Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Honda NM4 Vultus 2023

Harga Honda NM4 Vultus - merupakan satu dari 6 moge yang diluncurkan di indonesia pada tanggal 10 juni 2015 yang lalu. Bertempat di hotel nikko, Nusa Dua, Bali, motor ini telah resmi mengaspal dan telah siap untuk ikut menyemarakkan panasnya persaingan otomotif tanah air.

Mengusung konsep motor touring, NM4 Vultus ini membawa desain yang sangat berbeda dibandingkan dengan motor tipe penjelajah selama ini. Desainnya sendiri sangat futuristik dan juga revolusioner. Mengapa dibilang revolusioner? ini karena desainnya benar-benar unik dan jika boleh dibilang desainnya tersebut seakan menggambarkan kendaraan yang nantinya akan ada di masa depan.

Desain Honda NM4 Vultus memang diakui sangat revolusioner. Bahkan desainnya tersebut banyak dikaitkan atau diserupakan dengan berbagai hal. Misalkan saja, ada yang bilang jika motor ini mirip dengan "BatBike" milik superhero berbaju kelelawar, Batman. Ada yang beranggapan jika desainnya mirip dengan alien. Dan ada juga yang menganggap kalau desain motor ini terinspirasi dari kokpit pesawat terbang. Tapi satu hal yang pasti, desain tersebut sangatlah futuristik dan telah menjadi keunikan tersendiri untuk motor touring ini.

Harga Honda NM4 Vultus
Honda NM4 Vultus

Honda NM4 Vultus ini sekilas menyerupai tampilan motor-motor harley davidson. Ini terlihat dengan bentuk tubuhnya yang mana bagian depannya tinggi, lalu semakin kebelakang semakin menurun (rendah). Kemudian juga menggunakan satu buah jok / tempat duduk buat pengendara khas motor harley.

Tapi yang bikin menarik, selain mirip harley motor ini juga mirip dengan motor skutik. Lihat saja tampilan depannya yang besar dan melebar dan juga tanpa memakai kopling khas motor-motor skuter/ skutik. Entahlah , apa mungkin motor ini tercipta dari kombinasi antara kedua motor tersebut? ya jawabannya  hanya honda sendiri yang tahu.




Dibangun dengan rangka tipe diamond dengan pengaplikasian pipa baja, membuat motor ini menjadi kokoh dan juga stabil ketika dikendarai. Kemudian, penerapan suspensi Teleskopik 43 mm, 125 mm stroke di sektor depan dan  suspensi tipe Monoshock Damper,  Pro-Link SwingArm, 100 mm travel di bagian belakang membuat motor ini melaju dengan mulus di jalanan. Sebagai sektor penerangan, Honda NM4 Vultus ini menggunakan lampu LED di bagian depan maupun bagian belakang.

Honda NM4 Vultus di negara indonesia ditawarkan dengan  hanya 1 pilihan warna saja. Namun meski cuman satu warna saja, tapi warna tersebut bisa dibilang sangat menarik dan juga menawan. Warnanya ialah Hitam (Mat Ballistic Black Metallic).

Harga Honda NM4 Vultus
Honda NM4 Vultus

Motor gede berkonsep touring milik honda  ini, memiliki beberapa fitur unggulan yang rasanya patut untuk anda semua ketahui. Apa sajakah itu? inilah dia fitur-fiturnya:

Mesin 745cc, SOHC, 2 Silinder Parallel Yang Tangguh

Sebagai motor tipe touring, Honda NM4 dibekali dengan sektor dapur pacu yang terbilang tangguh. Motor ini dipersenjatai dengan mesin yang memiliki kapasitas 745cc, 4-Tak, 8 Katup, SOHC, Parallel 2 Silinder dengan sistem pendingin cairan (liquid cooled). Mesin tersebut memiliki ukuran bore x stroke yang masing-masing 77 mm x 80 mm serta mempunyai perbandingan komprehensi rasio yang lumayan besar yakni : 10,7 : 1.

Dengan diaplikasikannya teknologi Dual Clutch Transmission (DCT), mesin motor ini mampu menghasilkan daya maksimum mencapai 40.3 kW / 6250 rpm dengan torsi maksimum hingga 68 Nm / 4750 rpm. Dengan besarnya daya serta torsi yang dihasilkan, si vultus ini mampu di pacu hingga kecepatan maksimal di angka 180 km/jam.



Kemudian, mesin tersebut juga telah dilengkapi dengan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) yang membuatnya lebih hemat (efisien) dalam penggunaan bahan bakar. Dalam sebuah test ride yang dilakukan, motor yang berdesain revolusioner dan futuristik ini memiliki tingkat konsumsi bahan bakar sebanyak 28,4 km per 1 liter bahan bakar..

Dual Clutch Transmission (DCT) Technology

Selain memiliki desain yang revolusioner dan juga unik, Honda NM4 Vultus ini juga memiliki sebuah teknologi yang sangat canggih. Dan kabarnya, si vultus ini menjadi yang pertama di dunia dalam menggunakan teknologi ini, sebelum motor-motor yang lainnya. Nah, teknologi apakah itu? jawabannya ialah Dual Clutch Transmission (DCT). DCT ini merupakan sebuah teknologi canggih yang mampu menyatukan 2 tipe tranmisi yakni manual dan otomatis dalam satu gear box. Sederhananya, si motor touring ini punya 2 buah sistem perpindahan gigi yakni manual & otomatis.

Saat sistem transmisi manual dipilih, gear 6 kecepatan akan berlaku. Dan ketika pengendara ingin melakukan perpindahan gigi, cukup hanya dengan menekan tombol (tuas kecil) yang berada di stang bagian kiri. Lalu jika sistem transmisi otomatis dipilih, maka motor ini akan berjalan dengan memakai 2 opsi mode berkendara yakni Mode D (Drive) dan Mode S (Sport). Mode D dipilih untuk merasakan sensasi berkendara standart harian dengan power yang standart pula, sedangkan Mode S untuk merasakan sensasi berkendara layaknya motor Sport dengan power yang lebih bertenaga. Untuk menggunakan mengoperasikan pilihan Mode ini cukup menggeser tombol nya berada di stang bagian kanan.

Honda Vultus

Utility Box

Setiap motor yang berkonsep touring, tentunya diwajibkan memiliki sebuah tempat penyimpanan yang berguna untuk menyimpan barang bawaan selama melakukan perjalanan. Nah, untuk di Honda NM4 Vultus ini juga sama teman-teman, yakni telah disediakan kotak / tempat penyimpanan khusus buat menyimpan serta membawa barang bawaan selama perjalanan. Namun punya nya motor ini sangat berbeda lho dengan motor touring kebanyakan, bisa dibilang sangat inovatif.

Tempat / kotak penyimpanan tersebut letaknya berada di depan motor. Tepatnya berada di sebelah kiri dan juga kanan lampu depan (utama). Kapasitas nya sendiri mencapai 4 liter. Ya cukup buat menyimpan botol minuman, handphone ataupun barang kebutuhan lainnya. Oh ya, selain itu tersedia juga sebuah stop kontak yang memiliki daya 12 Volt yang bisa dipakai untuk men-charge perangkat elektronik yang mungkin kehabisan daya selama perjalanan. Untuk membuka kotak penyimpanan ini, terbilang sangat mudah. Anda hanya cukup menekan sebuah tombol yang letaknya sendiri dekat dengan kotak penyimpanan ini.

Jika tempat / kotak penyimpanan di depan dirasa tidak cukup membawa barang bawaan anda, di Honda NM4 Vultus ini juga telah disediakan sebuah tempat penyimpanan lain yang kapasitasnya  lebih besar tentunya, dimana letaknya berada di area belakang motor. Dan sama seperti penyimpanan yang ada didepan, kotak penyimpanan ini letaknya juga berada di samping kanan dan juga kiri motor. Namun untuk membukanya sedikit berbeda dengan yang ada didepan yakni harus dengan kunci kontak. Penyimpanan dibelakang ini memiliki kapasitas hingga 16 liter.

Flipp-Down Passenger Seat

Kenyamanan pastinya merupakan hal yang sangat penting dan harus ada pada motor yang berkonsep touring. Apalagi motor touring memang sering dipakai buat menempuh perjalanan yang jauh. Dan juga waktu yang dibutuhkan juga relatif lama. Bisa dibayangkan kan, jika berkendara dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama, pastinya badan akan capek dan juga pegal. Nah karena tersebut itulah, maka honda kemudian melakukan sebuah inovasi baru guna mengatasi masalah tersebut. Dan hasil inovasi tersebut itu pun telah diaplikasikan pada motor Honda NM4 Vultus ini.

Inovasi tersebut tak lain dan tak bukan adalah sebuah sandaran tempat duduk yang empuk dan nyaman, yang berguna untuk menahan punggung pengendara selama berkendara. Dan tidak seperti sandaran biasa pada umumnya, sandaran di Honda NM4 Vultus ini sedikit spesial yakni bisa diatur posisinya, guna memperoleh kenyamanan yang sesuai dengan yang diinginkan oleh pengendara. Sandaran tempat duduk tersebut bisa diatur posisi nya sesuai kebutuhan, dengan 3 Tahap sudut kemiringan dan 4 tahap posisi longitudinal berinterval 25 mm. Dengan tinggi jok hanya mencapai 650 mm ditambah dengan sandaran yang bisa diatur sedemikian rupa, pastinya pengendara bisa betah menjelajah bersama dengan motor yang futuristik ini.

Panel Instrumen Canggih dengan 25 Variasi Warna

Aura canggih dan inovatif pun rasanya semakin terlihat pada Honda NM4 Vultus ini. Bagaimana tidak? si motor touring ini ternyata telah dilengkapi honda dengan sebuah fitur yang sangat mengagumkan dan rasanya jarang sekali bahkan belum tampak pada motor-motor kebanyakan. Fitur tersebut tak lain adalah sebuah panel instrumen yang canggih dengan 25 pilihan variasi warna untuk background nya. Hasilnya, panel dengan layar LED itu pun tidak hanya lengkap dan jelas tapi juga enak saat dilihat.


Honda NM4 Vultus

Untuk merubah tampilan warnanya, anda cuma menekan sebuah tombol yang berada di bagian atas panel instrumen. Saat anda menekan, warna akan berubah dan nantinya di layar LED akan ada tulisan COL 1 (Colour 1 ) yang berarti merupakan pilihan warna pertama. Jika ditekan lagi maka tulisan akan menjadi COL 2 dan seterusnya hingga COL 25 dan jika ditekan lagi akan kembali ke COL 1. Kemudian untuk isi dari panel instrumen itu sendiri mencakup speedometer digital, tachometer digital, jam, 2 tripmeter, indikator gigi, indikator bahan bakar, indikator lampu sein dan suhu.

Pengereman Optimal dengan Teknologi ABS 2-Channel

Berkonsep motor touring, Honda NM4 Vultus tidak hanya mengedepankan kenyaman saja, tapi juga keamanan. Untuk sektor keamanan, motor ini dipersenjatai dengan rem cakram hidrolik 2 kaliper piston berdiameter 320 mm dan Sintered Metal Pads yang berdesain Wavy (bergelombang) di bagian depan serta ditambah dengan rem cakram hidrolik tunggal 1 kaliper piston 240 mm dan Resin Mold Pads yang juga berdesain Wavy (bergelombang) di bagian belakang. Daya cengkram kedua rem ini pun semakin optimal, dengan diaplikasikan teknologi ABS 2-Channel. Kedua rem tersebut menempel pada velg alumunium 6 jari dengan ukuran 17 inchi yang dibungkus denganban tubeless berukuran 120/70 - ZR18M/C (depan) dan 18 inchi yang dibungkus dengan ban berukuran 200/50 - ZR17M/C.

Fitur Keamanan Tingkat Dunia

Mengingat jika NM4 Vultus ini adalah salah satu motor premium milik honda. Maka pastinya motor ini dibekali dengan fitur mutakhir dari honda terutama dalam hal keamanan dari tindakan kejahatan seperti pencurian. Nah, untuk motor touring ini telah dilengkapi dengan teknologi HISS (Honda Ignition Security System). HISS adalah teknologi canggih yang mengkombinasikan kunci kontak dengan sistem ECU kendaraan. Kunci kontak diberi sebuah chip dengan sandi khusus yang telah dicocokkan dengan sistem ECU. Saat kunci kontak dimasukkan, maka sistem ECU akan membaca sandi yang ada terdapat di kunci kontak. Jika sama maka mesin menyala, jika tidak sama maka mesin tidak akan menyala.

Spesifikasi Honda NM4 Vultus:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan : 2380 mm.
  • Lebarnya hingga 933 mm.
  • Tinggi mencapai 1170 mm.
  • Jarak sumbu antar roda ialah 1645 mm.
  • Jarak terendah kepermukaan tanah 130 mm.
  • Tinggi jok / tempat duduk 650 mm.
  • Berat kosong 245 kg.
  • Sudut kemudi / trail : 33 derajat / 110 mm.
  • Kapasitas bahan bakar (full) : 11,6 liter.
      2. MESIN
  • Mesin tipe 4-Tak, 8 Katup, SOHC, Parallel 2 Silinder dengan kapasitas 745 cc bersistem pendingin cairan.
  • Sistem bahan bakar : PGM-FI (Programmed Fuel Injection).
  • Diameter x langkah : 77 mm x 80 mm.
  • Tipe transmisinya 6- kecepatan dengan Automatic Dual Clutch Transmission (DCT).
  • Perbandingan komprehensi rasio nya : 10,7 : 1.
  • Kapasitas oli mesin : 3,9 liter.
  • Daya maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 40.3 kW / 6250 rpm dengan torsi maksimum 68 Nm / 4750 rpm.
  • Tipe kopling : Wet Multiplate Hydraulic 2-Clutch.
  • Tipe starter : Electric Starter.
      3. RANGKA
  • Rangka tipe Diamond (Pipa Baja).
  • Disektor depan menggunakan suspensi Teleskopik 43 mm, 125 mm stroke. Sedangkan belakang menggunakan suspensi tipe Monoshock Damper,  Pro-Link SwingArm, 100 mm travel.
  • Rem depan bersenjatakan cakram tunggal tipe Wavy Hydraulic 2 kaliper piston 320 mm dan Sintered Metal Pads (2-Channel ABS). Sedangkan untuk rem belakangnya menggunakan cakram tunggal tipe Wavy Hydraulic 1 kaliper piston 240 mm dan Resin Mold Pads.
  • Ukuran roda depan 120/70 - ZR18M/C & roda belakang 200/50 - ZR17M/C.
     4. KELISTRIKAN
  • Kapasitas baterai : 12 V / 11,2 AH.
  • Fitur keamanan : HISS (Honda Ignition Security System).

Harga Honda NM4 Vultus 2023:

  • Harga Honda NM4 Vultus Baru                       Rp 435.250.000 (OTR Jakarta)
Harga diatas merupakan harga yang tidak fix alias bisa berubah sewaktu waktu..terima kasih. Demikian ulasan singkat mengenai salah satu motor gede milik honda yang telah dipasarkan ke indonesia. Baca juga ulasan lainnya :