju dan melihat lampu merah di depan kurangi kecepatan dan kurangi gigi.

Tinggal tarik full handel kopling lalu tekan kopling ke depan dan nanti posisi gear sampai posisi 1. Atau kalau sobat mau ya posisikan ke Netral kalau gak juga gak apa apa. Lalu saat berhenti lepas saja handle kopling ( ini berlaku untuk gigi Netral ). Ketika lampu hijau tarik full handle kopling lalu injak transmisi ke depan dan tinggal melaju kembali. Itulah yang bisa motorcomcom berikan dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.