Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Honda MSX 125 Terbaru 2023

Harga Honda MSX 125 - Beberapa waktu yang lalu, Kawasaki merilis sepeda motor yang cukup mengejutkan khususnya buat masyarakat indonesia yakni mini moto Kawasaki Z125 Pro. Tapi ternyata eh ternyata, bukan pabrikan kawasaki saja lho yang punya produk macam begini. Pabrikan lain nya pun juga sudah ada yang punya.

Honda, pabrikan dengan lambang sayap mengepak ternyata sudah memiliki sepeda motor serupa yang dimiliki kawasaki yang sudah meluncur di tahun sebelumnya. Honda MSX 125 atau lebih dikenal dengan nama GROM itulah sepeda motor yang dimaksud. Kata serupa dari motorcomcom diatas bukanlah sama persis, melainkan memiliki kemiripan dalam hal perawakan serta mesin, ya memang tak dipungkiri Grom ini adalah sekelas sama Z125 Pro.

Lebih dalam mengenai Honda MSX 125 atau Grom, sepeda motor ini dibuat di bangkok, thailand & pertama kali dirilis di tahun 2014 silam. Sejak kemunculan perdananya, motor bertubuh mini ini pun langsung menyita banyak perhatian para otomotif lovers dunia kala itu. Dan tak butuh waktu yang lama, kuda besi ini pun langsung menyabet penghargaan sebagai salah satu sepeda motor terbaik di tahun tersebut yakni Motorcycle Of The Year 2014.

Cukup hebat juga kan Honda MSX 125 alias Grom ini?. Dan sampai sekarang pun masih banyak peminat dari minimoto ini diseluruh dunia. Hal menarik dari motor buatan Honda ini tak cuma itu saja kawan, meski kecil minimoto ini namanya tak hanya MSX125 atau Grom saja masih ada lagi. Nama lainnya diantaranya Motrac M2 & M3, lalu  Skyteam M3 dan juga Monkey.

Honda MSX 125 memang merupakan motor yang bercc kecil, namun untuk performa rasanya tak perlu diragukan lagi. Sebelumnya bisa kita lihat dari Z125 Pro milik kawasaki, punya postur tubuh mini kenyataaanya motor yang masuk dalam klan Z series dan bahkan punya berbagai fitur unggulan yang kerap kita lihat semuanya itu pada motor-motor besar.

Nah sama halnya dengan Honda kawan, Honda juga merancang MSX 125 atau Grom dengan fitur dan teknologi canggih layaknya motor besar. Baiklah berikut informasi seputar spesifikasi dan harga honda msx 125 atau Grom terbaru buat kalian semuanya.
Harga Honda MSX 125
Honda MSX 125

Desain dan Dimensi

Honda MSX 125 memang diciptakan untuk memenuhi keinginan para konsumen yang menginginkan hal beda dalam berkendara namun tetap mengutamakan yang tinggi. Motor ini memiliki sosok yang mini namun cukup lebar dan besar juga. Desainnya sendiri bisa dikatakan honda banget. Sporty tapi terkesan nyaman digunakan.

Ketika melihat motor mini milik honda ini, yang ada di pikiran itu sebuah kendaraan yang simple,  praktis dan enak saat dipakai. Tak cuma itu saja, kesan motor yang bisa dipakai untuk gaya juga terlihat di MSX 125 atau Grom ini. Mungkin karena hal inilah alasan mengapa banyak orang luar negeri sana yang pakai ini minimotor. Bahkan ada juga klub serta sampai-sampai ada juga ajang balap khusus buat pecinta Grom ini.
Spesifikasi Honda MSX 125
Honda MSX 125

Ergonomi Honda MSX 125 ini cukup nyaman kawan. Soalnya, ya ukurannya mini itu tadi serta ditunjang sama tinggi jok yang cuma 765 mm jadi bisa langsung naik tanpa masalah. kaki pun bisa berpijak dengan mantap. Posisi stang yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah ditambah jok yang tak terlalu jauh rendahnya dari tangki membuat pengemudi bisa santai saat membawa motor ini.

Untuk informasi, Honda MSX 125 punya ukuran dimensi yakni 755 mm x 1,760 mm x 1010 mm. Lumayanlah buat kendaraan sehari-hari. Motor ini jarak ketanahnya 160 mm, lumayan dekat jadi agak hati hati ya jika mungkin sedang melalui jalanan yang banyak polisi tidurnya atau bahkan saat menghadapi banjir. Wheelbase nya sendiri 1200 mm, jadinya meski mini motor Grom ini tetap sip saat berbelok.

Performa Mesin 

Minimoto MSX 125 alias Grom boleh jadi memiliki sosok yang kecil dibandingkan motor pada umumnya. Tapi untuk urusan dapur pacu, motor ini tak kalah dengan kendaraan lainnya. motor ini dipersenjatai dengan mesin 1 silinder, 125cc, 4 Stroke. Mesinnya mengandalkan sistem pendinginan dengan kipas ( udara ). Memang belum modern karena belum pakai liquid cooled, namun semua nya serasa seimbang karena memang mesinnya itu cc kecil.



Mesin tersebut memiliki diameter bore dan stroke 52,4 mm x 57,9 mm dengan perbandingan rasio kompresi 9,3 : 1. Diatas kertas jagoan honda si MSX 125 aka Grom ini punya power maksimal mencapai 7,2 kW / 7000 rpm dengan torsi maksimum menyentuh 10,9 Nm / 5500 rpm. Motor ini memakai tipe kopling wet multiplate sehingga lebih mulus saat pengoperasian gigi. Dengan transmisi 4 kecepatan, minimoto ini bisa berlari hingga top speed / kecepatan maksimal dikisaran 167 km/jam.

Motor honda yang mini ini terbilang hemat dalam konsumsi bahan bakar, ini semua karena adanya teknologi PGM FI yang canggih. Konsumsi bahan bakar rata-ratanya berada di kisaran 78,9 km/liter. Cukup hemat ya dan pastinya bisa diajak jalan-jalan dengan waktu yang lebih lama.

Rangka dan Suspensi


Minimoto MSX 125 atau Grom dirancang oleh honda secara khusus beda dengan motor-motor lainnya. Hal ini karena mengingat bentuknya yang tidak biasa ( mini ) sehingga perlu penanganan berbeda dan lebih kompleks. Motor ini di bangun dengan rangka model Steel Mono - Backbone Frame. Rangka model ini memang cocok untuk MSX 125 karena punya terkesan simple akan komponennya tapi tetap rigid serta ringan.

Review Honda MSX 125
Honda MSX 125

Seperti yang sudah dibilang diawal tadi, meski mini MSX 125 cenderung menggunakan perangkat ala motor-motor besar. Dan hal tersebut bisa dilihat dengan sangat jelas utama pada suspensi yang digunakan. Mini moto honda ini sudah mengusung Suspensi Upside Down ( USD ) dengan ukuran diameter 31 mm. Hebat bukan?. Kecil namun menggigit.

Kemudian beda dengan supensi depan yang terkesan wow, untuk suspensi belakang honda lebih memilih untuk menggunakan swingarm model biasa yakni kotak. Tapi hal tersebut terkesan wajar saja dan dirasa sudah mumpuni mengingat memang kelas nya itu hanya 125cc.

Beralih ke sektor kaki, Honda MSX 125 dihiasi honda dengan pelek 12 inci model palang Y dengan 10 jari. Modelnya cukup keren dan sporty. Lalu untuk ban yang digunakan memakai jenis tubeless dengan ukuran depan 120/70 - R12 dan belakangnya 130/70 - R12. Untuk keamanan di pakailah cakram tunggal 2 kaliper piston berdiameter 220 mm di bagian depan dan cakram 1 kaliper piston berdiameter 190 mm di bagian belakang.

Fitur Menarik

Fitur Honda MSX 125
Honda MSX 125
Sumber : hondagrom.com.au

Terlahir secara mini, MSX 125 punya fitur-fitur yang sangat menarik. Dan bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan jika kalian punya keinginan untuk membeli minimoto dari honda ini. Diantaranya ada Multi-fuction Digital Instrumen warna biru yang memberikan informasi lengkap berupa speedometer, odometer, tachometer, jam, pengukur bahan bakar, A&B tripmeter dan indikator untuk low/high beam.

Berikutnya, motor mini ini punya suspensi Upside Down ( USD), lalu ada juga jok empuk untuk 2 orang pengendara. Knalpot sporty dengan ukuran pendek & yang terakhir adalah adanya stoplamp yang sudah mengaplikasikan lampu tipe LED.

Spesifikasi Honda MSX 125:

  1. DIMENSI
  • Dimensi : 755 mm x 1,760 mm x 1010 mm
  • Jarak sumbu kedua roda 1200 mm.
  • Tinggi tempat duduk 765 mm.
  • Jarak terendah ketanah 160 mm.
  • Trail 81 mm. 
  • Sudut kemudi 25°.
  • Kapasitas bahan bakar penuh 5,5 liter.
  • Berat kering 101,7 kg.
     2. MESIN
  • Mesin 124,9 cc, air cooled, single-cylinder, 4 stroke
  • Bore x stroke : 52,4 mm x 57,9 mm.
  • Perbandingan rasio kompresi 9,3 : 1.
  • Sistem starter electric starter.
  • Sistem pembakaran PGM FI dengan Automatic Enrichment
  • Transmisi 4 kecepatan
  • Power maksimum 7,2 kW / 7000 rpm ( 95/1/EC )
  • Torsi maksimum 10,9 Nm / 5500 rpm ( 95/1/EC )
  • Kopling : Wet Multiplate
     3. RANGKA
  • Frame Alumunium : Steel Mono - Backbone Frame
  • Suspensi depan menggunakan USD front forks, 31 mm.
  • Suspensi belakang : Monoshock, steel square pipe swingarm
  • Roda depan      : Y - Spoke Alumunium Cast
  • Roda belakang : Y - Spoke Alumunium Cast
  • Rem depan cakram tunggal 2 kaliper piston berdiameter 220 mm.
  • Rem belakang cakram tunggal 1 kaliper piston berdiameter 190 mm.
  • Ukuran ban depan : 120/70 - R12
  • Ukuran ban belakang : 130/70 - R12
      4. KELISTRIKAN
  • Batteray capacity 12V 3.5 Ah
  • Headlights 35W/35W.

Harga Honda MSX 125 2023:

  • Harga Baru                                  Rp. 45.000.000 ( perkiraan )
  • Harga Bekas                                Rp.
Demikian informasi seputar spesifikasi dan juga harga honda msx 125 atau lebih dikenal juga dengan honda Grom. Meski kecil, motor ini lumayan menarik bukan?. Oh ya soal harganya sendiri memang terbilang mahal bahkan lebih mahal dari pesaingnya di indonesia yakni kawasaki z125 pro yang cuma dijual Rp. 29,8 jutaan saja.

Baca Juga : Harga Kawasaki Z125 Pro Terbaru di Indonesia

Namun ada alasan kenapa, harganya bisa mahal seperti itu. Hal ini dikarenakan motor msx 125 ini di datangkan ke indonesia oleh para importir umum dengan status CBU alias utuh dari negara produksinya thailand sana. Ya mau tak mau harus terkena pajak barang mewah saat masuk ke tanah air.

 Andaikata ya, AHM selaku ATPM memproduksi sendiri motor mini di indonesia alias dilokalkan kemungkinan harganya tak akan sampai seperti itu. Baiklah terima kasih sudah berkunjung ke motorcomcom ini. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya disini.