Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha Byson FI 2023

Harga Yamaha Byson FI - Wah, tampaknya persaingan otomotif roda dua ditanah air menjadi semakin panas nih. Mengapa tidak? setelah sebelumnya pabrikan honda meluncurkan 6 moge andalannya sekaligus ke tanah air. Kini giliran pabrikan berlambang garputala yakni yamaha indonesia yang mulai menunjukkan gebrakannya.

Setelah sebelumnya meluncurkan vixion facelift serta yamaha mt25, kini pabrikan dari negeri sakura tersebut kembali menelurkan produk baru yakni all new byson fi. Motor bertipe sport ini sejatinya merupakan versi pembaharuan atau istilah kerennya facelift dari model yang sebelumnya.

Yamaha Byson FI terbaru ini secara resmi mengaspal di jalanan tanah air setelah dilaunching secara resmi di kota jakarta, tepatnya pada tanggal 18 juni yang lalu. Model baru ini menjadi lebih gagah dan juga keren dibandingkan dengan model sebelumnya. Kemudian juga lebih canggih dengan berbagai teknologi baru yang diusungnya.
Yang namanya versi facelift, sudah barang tentu banyak ada beberapa bagian yang mendapatkan penyegaran. Nah untuk all new byson fi ini pun sama juga, ada bagian-bagian yang dibuat berbeda dengan model versi lamanya (byson karburator). Biar lebih jelas, mari kita ulas saja bersama-sama.

Striping

Bagian inilah yang dirasa paling terlihat jelas beda dari new byson fi ini dengan byson karburator.  All new byson fi mengusung striping yang lebih futuristik dan bagus dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Namun masih membawa ciri khas yakni gambar tengkorak di bagian tangki.

Tapi ada yang beda nih di gambar tengkoraknya. Jika old byson menggunakan gambar tengkorak besar dibagian tangki serta ada nama 'BYSON", maka untuk new byson fi kini gambar tengkoraknya menjadi lebih kecil serta untuk nama "BYSON" nya diubah menjadi api.

Motor sport yang mengusung tema "The Most Aggresive Muscular Cruiser" ini di lepas kepasaran indonesia dengan 3 pilihan warna atraktif yaitu Matte Red, Matte Brown dan terakhir Matte Grey.

Harga Yamaha Byson FI
Yamaha Byson FI Matte Red
Harga Yamaha Byson FI
Yamaha Byson FI Matte Brown
Harga Yamaha Byson FI
 Yamaha Byson FI Matte Grey
Headlamp

Bagi temen-temen yang suka atau bahkan memang memfavoritkan motor sport ini, pastinya akan langsung tahu kalau bagian headlamp mengalami perubahan yang bisa dianggap cukup signifikan. Berbeda dengan model sebelumnya yang punya model headlamp membulat, kini all new byson fi punya shape headlamp yang lebih aggresive.  Menariknya, jika diperhatikan  headlamp dengan multireflektor ini punya desain V-shape ala motor yamaha mt 25. Wow..tentu keren bukan.

Kemudian, meskipun belum mengusung lampu model LED seperti saudaranya yakni yamaha new vixion advance, namun disektor penerangan depan new byson fi terbilang masih sangat mumpuni. Ini dikarenakan lampu yang dipakai adalah tipe halogen . Dimana lampu tipe ini punya pencahayaan yang cukup terang lah untuk menerjang gelapnya jalanan di malam hari.


Oh ya, satu lagi mengingat headlampnya berubah maka penempatan lampu sein depan pun mengalami perubahan, perubahan posisi tepatnya. Jika pada byson karburator posisi sein kanan kiri nya ada di pinggir tengah-tengah headlamp, maka untuk byson injeksi ini letaknya cenderung lebih kebawah.

Shroud

Kemudian bagian yang juga mendapatkan penyegaran dari pihak yamaha ialah bagian shroud. Ya, di all new honda byson fi terbaru ini mengusung model shroud dengan desain yang lebih agressive. Kemudian ukurannya juga menjadi lebar & besar jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Dan tak sampai disitu saja, yang bikin ini tambah menarik, pihak yamaha ternyata memberikan sebuah tambahan yang bisa dibilang pemanis lah pada shroud ini. Itu adalah sebuah lubang dimana ada semacam jaring dari kawat yang berguna buat aliran udara. Dengan ada nya tambahan ini, tampilan motor yamaha byson injeksi menjadi terkesan lebih mewah dan sporty.

Chassis

Chassis yang dipakai sebenarnya masih sama yakni memakai tipe diamond. Hanya saja di new byson fi sekarang dibuat lebih kokoh dan kuat dibandingkan generasi sebelumnya. Katanya sih beda kekakuannya hingga 12 %. Lebih baik deh pokoknya.


Kemudian penyegaran chasis juga berimbas pada yang lainnya. Kalau awalnya di old byson itu jarak terendah ketanah itu 160 mm, kini dibuat lebih tinggi yakni 170 mm. Lalu yang awalnya apa, jarak sumbu rodanya dikisaran 1334 mm kini diubah jadi 1340 mm.

Dan yang rasanya paling menarik, pemakaian sasis baru ini ternyata berkontribusi pada penurunan bobot motor. Kalau  old byson punya berat 136 kg , maka di all new byson turun menjadi 133 kg . Ya turun 3 kg-an lah.

Oh ya, untuk urusan suspesi nya, byson terbaru ini masih sama dengan generasi sebelumnya yakni masih memakai suspensi teleskopik dibagian depan dan monoshock di bagian belakang.

Engine

Nah, di sektor engine inilah perbedaan antara kedua motor yamaha ini bisa terlihat dengan jelas. Kalau melihat old byson yang mengusung mesin berkapasitas 153cc, maka untuk new byson fi menjadi 149cc. Lho kok malah turun? tenang dulu kawan. Mesin yang dimiliki memang dikurangi kapasitasnya, namun hal itu ada sebab musabab nya kok .

Penurunan mesin yang ada all new byson fi ini tidak lain dan tidak bukan adalah dimaksudkan agar motor sport ini bisa lolos dalam emisi EURO 3. Seperti yang kita semua ketahui bersama bahwa sekarang motor-motor itu diharuskan mempunyai gas buang yang bersih dan standart EURO 3, dan kalau gak lolos motor bakal di larang berkeliaran di jalanan.


Dan meskipun diturunkan kapasitasnya sebenarnya performa yang dihasilkan oleh mesin new byson fi ini tak kalah kok dengan byson karburator. Hanya beda tipis saja. Lihat saja, old byson punya power maksimal 10,1 kW / 7500 rpm dengan torsi 13,6 Nm / 6000 rpm  , sedangkan untuk new byson fi memiliki daya maksimum  9,61 kW / 8000 rpm dan torsi 12,98 Nm / 6000 rpm. Top speed byson fi mencapai 120 km/jam.

Balik lagi soal perbedaan mesinnya, untuk byson 2016 sekarang sudah memakai teknologi Fuel Injection (FI) dimana ini tentunya, lebih baik ketimbang old byson yang masih pakai karburator. Dan seperti yang kita ketahui bersama, teknologi injeksi ini membuat byson generasi baru ini menjadi lebih irit dan efisien dalam pemakaian bahan bakarnya

Jok

Lanjut, di bagian kenyamanan pengendara kini all new byson sekarang telah mengusung model jok atau tempat duduk dengan model split seat (jok terpisah). Yang tentunya sangat berbeda jika dibandingkan dengan byson radiator yang menggunakan jok model menyatu. Lalu ada juga yang beda yakni pegangan buat pembonceng. Kalau dulu modelnya melengkung dan menyatu dengan body motor, sekarang di all new byson fi diubah menjadi lebih agressive dengan model tanduk.

Pemakaian model split seat serta handle seat baru ini tentunya membuat all new byson ini menjadi terlihat lebih sporty dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dan tak hanya itu, kenyamanan pengendara dan pembonceng pun dirasa akan menjadi lebih baik dan nyaman jika menggunakan motor baru yamaha ini.

Panel Dashboard

Penyegaran pun terus berlanjut hingga merambah pada sektor pemberi informasi alias panel dashboard. Jika lau di old byson bentuk dari panel dashboard nya terkesan besar, maka untuk all new byson fi ini menjadi lebih ramping, hanya berbentuk persegi panjang. Dan menariknya, di all new byson fi ini panel dashboardnya itu telah dibuat menjadi lebih canggih yakni telah menerapkan layar LCD digital.

Soal warna latarnya, panel dashboard new byson fi masih sama dengan pendahulunya yakni menggunakan warna berwarna orange. Kemudian untuk isinya,pada bagian tengah yakni layar digital terdapat informasi berupa indikator kecepatan, odometer, tachometer, trip meter dan fuel meter.

Terus untuk di samping kiri ada turn signal, engine warning light dan indikator gigi netral (N). Lalu untuk samping kanan ada high beam dan fitur menarik ECO indicator. Bicara soal ECO indicator, fitur ini hanya akan menyala jika motor ini melaju pada kecepatan di kisaran 10 - 70 km/jam. Dan kalau melewati batas tersebut, ya lampu ECO nya mati.

Muffler

Muffler atau knalpot juga dilakukan penyegaran lho temen-temen. Ya meskipun tidak keseluruhan melainkan hanya sedikit perubahan. Knalpot yang dipakai oleh all new byson fi sebenarnya masih sama saja dengan yang diusung oleh byson radiator. Yakni dibekali dengan chamber catgon di bagian bawah.

Namun bedanya, kini knalpot di byson fi menjadi lebih terlihat bagus dan keren gara-gara ada semacam penutup (cover) sporty dengan sudut-sudut tajam yang menghiasinya. Dan juga sekarang dimensi nya diubah menjadi lebih pendek.


Ban 

Ban  yang digunakan masih sama yakni tipe tubeless. Namun yang menarik, ternyata ukurannya sekarang dirombak menjadi lebih besar. Lebih tepatnya, ban belakang lah yang menjadi semakin besar. Kalau model sebelumnya ban depan dan belakang ukurannya 100/80 - 17M/C 52 P dan 120/70 - 17M/C 58P, maka di all new byson fi ini ukurannya jadi 100/80 - 17 M/C (52P) , sedangkan ban belakang memiliki ukuran 130/70 -  17 M/C (62S). Penggunaan ban yang lebih besar ini, mungkin dimaksudkan supaya sektor pengendalian menjadi lebih kian stabil.

Tail Light

Tidak hanya sektor depan saja yang mendapatkan penyegaran, sektor belakang pun juga dapat. Jika byson karburator mengusung spakbor besar dan memanjang , maka new byson fi mengusung spakbor dengan ukuran yang lebih pendek. Kemudian, di bagian lampu (stoplamp) pun juga ada perubahan.


Sumber gambar : Yamaha Motor Indonesia

Jika generasi sebelumnya, lampu nya itu berbentuk segi lima maka di generasi terbaru lampu nya mengusung bentuk yang agressive nan tajam layaknya sebuah berlian. Dan tak sampai itu saja ternyata di new byson fi ini ditambah juga sebuah pelengkap yakni ada sebuah bezel alumunium. Yang dimana hal ini membuat motor ini menjadi semakin looks agressive.

Kelemahan Yamaha Byson FI

Yamaha Byson terbaru injeksi ini memang punya berbagai fitur baru, namun rasanya masih ada hal yang masih kurang pada motor baru ini. Hal tersebut tak lain adalah masih belum diusungnya pemakaian rem cakram di depan maupun belakang. Alias masih dipakainya rem tromol untuk pengereman di sektor belakang. Tapi meski begitu, motor ini layaknya untuk dimiliki para pecinta otomotif tanah air.

Spesifikasi Yamaha Byson FI :

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan nya 1990 mm.
  • Lebar nya 780 mm.
  • Tinggi nya mencapai 1045 mm.
  • Jarak sumbu antar roda nya 1340 mm.
  • Jarak terendah ke tanah 170 mm.
  • Tinggi jok / tempat duduk 790 mm.
  • Berat kosong motor 133 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar nya 12 liter.
      2. RANGKA
  • Tipe rangka yang digunakan : Diamond.
  • Suspensi depan menggunakan Teleskopik dan suspensi belakang Monoshock, Swing Arm.
  • Ban depan berukuran 100/80 - 17 M/C (52P) , sedangkan ban belakang memiliki ukuran 130/70 -  17 M/C (62S).
  • Rem depan menggunakan cakram tunggal, sedangkan bagian belakang menggunakan rem tromol.
      3. MESIN
  • Tipe mesinnya : 149cc, SOHC, Silinder tunggal, 4-Stroke, dengan sistem pendinginan cairan (liquid cooled).
  • Perbandingan rasio komprehensinya 9,5 : 1.
  • Diameter x langkah nya : 57,3 mm x 57,9 mm.
  • Kapasitas oli mesinnya 1,25 liter.
  • Transmisi 5 kecepatan dengan pola pengoperasian gigi 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5.
  • Daya maksimum nya mencapai 9,61 kW / 8000 rpm, sedangkan torsi maksimumnya mencapai 12,98 Nm / 6000 rpm.
  • Sistem starter nya ada 2 yaitu Electric & Kick Starter.
      4. KELISTRIKAN
  • Sistem pengapiannya Transitor Controlled Ignition (TCI).
  • Batteray yang dipakai jenis GTZ4v / YTZ4v.
  • Tipe Busi yang dipakai NGK / CPR8EA-9.

Harga Yamaha Byson FI 2023:

  1. Harga Baru 
  • Harga Yamaha Byson FI                      Rp. 22.950.000
      2. Harga Bekas
  • Harga Yamaha Byson Bekas                 Rp. Sekitar 5 - 10 jutaan rupiah.

Note : Harga diatas merupakan harga yang tidak fix alias bisa berubah sewaktu waktu..terima kasih

Demikianlah ulasan singkat mengenai spesifikasi dan harga yamaha byson 2016 yang mana merupakan produk terbaru dari pabrikan yamaha dan sekaligus penerus dari generasi sebelumnya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga ya artikel lainnya yang turut menarik di blog motorcomcom ini seperti tentang: