Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Yamaha New Vixion Advance 2023

Harga Yamaha New Vixion Advance - Setelah sebelumnya banyak sekali diperbicangkan oleh para pecinta otomotif indonesia, akhirnya pada hari rabu tanggal 20 mei 2015 vixion lighting facelift terbaru resmi mengaspal ke bumi tanah air. Mengusung nama baru yakni vixion advance, motor sport ini membawa banyak penyegaran yang membuatnya semakin sempurna dibandingkan dengan versi lawasnya.

New vixion advance terlahir sebagai perwujudan komitmen yamaha yang selalu ingin memberikan produk yang terbaik demi kepuasan para konsumen setianya. Seperti yang kita ketahui bersama, jika vixion generasi sebelumnya diklaim memiliki beberapa kekurangan yang kerap dirasakan dan dikeluhkan oleh para pemakainya. Nah, berkaca dari hal itu lah, maka dibuatlah penyegaran untuk motor sport tersebut yang sekarang mengusung nama vixion advance ini.

Di indonesia, motor sport baru ini sendiri dilepas dengan 2 versi yakni standart dan spesial. Untuk yang standart ada 4 pilihan warna yakni Luminous White, Zeal Red, Hustle Gold, Striking Black. Sedangkan versi spesial hanya ada 1 pilihan warna yakni yaitu Motogp Livery Movistar.

New vixion advance ini masih dibangun dengan rangka jenis diamond, mengandalkan suspensi teleskopik di depan dan monoshock swing arm di belakang serta bersenjatakan rem cakram tunggal di depan dan belakang yang serupa dengan vixion lightning.

Tetapi untuk sisi dimensi nya, vixion advance cenderung berbeda yakni memiliki panjang keseluruhan 1925 mm, lebar 720 mm, tinggi hingga mencapai 1030 mm. Sedangakan versi lawas memiliki panjang 2010 mm, lebar 705 mm dan tinggi 1030 mm. Lalu beratnya pun berbeda antara kedua nya, yakni 131 kg untuk advance & 129 untuk lightning.

Selain beberapa perbedaan yang telah disebutkan diatas, masih ada loh perbedaan lainnya yang katanya disebut sebagai fitur baru utama di new vixion advance / facelift ini. Mau tau apa itu? yuk langsung disimak aja.

New Headlamp

Headlamp / lampu depan adalah salah satu bagian yang mendapatkan sentuhan baru dari pihak yamaha. Headlmap milik yamaha new vixion advance sekarang terlihat berbeda dari generasi yang sebelumnya, dan boleh dibilang menjadi lebih keren, sporty dan pastinya jauh lebih enak untuk dipandang. Jika kita tengok headlamp milik generasi sebelumnya yaitu NVL (new vixion lightning) memiliki bentuk yang cenderung bulat, maka untuk new vixion advance / facelift memiliki bentuk yang lancip sehingga terkesan tajam.

Perubahan juga tidak hanya pada bentuknya saja, tapi juga pada sistem kelistrikannya. Meskipun masih sama dengan generasi sebelumnya yakni masih menggunakan lampu jenis halogen, tapi sisi kelistrikan nya jauh berbeda. New vixion lightning menerapkan kelistrikan AC. Lampu NVL tidak akan menyala saat kunci kontak pada posisi ON dan hanya akan menyala ketika mesin dihidupkan.

Dan nyalanya pun mengikuti putaran mesin. Semakin tinggi putaran mesin maka nyala lampu semakin terang. Sedangkan untuk new yamaha vixion advance menerapkan kelistrikan DC. Lampunya akan menyala secara otomatis saat kunci kontak pada posisi ON dan tanpa menghidupkan mesin.


Shroud & 3D Emblem Vixion

Bagian lain yang mendapatkan perubahan ialah Shroud. Shroud atau lebih dikenal sayap sendiri adalah sebuah aksesoris yang biasanya digunakan untuk memperindah tampilan dimana biasanya terpasang di bagian kanan dan kiri motor. Jika Yamaha vixion lightning memakai shroud single layer dengan desain polos, maka untuk Yamaha New Vixion Advance/  facelift 2015 ini memakai shroud dual-layer dengan desain tajam dan model bertumpuk.

Perubahan pun ternyata tidak sampai disitu saja, tulisan" vixion" yang melekat pun juga ikut mendapatkan sentuhan baru. Jika NVL memakai model tulisan yang menyatu dengan striping, maka untuk NVA lebih mewah yakni telah mengusung tulisan timbul / EMBLEM 3 DIMENSI. Pemakaian shroud baru ini pun membuat tampilan dari vixion facelift ini menjadi lebih sporty dan keren dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Harga Yamaha New Vixion Advance
Yamaha New Vixion Advance Luminous White

Harga Yamaha New Vixion Advance
Yamaha New Vixion Advance Hustle Gold

Harga Yamaha New Vixion Advance
Yamaha New Vixion Advance Zeal Red

Harga Yamaha New Vixion Advance
Yamaha New Vixion Advance Striking Black


Undercover Engine

Untuk membuat tampilan menjadi kian sporty dan terkesan tangguh, yamaha new vixion advance dilengkapi dengan undercover engine. Ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya yang tak memakai undercover pada bagian mesinnya. Selain agar tampilannya lebih sporty, undercover ini sebenarnya ditujukan untuk melindungi mesin agar lebih awet dan tahan lama. Undercover mesin ini dipasangkan pada semua varian baik standart maupun yang motogp livery.

Spakbor Belakang Baru Yang Lebih Pendek

Kita pastinya sudah tau lah jika kita sering melihat para pemilik vixion lightning kerap memotong bagian spakbor belakang dan bahkan ada yang juga menghilangkannya, yang tidak lain dengan maksud supaya tampilan motor sport tersebut menjadi lebih tampan dan juga sporty. Melihat dari kenyataan tersebut, pihak yamaha akhirnya mengkoreksi diri dan akhirnya menerapkannya pada yamaha new vixion advance / facelift.

Hasilnya pun bisa langsung dilihat sama-sama, spakbor belakang yang dimiliki oleh yamaha new vixion advance kini telah dibuat menjadi lebih pendek dibandingkan dengan new vixion lighting yang sebelumnya memiliki spakbor panjang dan juga lebar. Tampilannya pun kini menjadi semakin bagus dan juga eye catching.


New Tire

Sebenarnya untuk urusan ban hampir sama antara yamaha new vixion advance maupun generasi sebelumnya vixion lightning. Yakni masih memiliki ukuran roda depan dan belakang masing-masing  90 / 80 - 17 M/C (46P) & 120/70 - 17 M/C (58P). Namun bedanya ialah di vixion advance atau facelift ini ban yang digunakan telah standart EURO 3 yakni E4 UN-R75 dimana saat melakukan gesekan dengan aspal tidak menimbulkan polusi bau dan juga NAO / Non Aromatic Oil.

New Speedometer

Speedometer termasuk bagian yang mendapatkan sentuhan perubahan oleh pihak YIMM. Meskipun secara bentuk dan fitur masih sama, namun speedometer yang dimiliki oleh yamaha new vixion advance 2105 kini telah memiliki penampilan yang lebih menarik ketimbang milik generasi yang sebelumnya. Jika vixion lightning menerapkan tampilan tulisan dan petujuk rpm yang cenderung simple dan minimalis, maka berbeda dengan new vixion advance menerapkan tulisan dan petunjuk rpm yang terlihat lebih jelas dan tajam. Tipe speedometer milik new vixion advance sendiri ialah UN-R39 EURO 3.

Gold CVR Crankcase

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang memakai crankcase mesin warna putih, kini yamaha new vixion advance menggunakan crankcase mesin dengan balutan warna emas. Hal ini pun menjadikan tampilan motor sport ini menjadi kian menarik dan terkesan mewah. Menariknya lagi, semua pilihan baik itu standart maupun yang motogp livery sama-sama memakai crankcase mesin dengan taburan warna emas ini.

Mesin Baru

Perbaharuan ternyata juga masuk ke dalam sektor mesin lho temen-temen. Jika yamaha new vixion lightning terdahulu memiliki kode mesin 1PA, maka new vixion advance 2015 terbaru menggunakan mesin dengan kode 2PV. Tidak sampai disitu saja, ternyata blok silinder yang digunakan pun juga berbeda lho antara keduanya. Dan jika menelisik lebih lanjut, ternyata kode baru serta bentuk dari blok silinder yang dipunyai oleh new vixion advance ini sama lho dengan milik yamaha jupiter mx king 150.

 Namun meski mesinnya sama namun tenaga yang dihasilkan jelas berbeda. Kita lihat saja, untuk mx king 150 tenaga maksimal nya 15,4 PS / 8500 rpm dengan torsi maksimal sebesar 13,9 Nm / 7500 rpm. Sedangkan milik vixion advance lebih besar sedikit yakni dengan tenaga maksimal dikisaran 16,59 PS / 8500 rpm dengan torsi maksimum 14,5 Nm / 7500 rpm.

Mesin new vixion advance ini sendiri adalah 150cc, SOHC, 5 kecepatan, Silinder Tunggal, 4 Langkah dengan sistem pendinginan berupa cairan. Memang sama dengan generasi sebelumnya. Tapi ternyata eh ternyata, mesin vixion facelift ini lebih baik dari generasi sebelumnya loh yakni telah standart emisi EURO 3, dimana generasi yang sebelumnya masih EURO 2.

Velg Baru

Pada dasarnya velg yang digunakanoleh NVL dan NVA tergolong masih sama yakni berbentuk palang 5 jari. Tapi yang membedakan antara keduannya adalah kalau NVL velgnya tidak terdapat lubang pada bagian tengah, sedangkan NVA velg nya terdapat lubang di bagian tengah.

Spesifikasi Yamaha New Vixion Advance 2015:

  1. DIMENSI
  • Memiliki panjang keseluruhan 1925 mm.
  • Lebar 720 mm.
  • Tinggi hingga mencapai 1030 mm.
  • Jarak antar sumbu roda 1300 mm.
  • Jarak terendah ke permukaan tanah 165 mm.
  • Tinggi tempat duduk atau jok adalah 790 mm.
  • Berat kosong kendaraan 131 kg.
  • Kapasitas tangki bahan bakar/ bensin 12 liter.
       2. RANGKA
  • Tipe rangka digunakan untuk membangun motor ini adalah "Diamond".
  • Suspensi depan memakai teleskopik & area belakang memakai suspensi swing arm.
  • Ban depan ukuran 90 / 80 - 17 M/C (46P), sedangkan belakang berukuran 120/70 - 17 M/C (58P).
  • Rem depan atau pun belakang sama-sama menggunakan rem cakram model tunggal.
       3. MESIN
  • Berkapasitas 150cc, Silinder Tunggal / Tegak, 4 Langkah, SOHC bersistem pendingin cairan.
  • Diameter x langkahnya : 57 mm x 58,7 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasinya 10,4 : 1.
  • Sistem bahan bakar Fuel Injection System.
  • Sistem starter ada 2 yakni Kick Starter dan Electric Starter.
  • Pelumasan basah dengan kapasitas oli mesin 1,15 liter (total) dan berkala 0,95 mm serta untuk ganti filter oli 1 liter.
  • Transmisi dengan 5 -kecepatan dengan pola transmisinya 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5.
  • Daya maksimum yang dihasilkan mencapai 12.2 kW / 8500 rpm dengan torsi maksimum 14.5 Nm / 7500 pm.
      4. KELISTRIKAN
  • Sistem pengapian TCI (Transistor Controlled Ignition).
  • Batteray tipe GTZ4V / YTZ4V.
  • Tipe busi NGK / CR8E & DENSO / U24ESR-N.

Harga Yamaha New Vixion Advance 2023:

  1. Harga Baru
  • Harga Yamaha New Vixion Advance                              Rp.
  • Harga Yamaha New Vixion Advance Spesial Edition     Rp.
  • Harga Yamaha New Vixion Advance MotoGp Livery    Rp.
      2. Harga Bekas
  •  Harga Yamaha New Vixion 2016      Rp. 

Note: "Untuk sekarang Yamaha Vixion Advance sudah diganti dengan produk baru yakni Yamaha All New Vixion Facelift"
Ya kurang lebih begitulah artikel sederhana seputar spesifikasi dan harga dari salah satu motor sport milik yamaha yakni new vixion advance. Simaklah artikel menarik lainnya seperti tentang :
Terima kasih dan sampai ketemu lagi di blog motorcomcom ini ya.